Home ยป Desa Wisata Lerep dan Legenda Sego Iriban

Desa Wisata Lerep dan Legenda Sego Iriban

by GaleriWisata.id
Galeri Wisata

DESA Wisata Lerep yang ada di lereng Gunung Ungaran, terus berbenah. Tidak hanya memanfaatkan keindahan alam, pesona lembah dan potensi alam pedesaan yang mempesona, atraksi juga menjadi modal promosi.

Melalui Festival Sego Iriban, Lerep ingin unjuk gigi. Pengenalan kembali budaya dan kuliner tradisional menjadi daya tarik tersendiri.

Inilah tradisi unik yang selalu digelar setiap Bulan Rajab. Menjelang puasa, warga berbondong-bondong bergotong royong membersihkan sendang dan sumber mata air.

Lalu kemudian menggelar acara makan bersama. Sego Iriban yang disajikan, sangatlah unik.

Nasi dengan lauk sayur-mayur, ikan asin, tempe dan jeroan ayam ini dahulu hanya boleh disajikan saat acara tradisi itu. Bentuknya memang tidak beda dengan nasi gudangan.

Bedanya, sayuran yang digunakan di Sego Iriban ini tidak direbus. Tapi dibakar menggunakan bumbung bambu muda.

“Kami ingin menghidupkan kembali tradisi itu. Tidak hanya setahun sekali, namun kami ingin menjadikan itu sebagai daya tarik bagi wisatawan,” tutur Camat Ungaran Barat, Eko Purwanto.

Karenanya, Sego Iriban akan disajikan di pasar tradisional Desa Wisata Lerep. Para wisatawan dapat menikmati menu langka itu, tanpa harus menunggu Rajab tiba.

Gayung bersambut. Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang penasaran dengan Sego Iriban tertarik mencicipi.

“Saya tertarik karena katanya ada makanan unik. Ternyata ini, namanya Sego Iriban. Ini makanan unik, karena sayurannya tidak direbus, melainkan dibakar pakai bambu,” katanya.

Menurut Ganjar, Sego Iriban sangat menarik, unik dan layak jual ke wisatawan. Apalagi sekarang cukup banyak wisatawan yang mencari sensasi kuliner melegenda di satu daerah.

Karenanya, ia berharap masyarakat terus aktif dalam berinovasi. Potensi desa yang selama ini belum mendapat perhatian, harus digali agar mampu meningkatkan ekonomi masyarakat.

Baca juga :  Pokdarwis Harus Punya Visi, Kretivitas dan Pantang Menyerah Kembangkan Desa Wisata

“Gunakan dana desa yang ada untuk mengembangkan potensi-potensi ini. Kami dari pemerintah tentu akan memberikan dorongan. Bahkan, kami sudah membuat peraturan daerah mengenai desa wisata dan siap memberikan hadiah Rp1 miliar kepada desa wisata yang terbaik,” pungkas Ganjar.

Artikel Lainnya

Leave a Comment