Home » Ayo ke Desa Wisata Lerep yang Kaya Budaya dan Indah Alamnya

Ayo ke Desa Wisata Lerep yang Kaya Budaya dan Indah Alamnya

by GaleriWisata.id
Galeri Wisata

BINGUNG menentukan tempat wisata saat liburan tiba? Atau ingin merasakan suasana liburan yang berbeda? Desa wisata bisa menjadi referensimu.

Saat ini, banyak desa wisata yang terkenal dengan segala keunikannya. Dari mulai potensi alam hingga budaya, semua tinggal pilih saja.

Dan salah satu desa wisata yang terkenal adalah Desa Wisata Lerep, yang menyajikan beragam jenis wisata dari mulai wisata alam, air, budaya, kuliner, hingga wisata edukasi. Desa ini terletak di Kabupaten Semarang tepatnya di Ungaran Barat dan memiliki 7 dusun yakni Tegalrejo, Lerep, Lorog, Soka, Karangbolo, Mapagan, dan Indrokilo.

Sebagian besar wilayahnya berupa perbukitan dengan daerah tertinggi adalah Dusun Indrokilo. Tak heran jika udara disini masih sangat sejuk dan menyegarkan.

Tak hanya perbukitan, kamu juga bisa melihat keindahan dari hamparan sawah yang hijau dan padi yang tumbuh subur. Tentu dapay dimanfaatkan untuk berswafoto apalagi latar belakang dari desa ini menampilkan keindahan dan kemegahan dari Gunung Ungaran, dijamin deh fotomu akan sangat instagramable dengan tema alam yang indah.

Galeri Wisata

Berkunjung ke desa ini kamu dapat mengenal berbagai aktivitas kehidupan masyarakat di tengah alam pedesaan yang masih sangat asri. Masyarakat disini juga masih sangat melestarikan budaya Jawa yang sudah turun temurun diajarkan sejak dulu kala.

Maka dari itu, setelah dari desa ini dijamin kamu akan mendapatkan banyak sekali pengalaman dan pengetahuan yang berharga. Aktivitas yang bisa kamu lakukan disini bermacam-macam seperti menanam padi, membuat kopi bubuk, membuat gula aren, hingga membuat jajanan ringan yakni tumpi dan keripik tempe.

Sobat Galwis juga bisa melihat bagaimana pembuatan pupuk kompos dan biogas sebelum nantinya akan dijual kepada pabrik-pabrik besar. Selain menjual pupuk kompos dan biogas, masyarakat sekitar juga menjual susu sapi.

Baca juga :  10 Air Terjun Indah, Cantik dan Unik di Sekitar Semarang

Bahkan desa ini menjadi salah satu pemasok susu sapi dan distributor yogurt untuk merek ternama, Cimory. Wah keren banget ya sob, masyarakatnya sangat produktif dalam memanfaatkan hasil bumi yang ada di sekitar mereka.

Warga Lerep juga dikenal kental memegang erat budaya Jawa. Hal ini terlihat adat istiadat yang masih terus mereka lestarikan yakni Iriban.

Galeri Wisata

Tradisi Iriban adalah sebuah tradisi selametan atau syukuran yang dilakukan saat memasuki musim tanam padi. Tradisi ini biasanya dilakukan di pinggir desa ataupun di dekat sumber mata air.

Warga setempat akan beramai-ramai membawa ayam yang nantinya akan dipotong di dekat sumber air lalu setelahnya dibakar dengan perut ayam sudah diisi dengan bumbu. Setelah matang, masyarakat setempat melakukan makan bersama dengan ayam tersebut menjadi lauknya.

Selain Iriban, ada tradisi lainnya yakni tradisi Sadranan, Sunat Manten, dan Manten Jaran. Namun, kamu tidak bisa menyaksikan tradisi-tradisi ini setiap saat karena tradisi-tradisi ini hanya dilakukan di saat-saat tertentu saja.

Kamu juga bisa berkunjung ke Kampung Seni Lerep untuk melihat berbagai barang seni yang unik-unik. Bangunan dari tempat ini memiliki bentuk limasan dengan 2 tingkat di dalamnya.

Selain digunakan untuk museum penyimpanan barang seni seperti gelas, piring dan guci, tempat ini juga menjadi wadah untuk masyarakat melakukan seni teater.

Untuk kamu pecinta kuliner, tenang saja di desa ini juga ada pameran jajanan tradisional yang dipastikan tidak mengandung bahan pewarna , pemanis buatan atau pengawet. Jadi aman banget sob, apalagi proses memasaknya masih sangat tradisional, cita rasa yang dihasilkanpun pasti sangat unik.

Nah itu tadi ulasan dari Desa Wisata Lerep. Yuk tambah ilmu dan pengalaman berharga dari keunikan desa wisata sob! (Dindaidhy)

All photo by @kulkasgendong

Baca juga :  10 Desa Wisata di Semarang yang Bisa Dijadikan Pelarian untuk Liburan

Artikel Lainnya

Leave a Comment