Home » 7 Wisata di Jawa Tengah Paling Terkenal dan Terpopuler

7 Wisata di Jawa Tengah Paling Terkenal dan Terpopuler

by GaleriWisata.id
Galeri Wisata

BANYAK tempat yang menarik di Jawa Tengah dan sangat diminati oleh banyak wisatawan. Dari mulai wisata candi, gunung, sungai, hingga kotanya memiliki daya tariknya sendiri.

Cocok banget buat Sobat Galwis yang ingin merasakan wisata-wisata yang punya nuansa berbeda. Nah, kali ini mimin yang unyu akan membagikan sedikit informasi tentang tempat-tempat di Jawa Tengah yang wajib kamu kunjungi.

Yuk simak ulasan 7 wisata di Jawa Tengah paling terkenal dan terpopuler dari mimin ya.

1. Candi Borobudur

Galeri Wisata

Siapa sih yang gak kenal dengan destinasi wisata satu ini? Wisatawan mancanegarapun pasti sudah tidak asing dengan namanya.

Candi Borobudur merupakan salah satu destinasi wisata kebanggaan Indonesia, dan menjadi andalan untuk Jawa Tengah. Candi ini termasuk salah satu dari 7 keajaiban dunia yang ditetapkan oleh Unesco dan merupakan Candi Budha terbesar di dunia.

Terdiri dari 2 juta batu vulkanik, candi ini juga mempunyai relief terbesar dan terlengkap di dunia. Selain keindahannya, terkenalnya candi ini juga disebabkan oleh nilai-nilai religius dan nilai sejarahnya.

Pada saat Waisak tiba, kamu akan melihat berbagai umat Budha yang sedang mengadakan upacara keagamaan dengan pakaiannya yang khas. Tentu ini menjadi salah satu pemandangan yang jarang terjadi di banyak tempat.

Salah satu spot terkenal untuk menikmati Candi Borobudur adalah Punthuk Setumbu. Di sini, Sobat Galwis bisa berburu sunrise dengan latar depan gunung Merapi dan Merbabu, dengan Candi Borobudur di tengahnya.

Beberapa pertunjukan juga sering diadakan di candi yang bersejarah ini, sehingga banyak rombongan baik study tour sering menjadikan kawasan di daerah Magelang ini sebagai salah satu tujuannya.

2. Karimun Jawa

Galeri Wisata

Surganya Pulau Jawa begitulah julukan untuk menggambarkan keindahan Karimun Jawa ini. Disini kamu bisa menjelajahi 27 pulau gugusan dengan keunikannya masing-masing yang sayang jika kamu lewatkan.

Dari pulau-pulau ini kamu dapat menjelajah alam bawah laut, melihat keanekaragaman hayati di dasar laut dari flora dan faunanya, hingga menelusuri kapal karam yang menjadi kapal pengangkut batu bara pada masa Hindia-Belanda. Tak hanya itu, kamu juga bisa menikmati waktu liburanmu dengan merasakan sensasi berada di pulau pasir putih dan mungil yang sering disebut dengan Gosong.

Jika kamu pecinta adrenalin, bisa banget nih kamu memacu adrenalinmu dengan berenang bersama hiu dengan jenis blacktip reef shark. Jika berkesempatan, kamu juga bisa bermain dengan lumba-lumba yang tentu sangat lucu.

Tak hanya itu, di sekitar sini juga terdapat hutan mangrove yang sangat luas dan bisa menjadi tujuanmu untuk melakukan trekking. Spotspot yang terkenal di antaranya Pantai Ujung Gelam, Pantai Bobby, Pulau Menjangan Besar dan Kecil

Jadi tunggu apalagi, kita ke Jepara untuk merasakan semua fasilitas ini yuk sob! Eh juga bisa menyeberang dari Pelabuhan Tanjung Emas atau Pelabuhan Kendal lo gaes.

