Home Destinasi Ada Brankas Peninggalan Oei Tiong Ham di Pringsewu Resto

Ada Brankas Peninggalan Oei Tiong Ham di Pringsewu Resto

by minGal

AH yang bener ada brankas peninggalan Oei Tiong Ham di Pringsewu Resto? Bohong nih. Oei Tiong Ham kan Raja Gula yang kaya raya dan konglomerat itu? Terus brankasnya masih ada duitnya? Apakah pengunjung boleh melihatnya? Mbayar ndak?

Mungkin itulah pertanyaan-pertanyaan yang bakal muncul kalau kita dikasih tahu terkait keberadaan brankas (lemari besi) di Restoran Pringsewu di Jalan Suari, Kawasan Kota Lama. Tapi benar lo, masih ada dua brankas  milik Oei Tiong Ham di sana bahkan bisa dijadikan spot foto dan tur wisata sejarah.

Chief Marketing Pringsewu Restaurant Group Dani Ramadhan menjelaskan jika keberadaan brankas ini masih utuh termasuk pintu utama masuk ke ruangan brankas yang juga terbuat dari besi.

“Masih utuh, masih bisa dinikmati dan digunakan meski tidak ada kuncinya,” terangnya.

Dijelaskan, ruangan brankas ini juga dapat dinikmati oleh pengunjung restoran. Mereka dapat berwisata atau sekedar berfoto dengan latar belakang dua brankas berukuran besar.

Diduga, brankas ini dulunya digunakan Oei untuk menyimpan surat-surat tanah. Pasalnya selain menjadi pengusaha gula tersukses di Asia Tenggara, ia juga seorang makelar tanah.

“Kabarnya dulu ada sampai ada tiga brankas namun satunya entah kemana. Apakah diambil pemerintah atau ikut terbakar, kami kurang tahu,” tukasnya.

Ditambahkan, bangunan yang digunakan pihaknya ini memang pernah terbakar hebat. Bahkan saking hebatnya api yang membakar bangunan yang kini dijadikan resto tersebut, lantai keramik berusia 167 tahun yang dipasang saat pembangunan awal gedung, ikut menghitam dan tidak bisa dihilangkan.

Ubin tegel kuno ini sendiri sangat menarik. Pasalnya, lantai yang dilapis ubin menjadi lebih indah, terkesan elegan dan memiliki ciri unik karena pola-pola khusus menjadikan ruangannya semakin indah.

Bagi pengunjung resto yang juga ingin menikmati atau berfoto dengan brankas, ubin tegel berusia ratusan tahun, tidak akan dikenakan biaya apapun. Restoran Pringsewu membuka diri untuk dikunjungi wisatawan yang ingin mengetahui sejarah Kota Lama dan juga perjalanan hidup si konglomerat pertama Indonesia dari Semarang ini.

Penasaran? Silakan datang ke Jalan Suari 11-12 dan nikmati perjalanan sejarahmu beserta suguhan kuliner nikmat dari Pringsewu Resto.

Galeri Wisata

Artikel Lainnya