Home » Aneka Menu Nikmat di Resto Ikan Bakar Cianjur Semarang yang Patut Kamu Coba

Aneka Menu Nikmat di Resto Ikan Bakar Cianjur Semarang yang Patut Kamu Coba

by galeriwisata.id
Ikan bakar cianjur kota lama

RESTO Ikan Bakar Cianjur atau yang lebih sering dikenal dengan IBC, pertama kali berdiri di Cianjur, Jawa Barat. Hingga saat ini, terdapat terdapat banyak sekali cabangnya.

Bahkan di Semarang, ada dua yakni di Jalan Letjen Suprapto Kota Lama dan di Jalan Teuku Umar No 8 Jatingaleh. Tidak saja karena sajiannya yang nikmat, IBC memiliki karakter masakan Sunda yang sangat khas.

Karenanya, rumah makan ini tidak pernah sedikitpun sepi dari pengunjung. Apalagi yang di Kota Lama, mengambil tempat sebuah bangunan cagar budaya jadi acara makan semakin tambah nikmat saja.

Menu makanan yang disediakan di Rumah Makan Ikan Bakar Cianjur ini juga sangat banyak seperti gurame bakar, gurame pesmol, gurame asam manis, gurame tim, gurame sop, gurame goreng siam manis, gurame goreng merah putih. Dan bukan hanya ikan saja disana juga ada sop iga, soto ayam, gulai kambing, kambing oven, nasi goreng kambing dan masih banyak lagi.

Menu wajib yang harus di pesan ketika berkunjung ke sini adalah gurame pesmol. Menu ini banyak disukai karena rasanya yang gurih, asem, manis, dan pedas.

Bumbu kuning yang digunakan meresap  dengat sangat baik ke dalam daging ikan gurame. Ikan gurame yang digunakan pun masih sangat segar dan fresh, sehingga muncul rasa manis pada daging ikan gurame dan bumbu rempahnya sangat terasa.

Ukuran ikan guramenya lumayan besar lo sob, cocok sekali untuk dinikmati bersama sama. Selain pesmolnya yang lezat, ca kalian ini juga juara. Rasa bawang putih yang pas, tidak berlebihan dan teksturnya kailannya tidak alot maupun keras sama sekali.

ikan bakar cianjur teuku umar

Sumber: www.seputarsemarang.com

Untuk nasinya sendiri, terdapat beberapa pilihan seperti nasi putih atau nasi liwet. Tapi belum lengkap rasanya apabila berkunjung ke IBC dan belum memesan ikan gurame bakar. Kulit dari si ikan gurame bakar ini sangat crispy, namun dagingnya masih sangat lembut dan tidak amis sama sekali.

Baca juga :  Tengkleng Mbak Diah, Kuliner Legendaris Paling Enak di Solo

Tidak lupa ditemani dengan sambal kecap untuk cocolan yang memberikan sensasi pedas manis di mulut. Untuk menikmati  satu ekor ikan gurame pesmol dan satu ekor ikan gurame bakar, hanya perlu merogoh kocek sebesar 160k saja. Untuk ca kalian, hanya dibanderol dengan harga 32k.

Untuk minuman, IBC menyediakan macam-macam menu seperti jus alpukat, semangka, melon, tomat, nanas dan berbagai macam buah lainnya. Bukan hanya jus saja disana juga menyediakan kopi panas, ada bandrek juga, wedang jahe, teh manis juga ada, soda dan masih banyak lagi.

Sobat Galwis juga patut mencoba es cianjur yang terdiri dari ketan hitam, alpukat dan mutiara yang dicapur dengan susu kental manis dan diberi es serut di atasnya. Cukup dibarter dengan 32k kok hehe.

Ada juga es campur tempoe doeloe yang berisi kelapa muda, mutiara, alpukat, cao, tape yang dicampur dengan susu kental manis yang diatasnya diberi serutan es. Satu porsi juga hanya 32k.

Selain menunya yang nikmat, interior resto ini mengusung konsep tradisional tempo dulu. Alunan kecapi music khas Sunda yang diputar di dalam rumah makan tersebut, bakal membuatmu seolah olah merasakan sensasi pedesaan.

Rumah makan Ikan Bakar Cianjur (IBC) Semarang beroperasi pada pukul 10.00 WIB sampai pukul 22.00 WIB. Namun patut dicatat ya sob, di masa pandemi seperti sekarang, jam operasional bisa berubah sesuai peraturan pemerintah.

Artikel Lainnya

Leave a Comment