Home » Begini Nih Tips Piknik Sehat Ala Mbak Iin Kadisbudpar Kota Semarang

Begini Nih Tips Piknik Sehat Ala Mbak Iin Kadisbudpar Kota Semarang

by GaleriWisata.id
iin indriyasari

HAI Sobat Galwis? Sudah bener-bener kangen untuk piknik, tamasya atau plesiran tipis-tipis?

Iya-iya, sama kok. Mingal juga sudah kangen, pake bingit malah hehe.

Tapi karena memang masa pandemi Covid-19 belum usai, ya tetap kita harus patuhi protokol kesehatan. Baik saat di tempat kerja, nongkrong bersama kawan atau plesiran dengan keluarga.

Nah, Mbak Iin yang juga merupakan Kadisbudpar Kota Semarang punya tips agar tetap bisa piknik di masa pandemi seperti sekarang ini. Jadi, selain mengusir untuk rasa jenuh dan stress karena tekanan kerjaan, piknik yang dilakukan juga tetap sehat, aman dan nyaman.

Ini dia, 5 tips dari Indriyasari yang akrab disapa Mbak Iin agar bisa piknik sehat.

1. Pakai Masker

Waaa memang soal masker ini sudah sering diingatkan. Bahkan pemakaian masker menjadi protokol kesehatan wajib.

Di beberapa daerah bahkan memberikan denda kepada warga yang tidak mengenakan masker. Jadi semestinya, masker sudah menjadi alat standar layaknya memakai baju saat kita keluar rumah.

Makanya, Mbak Iin tak pernah segan-segan mengingatkan setiap orang yang ditemuinya yang tidak pakai masker. Bahkan saat bekerja di kantorpun, ia juga mewajibkan stafnya untuk selalu mengenakan masker ini

“Orang yang tidak pake masker itu rawan tertular atau menulari virus orang lain. Dengan pakai masker, dophlet yang ikut keluar saat bersin atau berbicara, dapat dikurangi. Sukur-sukur lebih baik masker N95 atau minimal masker medis dan bukan masker bengkoang atau mentimun ya,” selorohnya.

2. Menjaga Jarak

Menjaga jarak sepertinya adalah hal paling sulit dilakukan terutama bagi orang timur. Adat kebiasaan dan budaya berbincang secara berdekatan, menjadi kendala.

Baca juga :  Semarang Kota Wisata Terbersih se-Asia Tenggara

Namun karena masih dalam masa pandemi, tidak ada salahnya kita sedikit menjaga jarak. Setidaknya mengurangi kedekatan dan keintiman dengan orang lain.

Ya mungkin terasa kurang sopan, namun demi menjaga penularan virus Covid-19, menjaga jarak minimal 1 meter saat berbincang, tak mengapa kok.

Kalaupun harus berfoto bareng, menjaga jarak juga tetap dapat dilakukan. Tentu saja tetap boleh melepas masker saat berfoto, namun harus segera dikenakan kembali usai berfoto.

“Kalau cuma jarak 1-2 meter, obrolannya tidak perlu juga pakai teriak-teriak kan, yang penting paham maksud dan tujuan. Ya memang sih ada lagunya, jangan ada jarak di antara kita,” ujarnya kembali bercanda.

3. Mencuci Tangan

Kalau zaman dulu, mencuci tangan sepertinya hanya dilakukan saat mau makan atau tidur saja. Namun di masa pandemi seperti sekarang ini, mencuci tangan perlu dilakukan sesering mungkin.

Tujuannya agar virus atau kuman atau bakteri yang mungkin nempel di tangan kita atau menempel di barang yang baru saja kita pegang, bisa hilang. Namun, Iin menambahkan, ada baiknya menggunakan sabun dan air yang mengalir saat mencuci tangan.

Apalagi jika kita mengunjungi tempat wisata yang tentunya banyak didatangi orang lain. Kita tentu tidak bisa mengetahui, barang apa saja dan siapa-siapa saja yang sudah memegang sesuatu sehingga perlu sering-sering cuci tangan.

Atau Sobat juga bisa menggunakan hand sanitizer lo terutama saat tidak memungkinkan beranjak mencuci tangan. Jadi, sanitizer ini ada baiknya selalu berada di saku celana atau di dalam tas kita sob.

4. Banyak Minum Air Putih

Apa hubungannya banyak minum air putih dan Covid-19? Ya sebenarnya tidak ada hubungan darah eh maksudnya tidak ada hubungan langsung.

Baca juga :  Kelas Kenal Teh : Mengenal Berbagai Jenis dan Produk Teh Paling Populer

Namun dengan banyak minum air putih, diharapkan imunitas tubuh akan meningkat. Karena salah satu tips agar terhindar dari virus ini adalah meningkatkan imun tubuh.

Lalu mengapa air putih? Ya karena air putih lebih netral dan tidak membawa kandungan lain seperti halnya air manis yang memiliki kadar gula yang jika terlalu banyak juga tidak terlalu baik bagi tubuh.

Toh juga dalam sehari tubuh butuh asupan air 7-8 liter, jadi tak ada salahnya minum lebih banyak air terutama air putih.

“Tipsnya terakhir adalah perbanyak doa, mendekatkan diri kepada Yang Maha Kuasa serta perbanyak bahagia. Makanya piknik tipis-tipis itu boleh dilakukan namun tetap harus sesuai protokol kesehatan karena bahagia adalah kunci dari peningkatan imunitas tubuh,” sergahnya seraya bercanda.

Nah Sobat Galwis, itu tadi tips dan trik ala Mbak Iin aka Indriyasari yang merupakan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Semarang. Intinya, kita tetap bisa piknik tipis-tipis selama mau menjaga protokol kesehatan yang ditentukan.

Yuh gass yuh sob…

 

 

 

Artikel Lainnya

Leave a Comment