Home » Berbagai Pilihan Wisata Alam di Banyuwangi, Kawasan Paling Ujung Timur Pulau Jawa

Berbagai Pilihan Wisata Alam di Banyuwangi, Kawasan Paling Ujung Timur Pulau Jawa

by galeriwisata.id
Kawah Ijen
SOBAT Galwis sudah tahu belum nama daerah yang berada di ujung timur Pulau Jawa? Yap, Banyuwangi!
Kabupaten Banyuwangi merupakan kabupaten terluas di Provinsi Jawa Timur yang menawarkan banyak keindahan alam. Mulai dari pegunungan, pantai, air terjun, sabana dan lainnya.
Dari berbagai opsi wisata alam tersebut banyak yang termasuk wisata hits dan ramai dikunjungi oleh wisatawan. Oleh karena itu, minGal akan memberikan rekomendasi wisata alam yang bisa kalian kunjungi saat berwisata ke Banyuwangi di kawasan paling ujung timur Pulau Jawa.
Yuk, simak!

Kawah Ijen

Kawah Ijen

Sumber: IG @rfannie_

Pesona keindahan Kawah Ijen mampu menarik banyak wisatawan, baik dari dalam maupun luar negeri. Dan satu hal yang menjadi daya tarik utama dari tempat ini yang tidak boleh kalian lewatkan adalah fenomena api abadi berwarna biru (Blue Fire).

Untuk menikmati keindahan blue fire tersebut, kita harus mulai mendaki sekitar pukul 01. Karena keindahan blue fire hanya terlihat sempurna di jam 02.00 hingga 04.00 WIB dengan melalui jalur pendakian yang cukup menantang tentunya. Setelah menyaksikan Blue Fire kalian juga bisa menikmati keindahan sunrise dari Gunung Ijen.

Berlibur ke Kawah Ijen akan menjadi pengalaman kalian yang mengesankan!

Pantai Pulau Merah

Pantai Pulau Merah

Sumber: IG @andreyongz

Nah, rekomendasi wisata satu ini cocok untuk Sobat GalWis yang termasuk tim pantai. Hanya dengan membayar tiket 8K dan juga biaya parkir yang disesuaikan dengan jenis transportasi pengunjung, kalian sudah bisa menikmati keindahan yang dimiliki Pantai Pulau Merah.

Banyak hal yang bisa kita lakukan di tempat ini. Menikmati sunset di sore hari, bermain pasir di pinggir pantai, menyewa jasa perahu untuk berkeliling Pulau Merah atau bahkan bagi Sobat Galwis yang jago surfing nih, bisa banget mencoba serunya surfing di sini.

Baca juga :  13 Wisata Pantai yang Bagus dan Hits di Jepara

Pantai Pulau Merah memiliki ketinggian ombak sekitar 5 meter. Sayang sekali, karena pantai ini baru buka pukul 07.00 pagi, jadi Sobat Galwis tidak bisa menikmati sunrise di Pantai Pulau Merah.

Air Terjun Lider

Air Terjun Lider

Sumber: IG @f_rizkillah

Air Terjun Lider memiliki ketinggian sekitar 60 meter. Sobat Galwis dapat mencoba segarnya Air Terjun Lider di kolam jernih yang terdapat di bawah air terjun tersebut.

Jarak yang harus ditempuh untuk menuju air terjun ini bisa dibilang cukup jauh, yaitu sekitar 45 km dari pusat Kota Banyuwangi. Meskipun medan yang harus dilalui cukup jauh dan melelahkan, kalian tidak akan menyesal begitu sampai di tempat ini.

Pemandangan sekitar cukup menakjubkan dan masih terjaga keasliannya. Untuk tiket masuknya, kalian cukup membayar tiket 3K per orang dan juga biaya parkir yang disesuaikan dengan jenis transportasi pengunjung, 2K untuk parkir motor dan 5K untuk parkir mobil.

Taman Nasional Baluran

Taman Nasional Baluran

Sumber: IG @guswahidunited

Ada lagi nih wisata hits di Banyuwangi yang sayang untuk dilewatkan. Taman Nasional Baluran menawarkan keindahan padang savanna yang luas yang akan membuat kalian merasa seperti di Afrika.

Ditambah lagi keberadaan beberapa fauna seperti banteng jawa, rusa, kerbau, macan tutul, kancil, merak dan lain-lain. Selain padang sabana, terdapat destinasi lainnya yang bisa kalian nikmati di Taman Nasional Baluran ini, antara lain hutan musim, hutan evergreen dan Pantai Bama.

Sobat GalWis cukuk membayar tiket 15K untuk weekday dan 17K untuk akhir pekan atau hari libur.

Nah, itulah rekomendasi wisata alam yang bisa kalian kunjungi saat berwisata ke Banyuwangi. Tentu saja masih banyak tempat wisata di Banyuwangi yang worth it untuk dikunjungi dan akan minGal bahas di lain kesempatan.
Kindly reminder untuk Sobat Galwis, jangan lupa untuk selalu mematuhi protokol kesehatan ya, sob!

Artikel Lainnya

Leave a Comment