Home » Ayo ke Curug Kalipancur, Air Terjun Tertinggi di Semarang

Ayo ke Curug Kalipancur, Air Terjun Tertinggi di Semarang

by GaleriWisata.id
Galeri Wisata

MENDENGAR nama Gunung Telomoyo, tentu sudah tidak asing di telinga kita. Tidak terlalu tinggi dan puncaknya dapat dicapai menggunakan sepeda motor, tentu menjadi daya tarik tersendiri bagi gunung ini.

Pemangan indah terhampar jika sudah berada di puncaknya. Gunung Merbabu di sisi selatan, Gunung Ungaran di sisi utara dan si kembar Sindoro-Sumbing di sisi barat serta Gunung Andong di barat daya sungguh mempesona.

Namun ternyata tidak itu saja. Di lereng Gunung Telomoyo, terdapat air terjun yang ternyata paling tinggi di Kabupaten Semarang.

Ya namanya Kalipancur. Ketinggiannya mencapai 100 meter dan mudah dicapai tanpa perlu trekking yang jauh.

Dengan menggunakan kendaraan bermotor dari Salatiga, arahkan kemudimu ke arah Kopeng atau Magelang. Sekitar 2Km sebelum Kopeng, akan ada papan nama penunjuk ke Kalipancur dan berbeloklah.

Sekitar 1 Km, kita akan sampai di pelataran parkir. Sebelum ke curug, kita harus menuruni anak tangga sejumlah 900 buah. Dengan demikian Sobat Galwis memang harus menyiapkan fisik karena kita akan melewati sebuah jalur dengan sudut kemiringan sekitar 30-45 derajad.

Walaupun penuh perjuangan, tempat ini tetap menjadi idola bagi para wisatawan. Karena mereka akan disajikan pemandangan dari air terjun yang sangat indah, dan tentu saja akan membuat rasa lelahmu hilang dalam seketika.

Debit air yang deras dan jernih tentu akan menjadi sebuah pemandangan yang memanjakan mata. Mau berenang atau keceh? Boleh kok, asal jangan loncat dari tebing aja.

Tak hanya itu, disini kamu dapat menemukan banyak tebing batu andesit dengan aneka ragam ketinggian mulai dari 20m hingga 100m. Hal unik lain yang bisa kamu temukan di tempat ini adalah goa-goa kecil yang digunakan untuk tempat tinggal dari kerumunan burung walet.

Baca juga :  7 Hal Menarik Tentang Curug Panglebur Gongso Yang Wajib Kamu Ketahui

Menyajikan pemandangan alam yang sangat indah, yakni Rawa Pening di bawah, tempat ini juga dilengkapi dengan fasilitas yang sangat lengkap antara lain toilet, mushola, area parkir dan warung makan. Tiket masuk untuk semua kawasan ini hanya 5k saja loh, gak bikin kantong bolong ya sob.

Jadi tunggu apalagi? Yuk sama-sama kita berkunjung kesini dan menikmati waktu liburan yang menyenangkan. (Dindaidhy)

Photo by www.wisatamantap.com

Artikel Lainnya

Leave a Comment