Home » Curug Klenting Kuning Salah Satu Taman Surga yang Ada di Bumi

Curug Klenting Kuning Salah Satu Taman Surga yang Ada di Bumi

by GaleriWisata.id
Galeri Wisata

SOBAT Galwis pernah melihat atau berkunjung ke taman surga? Jika belum, cobalah tengok salah satu taman surga yang terhampar di bumi ini.

Tidak jauh kok. Bahkan hanya sekitar 2 jam dari Semarang.

Ya, di Kabupaten Semarang ternyata tersimpan banyak destinasi wisata alam yang keren. Selain Gedong Songo, ternyata di kabupaten ini juga banyak terdapat curug (air terjun kecil) yang indah dan memanjakan mata.

Menuju Ke Lokasi

Salah satu air terjun yang menjadi andalan untuk menarik wisatawan adalah Curug Klenting Kuning yang terletak di Desa Kemawi, Area Kebun Gondang, Sumowono, tidak terlalu jauh dari Gedong Songo. Akses untuk mencapai curug juga terbilang sangat mudah, dari Semarang atau Salatiga, kamu bisa menuju ke arah Bandungan lalu mengikuti jalan menuju ke arah Temanggung.

Setelah itu, kamu lanjutkan perjalanan hingga kamu tiba di Terminal Sumowono, dan ikuti arah jalan yang menuju Limbangan atau Boja. Setelah Desa Bantir terdapat Desa Kemawi dan nantinya akan ada sebuah penunjuk jalan dimana lokasi curug ini berada.

Jam Buka dan Harga Tiket Masuk

Kamu bisa berkunjung kesini setiap hari dengan jam operasional buka pukul 06.00 hingga 18.00. Tarifnya pun sangat terjangkau, hanya dengan merogoh kocek sebesar 3k saja kamu sudah bisa menikmati keindahan curug ini sepuas-puasnya.

Sebuah kisah mistis mengitari keberadaan Curug Klenting Kuning yang sampai sekarang masih dipercaya oleh masyarakat sekitar. Konon katanya, tempat ini merupakan tempat pertapaan Dewi Sekartaji (Klenting Kuning) sebelum bertemu dengan Panji Asmarabangun (Ande-Ande Lumut).

Hal ini dibuktikan dengan adanya tempat bertapa alas lumut diatas air terjun. Maka dari itu masyarakat sekitar pada awalnya takut untuk membuka kawasan ini sebagai destinasi wisata.

Baca juga :  Pengin Wisata Edukatif? Yuk ke Desa Wisata Wonolopo

Akhirnya pada 2013 barulah masyarakat sekitar berani untuk menjadikan kawasan ini sebagai destinasi wisata, dan setiap malam Selasa Kliwon mereka mengadakan sebuah tradisi tumpengan yang lengkap dengan lauk lengkap sebagai permohonan keselamatan untuk pengunjung dan pihak pengelola disana.

Keindahan Curug Klenting Kuning

Terdapat 3 aliran air yang berada di kawasan ini yakni Curug Biru, Curug Hijau, dan Curug Klenting Kuning merupakan yang tertinggi dari ketiganya yakni 8 meter. Uniknya, air disini memiliki kandungan belerang yang tinggi, terbukti dari warna kuning yang menempel di dinding curug.

Uniknya, tidak ada aroma belerang yang tercium sedikitpun. Fasilitas yang disediakan di tempat ini juga sudah sangat lengkap seperti adanya gazebo yang terbuat dari kayu, toilet, dan tempat ibadah.

Jika kamu berkunjung kesini, kamu juga akan melihat bunga-bunga yang sedang bermekaran dengan indahnya. Dengan hutan pinus yang membungkus kawasan Curug Klenting Kuning ini menambah keindahan yang tiada tara.

Tak salah jika sebagian pengunjung menyebut curug ini sebagai ‘taman surga’. Apalagi kolam yang ada di bawah, bisa digunakan untuk berendam.

Keunikan lainnya adalah kolamnya yang berwarna hijau. Wah sangat indah sekali ya, sob!

Jadi tunggu apalagi? Yuk, kita segera kunjungi taman surga yang berada di Kabupaten Semarang ini. (Dindaidhy)

Foto: www.jadwaltravel.com

Artikel Lainnya

Leave a Comment