Home #AGENDA2019 Bersiaplah, Semarang 10K Digelar 15 Desember

Bersiaplah, Semarang 10K Digelar 15 Desember

by minGal
Galeri Wisata

EVENT lari terbesar di Kota Semarang, Semarang 10K siap digelar 15 Desember mendatang. Menempuh jarak kurang lebih 10 Km, event ini menggabungkan konsep sport and heritage tourism.

Pasalnya, rute lari ini akan mengambil lokasi di sekitar Kota Lama. Dan seperti diketahui, kawasan ini merupakan Little Netherland yang menyisakan puluhan bangunan cagar budaya.

Assisten III Pemkot Semarang Masdiana Safitri optimis event ini mampu mengundang ribuan peserta. Seperti halnya event pertama tahun lalu, di tahun 2019 ini peserta ditarget 2000 orang.

“Saya optimis event ini sukses karena sekarang sudah bukan zamannya event mencari peserta tapi peserta yang mencari event dan memasukkan dalam pengingat kalender mereka,” terangnya.

Berhadiah total Rp467 juta, ada 3 program yang dibuka. Yakni komunitas/grup, regular dan pelajar.

Adapunkategori yang dipertandingkan meliputi open, atlet pelajar, nasional dan master. Peserta akan menempuh jarak 10,9 Km dengan start dan finish di Balaikota Semarang Jalan Pemuda.

“Peserta akan diajak menyusuri bangunan heritage di Kota Lama sebagai wujud akulturasi budaya dan megahnya arsitektur khas. Ada pula suguhan penampilan atraksi budaya di setiap rute,” tukasnya.

Lawang Sewu, Kota Lama dan Gereja St Yusuf Gedangan diakui adalah sebagian rute napak tilas sejarah yang akan dilintasi peserta. Karenanya, Semarang 10K diharapkan juga dapat menjadi signature running event yang ditunggu banyak orang.

Kesenian tradisional juga akan ditampilkan untuk menyemangati para pelari. Tarian Kuntulan, atraksi drumblek, reog jaran blarak, Gambang Semarang dan angklung akan menjadi suguhan sekaligus penyemangat.

“Keramahatamahan warga Kota Semarang akan diwujudkan dalam sambutan kepada setiap pelari. Kami berharap, inilah gambaran akulturasi budaya dan semangat Bhineka Tunggal Ika kesenian di Indonesia,” imbuhnya.

Race Director Semarang 10K Andreas Kansil menambahkan cut off time akan diberlakukan dalam waktu 2 jam 15 menit. Hal ini berkaitan dengan keamanan dan kenyamanan peserta termasuk bagi warga dan juga wisatawan.

“Ini adalah event yang ditunggu banyak orang sekaligus menjadikan Semarang 10K sebagai lomba lari penutup tahun 2019,” tegasnya.

Naha, kalau Sobat Galwis mau ikut, jangan lupa pendaftarannya dibuka mulai 14 Oktober sampai 30 Nopember. Atau cek web www.semarang10K.com bisa juga pantengin IG @semarang10K

Artikel Lainnya

Leave a Comment