Home » 9 Kuliner Malam Rekomendasi Di Semarang

9 Kuliner Malam Rekomendasi Di Semarang

by GaleriWisata.id
Galeri Wisata

BERWISATA di malam hari memang sangat menyenangkan. Melihat warna-warni kendaraan yang menyala terang serta destinasi wisata yang selalu terlihat megah dengan lampu malamnya.

Tentu saja wisata malam hari cukup diminati, terutama bagi pengunjung dari luar kota. Banyak pelancong yang ingin menikmati suasana malam di kota yang dikunjunginya.

Maka dari itu Kota Semarang mempunyai destinasi wisata kuliner jalanan yang buka di malam hari, termasuk kuliner malamnya. Penasaran ya, dimana saja wisata kuliner di Semarang yang buka pada malam hari?

Yuk simak ulasan di bawah ini sob.

1. Warung Gudeg Mbak Tum

Galeri Wisata

All Foto by Seputar Semarang

Terkenal dengan nama warung gudeg terenak di Semarang, membuat warung Gudeg Mbak Tum ini tak pernah sepi dari pengunjung dalam kota maupun luar kota. Warung gudeg yang berlokasi di Jalan MT Haryono ini menyediakan menu-menu yang kental akan masakan khas Jawa.

Seperti nasi gudeg kopor, ayam goreng, lontong opor, babat goreng, dan tentunya sambal. Menu andalan disini yaitu nasi gudeg kopor yang dipadukan dengan daging atau urat sapi.

Untuk bisa menikmatinya, kita hanya cukup merogoh kocek sebesar 20k saja untuk satu porsinya. Warung ini selalu ramai sehingga kamu harus rela mengantri dalam memesan makanan, namun untuk penyajiannya terbilang cepat kok jadi rasa laparmu akan terbayarkan segera.

Bergaya lesehan, membuat kita dalam menyantap gudeg semakin nyaman. Warung gudeg ini buka dari pukul 5 sore hingga pukul 3 dini hari.

Tak usah ragu dengan cita rasanya, karena dijamim kamu bakal ketagihan. Bahkan Walikota Semarang Hendrar Prihadi merekomendasikan warung ini sebagai wisata kuliner terenak yang bukan di atas jam 12 malam loh.

2. Warung Semawis

Galeri Wisata

Warung Semawis ini menjadi pusat jajan Semarangan saat wiken tiba. Pasar malam yang hanya buka pada hari Jumat hingga Minggu ini selalu ramai oleh pengunjung.

Buka pada pukul 6 sore hingga 11 malam dengan stan makanan yang berbentuk tenda-tenda. Terdapat berbagai jenis makanan yang dijual disini dari mulai makanan khas Tionghoa dan makanan khas Semarang.

Makanan yang dapat kamu temukan disini antara lain nasi pecel, nasi gudeg, nasi ampela, babat gongso, bakmi jowo, seafood dan makanan tradisional lainnya. Adapun untuk varian kue dan bubur, es puter, steamboat, sate babi Singapore dan masih banyak lagi.

Disini banyak dijual makanan khas Cina yang rata-rata dagingnya berasal dari babi, jadi untuk kamu yang muslim disarankan untuk selalu bertanya terlebih dahulu ya sebelum membeli ya. Tak perlu khawatir jika pasar ini akan ramai oleh kendaraan, karena setiap pasar ini dibuka jalanan akan ditutup. Jadi aman untuk kamu menjelajah tempat penuh makanan ini.

Selamat menikmati sob!

3. Pujasera Simpang Lima

pujasera simpang lima semarang

metrosemarang.com

Pujasera Simpang Lima merupakan stan penjual makanan yang berdiri dari tahun 2012. Stan-stan makanan ini mulai membuka kedai saat waktu menunjukkan pukul 5 sore.

Terdapat sekitar 172 stan makanan disini, makanan yang disajikan pun cukup beragam seperti bakmi goreng, nasi goreng, seafood, gudeg ceker, asem-asem ayam, mie lampung, roti bakar, dan masih banyak yang lainnya. Kawasan ini terletak mengelilingi lapangan Simpang Lima.

Tenang saja harganya juga terbilang cukup murah kok, hanya dengan 10k kita sudah bisa mencicipi hidangan yang berada di kawasan ini. Ada beberapa stan andalan yakni Bakmi Goreng dan Nasi Goreng Bu Lestari, Sop Kaki  dan Sate Kambing Dua Saudara, Wedang Rempah Radja, Nasi Pecel Mbok Sadar, dan Seafood Pak Jari.

