Home Event 9 Manfaat Donor Darah Yang Digelar Rutin oleh Aston Inn Pandanaran Hotel

9 Manfaat Donor Darah Yang Digelar Rutin oleh Aston Inn Pandanaran Hotel

by GaleriWisata.id
Galeri Wisata

ADALAH  Hotel Aston Inn Pandanaran yang secara rutin 6 bulan sekali menggelar aksi sosial donor darah. Terakhir pada Selasa 3 September lalu, puluhan kantong darah berhasil dikumpulkan.

Seluruh karyawan hotel yang ada di Jalan Pandanaran 40 ini, ikut menyumbang darah. Begitu pula karyawan Rosti Café dan sebagian tamu.

“Target 50 kantong darah terkumpul. Donor darah yang kami selenggarakan ini merupakan agenda tahunan kami. Kegiatan ini merupakan yang kedua bagi kami dan sudah menjadi komitmen kami untuk membantu sesama khususnya dalam penyediaan stok darah di PMI dengan mengadakan donor darah setahun 2x,” terang Krisdiar Porandito Marketing Communication Hotel Aston Inn Pandanaran Semarang.

Nah sebenarnya, apa saja sih manfaat donor darah itu? Berikut 9 manfaat jika Sobat Galwis rutin melakukan aksi donor darah baik bagi diri kita sendiri maupun bagi orang lain:

1.     Menolong Nyawa Orang Lain

Donor sangat dibutuhkan bagi orang yang membutuhkan darah. Tanpa bantuan donor, seseorang bisa kehilangan nyawa.

Darah yang kita donor tersebut dapat ditransfusikan ke orang lain selama memenuhi persyaratan kesehatan yang ditetapkan. Dan inilah yang menjadi alasan utama PMI membuka aksi donor darah.

Dengan adanya pendonor, sangat dimungkinkan nyawa seseorang akan terselamatkan. Meski tentu untuk urusan hidup dan mati, ada di tangan Allah SWT. Kita hanya berusaha.

2.     Menurunkan Resiko Terkena Kanker

Bagaimana bisa donor darah menurunkan resiko terkena kanker? Jadi begini, dengan berdonor, otomatis kita juga mengurangi zat besi yang ada di tubuh kita.

Kadar zat besi yang berlebih, disinyalir merupakan salah satu penyebab meningkatnya radikal bebas dalam tubuh. Radikal bebas inilah yang dapat menjadi penyebab kanker.

3.     Mendeteksi Adanya Penyakit Serius

Jadi…sebelum donor, sobat akan diperiksa kesehatannya. Mulai dari berat, suhu badan, nadi, tekanan darah dan kadar haemoglobin-nya. Selain itu, juga diminta untuk menjalani pemeriksaan darah untuk mendeteksi ada tidaknya penyakit HIV, hepatitis B, hepatitis C, sipilis, dan malaria.

Tujuannya agar jika pendonor memiliki penyakit serius, tidak menulari penerima. Nah serangkaian tes tadi dapat membantu pendonor mendeteksi penyakit serius secara dini jika mungkin ada.

4.     Mencegah Kolesterol

Donor darah rutin akan membuat banyak sel-sel darah merah baru. Alhasil, selnya menjadi lebih segar dan lancar saat bertugas ‘keliling’ di seluruh tubuh kita.

Tentu saja kekentalannya juga lebih bagus. Dengan tingkat kekentalan darah yang bagus, dapat membantu menurunkan kolesterol yang nantinya dapat membuat sumbatan di peredaran darah.

Nah kalau sudah ada sumbatan, muncul kolesterol lalu memicu jadi penyakit jantung. Jadi semua memiliki kaitan kan sob.

5.     Mencegah Penuaan Dini

Berdonor secara teratur diyakini dapat membantu kulit bergenerasi secara sempurna. Kadar zat besi yang berlebih dapat meningkatkan radikal bebas dalam tubuh.

Radikal bebas selain dapat memicu kanker juga menjadi penyebab penuaan dini.

6.     Membantu Menurunkan Berat Badan

Berdonor darah 450 ml ternyata dapat membakar 650 kalori. Jika rutin dilakukan, ditunjang dengan pola hidup sehat dan olahraga teratur, bukan tidak mungkin berat badan akan lebih terjaga dan ideal. Membantu Kesehatan Organ Hati

7.     Menurunkan Resiko Penyakit Jantung

Sebuah penelitian menyebut jika rajin donor darah mampu menurunkan resiko penyakit jantung sebesar 88 %. Pasalnya dengan rajin donor, aliran darah menjadi lebih lancar daripada biasanya.

Artikel Lainnya

Leave a Comment