3. Rawapening

Galeri Wisata

Sumber: www.kulkasgendong.com

Di Jawa Tengah ada sebuah wisata danau yang sangat terkenal akan keindahan alamiahnya yakni danau Rawapening yang berada di Ambarawa. Sesuai namanya, danau ini memiliki air yang sangat jernih dan bening dengan luas sekitar 2.679 ha.

Baca juga :  Revitalisasi Tahap II Kota Lama Mulai Dikerjakan

Kamu bisa berkeliling menjelajahi danau ini dengan perahu yang disewakan dan melihat kehidupan sehari-hari masyarakat sekitar. Dari danau ini kita juga dapat melihat kemegahan dari Gunung Merbabu dan Ungaran.

Memiliki kisah legenda juga menjadi daya tarik dari ramainya pengunjung yang datang, apalagi jika kita ditemani oleh pemandu wisata. Pasti kisah tentang Naga Baru Klinting dan lidi ajaib yang membentuk tempat ini dapat kita ketahui secara jelas.

Spot untuk menikmati destinasi ini di antaranya dari Bukti Cinta Banyubiru, Resto Apung Kampung Rawa dan beberapa titik di daerah Tuntang. Kamu juga bisa berburu milky way di spot ini.

4. Umbul Ponggok

Galeri Wisata

Sumber: www.goodnewsfromindonesia.id

Umbul Ponggok merupakan wahana air pertama di Indonesia yang menawarkan sensasi snorkeling dan diving di kolam mata air yang dingin. Di umbul ini kamu bisa berfoto di bawah air dengan properti-properti yang akan membuat fotomu lebih instagramable.

Berfoto apa kegiatan sehari-hari dengan dikelilingi ikan-ikan yang beraneka warna tentu menjadi foto yang sangat ciamik untuk panen konten. Properti-properti tersebut antara lain aneka bentuk motor, meja, laptop, bahkan sepeda.

Pengelola disini juga menyediakan jasa untuk foto prewedding yang antimainstream, maka dari itu jangan kaget jika berkunjung kesini kamu akan melihat orang dengan gaun, bahkan artis sekalipun. Disini juga disediakan kolam bermain anak yang tentunya dijamin aman.

Karena keindahannya inilah, Umbul Ponggok juga sering disebut dengan Bunaken Van Java. Yuk kita berkunjung kesini sob, hanya 15k saja loh.

5. Dataran Tinggi Dieng

Galeri Wisata

Dataran Tinggi Dieng terletak di Kabupaten Wonosobo dan Banjarnegara. Memiliki ketinggian 2000 mdpl menjadikan kawasan ini memiliki suhu yang dingin, pada siang hari suhu disini sekitar 12-20°C dan pada malam hari bisa mencapai suhu 6-10°C.

Pada saat-saat tertentu terutama di musim kemarau, suhu bisa drop hingga minus. Jadi jangan kaget jika bangun pagi lalu menemukan butir-butir es yang berasal dari embun yang membeku dan sering disebut sebagai embun upas.

Jadi jika berkunjung kesini jangan lupa mengenakan jaket ya sob, agar tidak kedinginan. Pada pagi hari, kamu bisa melihat kabut putih yang menyelimuti bangunan dibawah kawasan ini, sehingga rasanya kamu seperti melihat negeri diatas awan.

Tak hanya itu, berbagai destinasi wisata juga terdapat di kawasan ini seperti Telaga Warna yang airnya bisa berubah menjadi warna merah, biru, hijau, lembayung, dan putih. Aneka candi Hindu dengan kemegahannya, yakni Arjuna, Gatotkaca, Bima dan lain-lain menjadi spot utama tujuan wisatawan.

Ada juga gua dengan suasana mistisnya. Disini juga terdapat kawah yang masih aktif yakni kawah Sikidang, Sinila, Silesi, dan Candradimuka.

Sobat Galwis juga wajib berkunjung ke Dieng Volcanic Theater untuk melihat film tentang kegunungapian atau bisa juga melihat aneka artefak dan peninggalan sejarah serta diorama aktifitas masyarakat sekitar di Museum Dieng Kailasa. Mau berburu sunrise? Jangan khawatir, Dieng adalah surganya.