Baca juga :  7 Alasan Mengapa Kamu Harus Menyantap Bekrem (Bebek Rempah)

Walaupun terletak di pinggir jalan, kawasan ini sangat terjaga kebersihannya. Terdapat kursi dan meja kayu pada setiap stannya, uniknya setiap stan memiliki cara tersendiri untuk menarik pengunjung seperti memasang plang nama yang dihias dengan unik atau bahkan menggunakan lampu berwarna-warni yang menghias stan.

4. Es Puter Cong Lik

Di malam hari ingin merasakan makanan yang dingin? Bisa banget nih kamu berkunjung ke warung es puter Cong Lik yang berlokasi di Jalan Ahmad Dahlan tepat di seberang Rumah Sakit Telogorejo.

Disini menyediakan 4 varian rasa yaitu durian, alpukat, coklat, dan kelapa muda. Kamu juga bisa memesan dua varian rasa dijadikan satu.

Seperti menu andalan disini yaitu durian alpukat, alpukat coklat, dan durian coklat. Tak hanya itu, terdapat juga toping tambahan lainnya seperti siwalan, agar-agar raksasa, roti, dan kolang-kaling.

Bahan dasarnya pun dibuat dari bahan-bahan alami seperti santan untuk pengganti susu. Jadi kamu akan menemukan rasa yang cukup unik jika mencicipi hidangan ini.

Dengan tekstur yang agak kasar dan cita rasa perpaduan manis semburat asin tentu membuat lidah kita ketagihan. Kamu bisa berkunjung kesini mulai pukul 16.00 hingga 01.00, harganya pun hanya berkisar dari 20k-30k nih sob. Wah murah ya!

5. Nasi Kucing Pak Gik

kucingan pak gik semarang

tripadvisor.co.id

Memulai bisnis dari tahun 1960 warung nasi kucing  Pak Gik sudah mendapat tempat di hati masyarakat. Buka mulai pukul 23.00 hingga 04.00 warung ini selalu ramai pengunjung, biasanya didominasi oleh mahasiswa-mahasiswa atau buruh baru pulang saat tengah malam.

Makanan disini dipasok oleh tetangga-tetangga sekitar, jadi kamu tidak perlu khawatir akan kehabisan. Menunya antara lain nasi kering, nasi babat telur, nasi gurih, dan nasi tahu telur.

Adapun untuk jajanan kecilnya seperti mendoan, pangsit, tahu bakso, tahu petis, pia-pia, dan sate bakso. Yang paling disukai saat berkunjung kesini adalah menikmati tehnya yang kental dan manis, sangat khas sekali menyentuh lidah.

Selain itu, kamu juga bisa memesan wedang jahe, kopi, susu, dan es jeruk. Warung yang berlokasi di Jalan Inspeksi, Sekayu ini sangat terjangkau harga makanannya, yaitu sekitar 500rupiah hingga 5k.

6. Bakmi Jowo Pak Gareng

bakmi jowo pak gareng semarang

negerisendiri.com

Bakmi jowo memang sedap jika dinikmati apalagi saat malam hari tiba. Kuahnya yang kental dan disajikan dalam keadaan panas tentu sangat menggoyang lidah dengan cita rasanya.

Salah satu warung bakmi jowo yang terkenal yaitu Bakmi Jowo Pak Gareng. Terletak di Jalan Wotgandul Dalam 171 yang berdiri sejak tahun 1970.

Karenanya warung ini sudah memiliki nama dihati peminatnya. Warung ini memiliki tiga menu andalan yaitu bakmi nyemek, bakmi rebus, dan bakmi goreng.

Selain itu ada juga makanan lainnya seperti nasi goreng, nasi campur mie, cap cay, bihun kuah, dan bihun goreng. Keunikan dari warung ini ialah masakannya dimasak diatas anglo (tungku dari tanah liat) dan masih menggunakan arang.

Tentu dengan cara yang tradisional ini membuat citarasa dan aroma dari masakan disini sangat khas. Ayam suwir yang digunakan berasal dari ayam kampung, dan telurnya pun bukan dari telur ayam melainkan dari telur itik.

