Home » Destinasi Wisata Mau Terkenal dan Viral? Be-Kreatif dan Berinovasilah

Destinasi Wisata Mau Terkenal dan Viral? Be-Kreatif dan Berinovasilah

by GaleriWisata.id
gus Wahid

KREATIF menjadi kunci sukses bagi destinasi wisata dalam merangkul pasar dan pengunjung. Terlebih di masa pandemi sekarang ini.

Pesan itu disampaikan pembicara gus Wahid dalam Bintek CHSE yang digelar Kemenparekraf RI dan Disbudpar Kota Semarang di Hotel Grasia (23/11). Koordinator Pegiat Pariwisata Kota Semarang tersebut berharap seluruh elemen wisata menyikapi positif pandemi ini.

“Setidaknya dengan positif thinking, imun tubuh akan meningkat dan mengurangi resiko penularan virus Covid-19,” terangnya.

Setelah bersikap positif, ada baiknya pengelola melakukan kreasi program. Pasalnya, protokol kesehatan yang sudah dijalankan hanya merupakan build up standar, sehingga perlu ada kreasi pengembangan.

Dengan ada kreasi, maka akan muncul pembeda dan keunikan. Unik dan berbeda inilah yang dapat menjadikan diferensiasi produk sehingga sebuah destinasi wisata dapat dilihat dan dilirik calon pengunjung.

Setelah melakukan kreasi, dilanjutkan dengan inovasi produk. Langkah ATM (Amati, Tiru dan Modifikasi) bukanlah sebuah langkah ‘haram’ untuk diambil namun harus disesuaikan dengan nafas atau ruh serta karakter masing-masing destinasi wisata.

“Kreativitas sebuah daya tarik wisata di daerah lain boleh kok ditiru namun harus disesuaikan dengan karakter masing-masing. Jangan ditiru plek keteplek, namun dimodifikasi sesuai ruhnya, nafas yang akan dibawa pengelola,” tukasnya.

Direktur PT PRPP yang mengelola Grand Maerakaca Titah Listyorini berbagi pengalamannya mengurus sertifikasi CHSE. Dengan adanya sertifikasi, destinasinya berarti sudah diakui memiliki jaminan kebersihan, keamanan dan kesehatan serta kelestarian lingkungan.

“Memang panjang dan harus cepat karena hanya sekitar 2 pekan prosesnya. Namun jika sudah disiapkan dengan baik dan lengkap, pasti cepat. Total ada 39 item dari berbagai kategori yang harus kami penuhi,” ujar Titah.

Iapun mendorong rekan-rekan pengelola daya tarik wisata lain untuk segera menyelesaikan proses sertifikasi ini. Dengan demikian, baik pengelola maupun pengunjung memiliki jaminan dan rasa aman serta nyaman saat berwisata.

Baca juga :  Visit Malaysia 2020: Sasar Pelancong Asal Semarang

Kadisbudpar Kota Semarang Indriyasari menegaskan betapa Bintek CHSE ini sangat penting diikuti dan dipahami seluruh peserta. Sebanyak 16 sub sektor industri kreatif di Kota Semarang yang mendapatkan bimbingan teknis ini.

“Ini bentuk perhatian pemerintah untuk menggerakkan sektor ekonomi pariwisata di tengah badai pandemi Covid-19. Agar pelaku pariwisata tetap dapat berusaha dan terus berkreasi melahirkan produk wisata yang berkualitas,” tandas Iin panggilan akrabnya.

 

 

Artikel Lainnya

Leave a Comment