Home » Ayuk Ramai-Ramai Menikmati Keramahtamahan Desa Wisata Jamalsari

Ayuk Ramai-Ramai Menikmati Keramahtamahan Desa Wisata Jamalsari

by GaleriWisata.id
Galeri Wisata

WADUK Jatibarang dikenal sebagai satu-satunya destinasi wisata alam air di Kota Semarang. Banyak wisatawan yang sering menghabiskan waktu liburan dengan berkunjung dan menikmati keindahan wisata alam dari tempat ini.

Lebih menarik lagi, waduk ini dikelilingi beberapa desa wisata yang juga siap menyambut kedatangan wisatawan. Salah satunya adalah Desa Wisata Jamalsari.

Terletak di sisi barat waduk, ia masuk dalam wilayah Kelurahan Kedungpane. Hanya sekitar 20 menit dari pusat kota kota.

Lahan seluas 6 ha di Jamalsari oleh warga setempat disulap menjadi desa wisata yang menarik. Sejumlah wahana dan kegiatan diubah menjadi paket wisata yang mengundang wisatawan untuk berkunjung.

Selain keindahan alamnya, Jamalsari juga menawarkan keramahan masyarakat setempat. Minuman selamat datang berupa bir pletok, spesial dipersembahkan untuk Sobat Galwis yang piknik di sini.

Ada juga makanan khas selamat datang lainnya seperti olahan jantung pisang raja berupa lunpia. Jajanan ringan seperti jamu jun, kerowodan, dan makanan hasil bumi lainnya dengan cita rasa yang unik, siap menjejali pencecap citarasa nikmat kita.

Pelestarian budaya di desa ini juga masih terus dilestarikan, terlihat dari beberapa kesenian yang akan kamu temui seperti kuda lumping, dan kredho budaya. Suara dari gemerincing lonceng di kaki penari serta dilengkapi dengan pakaian dan aksesoris lainnya tentu akan membuatmu terpana, menarik diri untuk ikut menari.

Untuk kegiatan yang bisa kamu lakukan, juga beragam jenisnya. Seperti bermain panahan, outbond, berkeliling Waduk Jatibarang dengan perahu, atau sekedar menikmati keindahan waduk dari atas Bukit Cinta.

Di Pendopo Bukit Janggleng, kamu juga bisa foto-foto selfie dengan latar waduk dan Gunung Ungaran di kejauhan. Paduan langit biru segar, gunung biru di kejauhan serta limpahan air waduk yang hijau kemilau, eman-eman jika tidak diabadikan.

Baca juga :  Desa Wisata Dibekali Achievement Tourism Award

Jika kamu ingin berlama-lama di desa ini kamu bisa menginap nih sob di homestay yang disediakan warga. Cukup dengan mahar 100K, kamu sudah dapat merasakan kerahmatamahan warga Jamalsari.

Aktivitas layaknya warga setempat juga bisa kamu rasakan. Kamu akan ditunjukkan bagaimana cara membuat tape, dan membuat keripik kulit singkong atau membuat jahe instant.

Di Jamalsari juga terdapat beberapa sanggar yang bisa kamu coba. Ada sanggar batik, sanggar kerajinan tangan, dan sanggar seni yang sering mengadakan sebuah pertunjukan seni kepada para tamu yang datang atau disaat memperingati hari-hari penting.

Sebuah kebun anggrek dengan menyajikan keindahan bunganya yang sangat subur juga turut menemani harimu jika berkunjung ke desa Jamalsari. Wah, paket lengkap banget ya sob.

Selain menikmati waktu liburan dan melihat pemandangan, kamu juga bisa mendapatkan berbagai macam pengalaman dan pengetahuan kan. Yuk yuk buruan kita ke desa Jamalsari, jangan lupa ajak teman dan keluargamu ya! (Dindaidhy)

Artikel Lainnya

Leave a Comment