Home ยป Alasan Mengapa Motor Matic Harus Menggunakan Oli Mesin Khusus

Alasan Mengapa Motor Matic Harus Menggunakan Oli Mesin Khusus

by GaleriWisata.id
oli motor matic

Kita semua sadar bahwa melakukan perawatan terhadap sepeda motor matic yang kita miliki memang sudah menjadi kewajiban tersendiri. Maka dari itu sebagai pemilik, kita harus mengetahui berbagai hal dasar yang harus kita perhatikan demi awetnya motor. Salah satu hal yang harus diperhatikan adalah oli mesin. Mungkin terlihat sepele karena kita tinggal menyerahkan kepada bengkel tempat kita servis rutin, setelah itu terima beres.

Namun jika anda tidak menginginkan hal buruk terjadi pada motor matic, seperti performa yang turun dan lain sebagainya. Anda perlu memperhatikan beberapa hal penting berikut ini. Mengingat jenis motor matic yang khusus, maka kita harus menggunakan beberapa treatment yang berbeda mulai dari jenis oli yang kita gunakan. Adapun beberapa alasan mengapa oli mesin yang kita gunakan untuk motor matic harus khusus adalah berikut ini.

  • Motor matic memiliki jenis mesin yang cenderung lebih kecil jika dibandingkan dengan mesin pada motor manual, sehingga perputaran mesin yang terjadi lebih tinggi dari biasanya. Sehingga mesin yang ada akan lebih mudah panas daripada mesin motor manual atau bebek biasa. Sehingga oli yang dibutuhkan adalah oli jenis JASO MB.
  • Karena motor matic mengadopsi sistem kopling yang tergolong kering, jenis motor ini memiliki perbedaan dengan motor bebek biasa yang mana tergolong pada kopling basah. Sehingga oli mesin yang digunakan untuk motor matic dianjurkan lebih kepada oli yang terformulasi komposisi yang rendah akan gesekan. Berbeda dengan oli untuk motor manual yang memiliki formula khusus untuk gesekan sehingga motor tidak mudah mengalami selip.
  • Karena oli mesin untuk motor matic biasanya memiliki ketahanan tekstur kekentalan yang lebih baik jika dibandingkan dengan oli motor manual biasa. Semua ini dipentingkan agar oli mesin pada motor matic dengan tekstur lebih kental bisa bertahan dengan baik meskipun pada temperatur mesin yang tergolong tinggi. Inilah alasan mengapa oli matic biasanya lebih bisa bertahan pada proses penguapan dibandingkan dengan oli motor manual biasa. Itulah beberapa alasan mengapa motor matic membutuhkan oli mesin motor yang khusus. Setelah kita memahami alasan mengapa kita memerlukan oli khusus, sekarang kapankah sebaiknya kita melakukan penggantian terhadap oli motor matic?
  • Kita harus melakukan penggantian ketika suara yang ditimbulkan oleh mesin motor semakin keras. Biasanya kondisi ini terjadi karena motor sering digunakan sehingga oli mengalami penurunan kualitasnya. Sehingga akibat yang ditimbulkan dari pemakaian ini adalah bunyi yang kasar pada saat mesin digas.
  • Oli mesin harus diganti ketika indikator oli pada motor matic yang kita dunakan sudah memberikan tanda penurunan volumenya. Karna indikator oli ini bertugas untuk menjaga sirkulasi pelumasan pada mesin agar tetap stabil, jadi anda harus memperhatikan betul indikator ini.
  • Mulai ganti jika oli mesin mulai memiliki tekstur yang agak berpasir dan berwarna hitam pekat. Maka kondisi ini menandakan kalau oli bekerja dengan baik dalam melakukan pembakaran. Anda harus melakukan pembersihan dengan baik, jangan sampai ada sisa pembakaran yang tersisa karena hal ini bisa mengganggu kinerja mesin.
Baca juga :  Bawa Travel Pack ini Saat Liburan di Era New Normal

Itulah beberapa alasan mengapa kita harus menggunakan oli yang khusus untuk merawat motor matic yang kita sayangi. Jangan sampai hanya karena salah memilih jenis oli mesin untuk motor, kita bisa mendapatkan masalah yang lebih besar seperti rusaknya mesin motor.

Untuk menghindari hal ini, penting bagi anda untuk mengunjungi mobil.co.id . Disini anda akan diberikan pencerahan mengenai oli terbaik untuk motor matic kesayangan agar selalu memiliki performa yang optimal.

Artikel Lainnya

Leave a Comment