Baca juga :  Pagelaran Wayang Putri Extravaganza Kalimasada Murca Semarang

Sangat banyak spot-spot untuk memburu fenomena matahari terbit mulai dari Bukit Sikunir, Pakuwaja, Bukit Skooter, Gunung Prau, Gunung Pangonan, Bukit Sidengkeng, Wanawisata Petak 9.

6. Gunung Merapi

Galeri Wisata

Merupakan salah satu gunung aktif di Indonesia yang selalu ramai akan para pengunjung dan menawarkan sejuta keindahannya. Gunung Merapi ini terletak di sebelah utara Kota Jogja.

Banyak pendaki yang sering menghabiskan waktunya untuk berpetualang di gunung ini. Biasanya para pendaki ini sering berburu sunset dan sunrise yang sangat indah jika dilihat dari puncak gunung meski untuk sementara, pendakian ke puncak ditutup.

Tak hanya itu, di area sekitar gunung juga terdapat wisata yang tak kalah kerennya yakni Kinahrejo yang terdapat di lereng selatan, hingga Tuk Pilu (tujuh mata air) dengan kejernihan dan kesegaran airnya. Disini juga terdapat gardu pandang yang bisa kamu manfaatkan untuk sarana berswafoto ala instagramable nih sob.

Terdapat pula kawasan konservasi alam yang mempunyai nama Taman Nasional Gunung Merapi yang sangat sering dijadikan bahan riset dan penelitian.

Akses untuk menikmati destinasi di Gunung Merapi paling terkenal adalah dari Kaliurang dimana di sana banyak tersedia operator Lava Tour (tur dengan jip ke lereng Merapi), juga bisa dinikmati dari Ketep Pass di Magelang.

Jadi tunggu apalagi? Yuk bersama-sama kita mendaki gunung yang indah ini, tapi tetep hati-hati dan jaga kebersihan ya sob!

7. Candi Prambanan

Galeri Wisata

Candi Prambanan menjadi salah satu wisata di Jawa Tengah yang wajib kamu kunjungi, dan juga dekat dengan Jogja. Candi ini merupakan Candi Hindu, bahkan menjadi yang terbesar di Indonesia dan menjadi yang tercantik se-Asia Tenggara.

Candi ini dibangun untuk menghormati Tri Murti atau yang lebih dikenal dengan tiga dewa utama dalam agama Hindu yakni Dewa Brahmana, Dewa Siwa, dan Dewa Wisnu. Prambanan menyimpan legenda kisah cinta Roro Jonggrang dan Bandung Bondowoso yang disuruh membuat seribu candi dalam semalam.

Arsitektur bangunan ini sangatlah indah dan menjulang tinggi layaknya Gunung Mahameru (tempat bersemayam para dewa dan dewi). Di tepi candinya pun kita dapat melihat relief-relief yang menceritakan kisah Ramayana.

Di saat purnama, ada suatu kesenian yang sering diadakan di kawasan candi ini yakni Sendratari Ramayana. Tentu sensasinya berbeda menikmati suguhan seni di bawah temaram sinar bulan dipadu dengan kerlap kerlip lampu yang indah.

Di sekitar Prambanan juga banyak terdapat candi-candi kecil yang juga sarat sejarah masa lampau seperti Istana Ratu Boko, Candi Sojiwan, Candi Gebang, Kalasan, Plaosan dan belasan candi lainnya baik masuk wilayah Jateng maupun DIY. Nah, itu dia informasi dari minGal tentang destinasi wisata di Jawa Tengah paling terkenal dan terpopuler yang wajib kamu kunjungi.

Selain itu, masih banyak lagi tempat di provinsi ini yang tak kalah indahnya. Masyarakat disini juga terkenal sangat ramah loh, jadi kapan nih kita liburan bareng? Yuk mimin tunggu ya.

Happy vacation sob! (Dindaidhy)

Artikel Lainnya

Leave a Comment