Baca juga :  Front Office Menangi Lomba Instagram Batik Ibis Semarang Simpanglima

Untuk kuahnya sendiri diambil dari kaldu asli ayam kampung jago, jadi sebelum digoreng atau direbus mie akan direndam dulu dikuah kaldu. Wah pantas saja rasanya juara ya sob.

Kamu bisa menikmati kelezatan makanan disini hanya dengan tarif 15k saja nih, dan warung ini buka pukul 11.00 hingga 24.00.

7. Nasi Liwet Bu Sami

nasi liwet bu sami

timejumble.wordpress.com

Di pojokan Mall Matahari Simpang Lima kita akan menemukan warung nasi liwet yang buka hanya pada malam hari. Warung ini bernama warung nasi liwet Bu Sami yang telah berdiri sejak tahun 1975.

Sekilas cara penyajian nasi ini mirip dengan nasi gudeg Jogja, yaitu hidangan yang terdiri dari nasi liwet, krecek (kulit sapi), sayur labu santan kuning dan suwiran ayam diatas nasi. Kamu bisa memilih campuran nasi dengan lauk yang kamu mau seperti telur rebus, pindang telur, tahu, dan tempe.

Tak hanya itu disini juga menyediakan makanan tambahan sate-satean yakni sate telur puyuh, sate rempel ati, sate ceker, dan lain-lain. Warung ini selalu rame dengan pengunjung, selain karena rasanya yang lezat tempatnya pun sangat nyaman.

Dengan mendengarkan lantunan melodi dangdut koplo dan bersantai di suasana tengah malam tentu hati ini tak mau pindah rasanya. Untuk harganya pun terbilang sangat murah yakni mulai dari kisaran 10k saja, warung ini buka mulai pukul 11 malam hingga pukul 6 pagi.

8. Bubur Ayam Pak Giyo

bubur ayam pak giyo

picuki.com

Berbeda dengan bubur ayam lainnya yang buka pagi hari, Pak Giyo ini bukanya justru tengah malam. Menjelang Subuh, ia baru tutup atau jika sudah habis.

Mengambil lapak di Jalan MT Haryono atau tepatnya di depan Java Mall, warung ini selalu laris manis. Ya selain karena enak, juga karena tidak banyak warung makan yang buka setelah tengah malam di Semarang.

Rasanya enak dengan citarasa kuah yang unik dan beda dengan bubur ayam yang pagi hari. Atau memang karena tidak ada saingannya ya, jadi berasa sangat enak hehehee.

Bubur Pak Giyo sudah buka sejak tahun 2002. Selain bubur ayam, ada lontong opor, lontong sayur, bubur sayur, harganya 16K, bubur sayur17K, lontong opor ayam 20K, lontong sayur komplit ayam paha + telor 24K.

9. Tahu Petis Prasojo

tahu petis prasojo

tripadvisor.co.id

Tahu petis Prasojo merupakan pionir dari penjual tahu petis di Semarang yang sudah berjualan sejak tahun 1980. Lapak tahu petis yang berada di kawasan Pujasera Simpanglima ini memiliki cita rasa yang khas daripada tahu petis lainnya.

Jika pada lapak lain petis baru dimasukkan ketika pengunjung membeli, disini berbeda. Petis sudah dimasukkan terlebih dahulu ke dalam tahu sehingga rasa gurih, manis, dan asin bisa bercampur menjadi satu.

Bahan dasar petis ini yaitu dari olahan udang dan cumi yang sudah digiling dan diberi tambahan gula dan garam. Untuk tahunya sendiri memakai tahu pong yang ditengahnya tidak diberi isian jadi cocok untuk diberi petis.

Lapak ini juga menyediakan petis botolan yang bisa kamu bawa pulang sebagai buah tangan. Untuk harganya sendiri cukup 2k saja per buah, disini juga menyediakan gorengan lainnya seperti mendoan, dan pisang goreng.

Lapak ini hanya buka dari pukul 3 sore hingga pukul 1 dini hari.

Nah itu tadi Sobat Galwis, 9 kuliner jalanan yang buka hanya di malam hari hingga dinihari. Jadi kalau kamu merasa kelaparan saat tengah malam, jangan panik, karenanya tentu ada pilihan yang cukup banyak sebagai pengisi perutmu.

Selamat berburu kuliner malam.

(dindaidhy)

Artikel Lainnya

Leave a Comment