Home » ‘Ayo ke Toba’ Sasar Wisatawan Semarang

‘Ayo ke Toba’ Sasar Wisatawan Semarang

by GaleriWisata.id

KOTA Semarang memiliki industri dan kantong wisatawan yang cukup besar sehingga merupakan target market terbaik untuk menawarkan destinasi wisata ke Sumatera Utara (Sumut) khususnya Danau Toba.

Hal itu disampaikan Kasubdit Pemasaran Area Sumatra Utara Kemenpar Rahma Yuliana di sela seminar Strategi Pengembangan Baru Danau Toba, di Semarang, Sabtu (29/9). Seminar ini merupakan bagian rangkaian penjualan destinasi wisata prioritas Danau Toba.

“Semarang adalah kota ketiga setelah Jogja dan Surabaya. Seminar diharapkan dapat memberikan wawasan, insight, rekomendasi destinasi wisata yang bisa dikunjungi bahwa Sumatera Utara bukan hanya Danau Toba,” terangnya.

Dijelaskan, Semarang memiliki populasi terbesar ketiga terbesar. Selain itu memiliki kantong-kantong wisatawan nusantara yang juga cukup besar.
Industri pariwisatanya juga berkembang sangat besar. Komitmen stakeholder seperti Asita, PHRI, Pemda sangat besar dalam mengembangan destinasi wisata di daerahnya.

“Mereka bersinergi membuat paket wisata. Supaya bisa bersinergi dengan pelaku wisata dari Sumut melalui B to B atau table top yang kita gelar. Ini bisa jadi ajang pertukaran paket wisata antara Jateng dan Sumut,” tukasnya.

Kabid Pemasaran Pariwisata Disbudpar Sumut Mukhlis menegaskan pihaknya berharap ada sekurangnya 12 ribu wisatawan yang datang ke Sumatera Utara pada tahun ini. Hal itu sangat realistis mengingat pada tahun sebelumnya, jumlah wisatawan domestik yang berkunjung mencapai 10 ribu orang.

Ditambah dengan keberadaan bandara baru Silangit dan Kuala Namu, ia optimis target ini akan terealisasi. Lebih dari itu, dengan keberadaan bandara baru tentunya juga akan menambah frekwensi penerbangan.

“Memang saat ini belum ada maskapai yang melayani direct flight dari Semarang ke Medan atau Sumut pada umumnya. Tapi kami optimis akan segera ada maskapai yang melirik peluang ini mengingat Danau Toba sudah menjadi prioritas utama kunjungan wisatawan,” tandasnya.

Baca juga :  Red Rabbit Fusion Resto & Coffee House : Mencicipi Menu Hidangan Otentik dan Promo

 

 

Artikel Lainnya