Home » 7 Venue Konser Musik di Semarang

7 Venue Konser Musik di Semarang

by GaleriWisata.id
Galeri Wisata
EVENT musik di Kota Semarang memang tak sebanyak di kota lain seperti Jakarta, Surabaya, Medan ataupun Bandung. Bahkan hampir selalu, Semarang hanya dilintasi ketika ada rangkaian even musik besar.
Wajar memang. Apalagi di kota ini memang belum ada venue besar dan luas untuk keperluan exhibition atau konser musik yang menghadirkan ribuan penonton.
Jikapun ada, jumlahnya juga tak seberapa. Pun kapasitasnya juga tak seluas dan selebar Istora Senayan, ICE BSD atau JIExpo Kemayoran.
Namun demikian, tetap harus ada venue untuk menggelar konser musik. Jika tidak, tentu tak ada perhelatan musik di Kota Semarang.
Nah berikut 7 venue yang sering dan biasa digunakan untuk menggelar konser musik di Kota Loenpia ini yang tentu saja memiliki kapasitas ribuan penonton:

1. Lapangan Pancasila Simpanglima

Lapangan Pancasila Simpanglima adalah lapangan terbesar di Kota Semarang. Letaknya juga strategis di tengah kota.

Lapangan ini paling sering dimanfaatkan untuk menggelar konser musik dan acara-cara lain yang melibatkan ribuan orang. Namun seiring dengan tingkat kerusakan serta upaya perbaikan dari Pemkot Semarang, lapangan ini kini dilarang digunakan untuk konser musik umum.

Konser musik diperbolehkan jika memang menjadi bagian dari acara resmi kedinasan dari Pemkot maupun Pemprov Jateng. Seperti halnya konser Slank dalam acara Apel Kebangsaan awal tahun 2019.

Pihak swasta sebenarnya bisa juga menggunakan lapangan ini dengan syarat bersedia memperbaiki kerusakan taman dan rumput lapangan. Dengan kata lain, mereka harus membayar retribusi sekurangnya Rp200 juta sesuai dengan Perda yang berlaku.

Tertarik?

2. Kompleks PRPP

Kompleks PRPP di sisi utara Kota Semarang sebenarnya adalah lokasi paling bagus untuk menggelar konser musik. Venue yang luas, area parkir yang juga dapat menampung ribuan kendaraan adalah tempat paling ideal.

Baca juga :  Tuyul, Zombie, Vampire di Halloween Zumba Party Best Western Premier Solo Baru

Harga sewanya juga tidak terlalu mahal. Selain itu, lokasi ini juga rutin menggelar konser terutama saat event Jateng Fair berlangsung di pertengahan tahun.

Dan karena berada di ujung, tingkat ke-crowded-an, pra dan pasca event berlangsung dapat ditekan, kemacetan panjang juga dapat diminimalisasi. Namun demikian, aksesnya cukup jauh dibanding lokasi konser lainnya.

Soal kapasitas penonton, tidak perlu diragukan lagi.

3. Stadion Diponegoro

Letaknya ada di tengah kota, tidak jauh dari Simpanglima. Venue-nya juga terlokasir dengan baik karena ada bangunan stadion mengelilingi panggung utama dan hanya ada 1 pintu masuk.

Jadi, penonton dapat berdiri di depan panggung, atau memilih duduk di tribun stadion. Ketersediaan kantong parkir juga mencukupi meski tidak sebanyak lokasi lainnya.

Kapasitas OK, tapi sobat harus menyediakan pawang hujan jika hendak menggunakan venue yang satu ini.

4. UTC Hotel

Kehadiran UTC Hotel yang memiliki ballroom luas, sangat membantu kebutuhan MICE di Kota Semarang. Kapasitas penonton 3-5 ribu orang, tentu bisa dibilang sangat cukup.

Area parkirnya juga luas. Terakhir, venue ini digunakan untuk pentas Anji dengan jumlah penonton sekitar 3.000 orang.

Lokasinya juga tidak terlalu jauh dari pusat kota. Karena berada dalam ruangan, tentu saja tidak perlu disiapkan pawang hujan seperti venue outdoor lainnya.

5. Lapangan Garnisun

Sudah beberapa tahun terakhir atau sejak diperbaiki kondisi rumputnya, lapangan ini jarang digunakan untuk konser musik. Terakhir, lapangan digunakan untuk pentas sirkus di pertengahan tahun 2018 lalu.

Artikel Lainnya

Leave a Comment