Home » Belajar Tari di Desa Wisata Menari, Siapa Takut…

Belajar Tari di Desa Wisata Menari, Siapa Takut…

by GaleriWisata.id
Galeri Wisata

BAIK di kota maupun kabupatennya, Semarang memiliki banyak destinasi wisata. Termasuk destinasi desa wisata yang tentunya akan menambah pengetahuanmu dan merasakan pengalaman yang berbeda terutama dari sisi budaya Jawa.

Nah, kali ini minGal mau kasih tahu kamu tentang salah satu desa wisata di Kabupaten Semarang yang wajib dikunjungi. Desa ini bernama Desa Wisata Menari yang terletak di Dusun Tanon, Desa Ngrawan, Kecamatan Getasan.

Kawasan ini berada di lereng Gunung Telomoyo dan merupakan dusun yang jauh dari pusat kota. Untuk bisa ke desa ini, kamu harus melalui Jalan Lingkar Salatiga, lalu ambil arah ke Kopeng atau Magelang.

Setelah menyusur jalan sekitar 9 Km, kamu akan menemukan papan nama penunjuk jalan menuju Desa Wisata Menari. Jalan Salatiga-Magelang yang lebar meski menanjak dan berkelok tidak akan menyusahkanmu dalam menemukannya.

Di desa ini disediakan berbagai macam paket wisata yang bisa kamu pilih untuk menghabiskan liburan. Harga paket wisatanya mulai dari harga 95k hingga 150k dan kamu bisa memilih aktivitas apa yang akan kamu coba.

Seperti namanya, desa ini juga menawarkan paket kesenian sebagai paket wisata utama. Berbagai tarian akan dapat kamu saksikan di desa ini, karena rata-rata warga disini adalah para pelestari kesenian tari rakyat.

Seperti Tari Warok yang akan kamu temukan sebagai tarian selamat datang. Contoh lainnya adalah tarian Topeng Ayu, Gemukan Bocah, Warok Kreasi, Kuda Lumping, dan Tari keprajuritan kraton alias Tari Eko Prawiro.

Aktivitas lain yang bisa kamu lakukan antara lain belajar anyaman, melihat bahkan praktik dalam pembuatan Sawat Teloroso, bermain aneka dolanan anak yang sarat akan edukasi, belajar membuat produk olahan seperti sabun susu dan keripik adas. Kamu juga bisa menginap di rumah warga dan merasakan hidup layaknya warga setempat walau hanya semalam.

Baca juga :  Di Ranah Minang, Tak Lelah Mata Memandang

Selain belajar hal baru tentang kehidupan desa, kamu juga bisa mencoba relaksasi mental nih sob. Cocok juga nih untuk kamu kaum instagramable yang suka berfoto-foto, karena di desa ini juga disediakan spot foto alam yang sangat keren.

Desa Wisata Menari, sudah sangat terkenal bahkan hingga ke luar negeri. Banyak turis yang sering berkunjung kesini untuk mempelajari kehidupan pedesaan.

Karena ada di lereng gunung, tentu tempat ini memiliki hawa sejuk dan jauh dari polusi. Kawasan ini juga dekat dengan penghasil sayur mayur yang masih segar, sehingga dapat kamu bawa sebagai buah tangan.

Karena ketenarannya itulah, desa ini kerap didatangi rombongan dari berbagai macam etnis. Jadi sangat kental sekali nuansa toleransinya nih.

Masyarakatnya juga ramah dan sangat baik, jadi kamu akan dibuat nyaman jika berada disini. Gak perlu mikir lama-lama, yuk kita capcus nikmati kehidupan dan belajar seni di Desa Wisata Menari ini sob! (Dindaidhy)

Artikel Lainnya

Leave a Comment