Home » 7 Keindahan Wisata Tersembunyi di Wonogiri

7 Keindahan Wisata Tersembunyi di Wonogiri

by galeriwisata.id
Waduk Gajahmungkur Wonogiri
WONOGIRI adalah salah satu kabupaten yang berada di Jawa Tengah. Ia berbatasan langsung dengan Laut Selatan sehingga tentu memiliki pesona pantai selain pemandangan gunung dan lanskap lainnya.
Wonogiri memang selama ini lebih banyak dikenal karena keberadaan Waduk Gajahmungkur. Namun ternyata, masih banyak destinasi lain yang tak kalah indah dibanding tempat ini.
Banyak panorama indah yang tersembunyi disini yang minGal bakal rekomendasiin ke para Sobat Galwis. Mau tau apa aja tempat wisata di Wonogiri yang wajib kamu kunjungi?
Ini dia 7 keindahan wisata tersembunyi di Wonogiri.

Puncak Joglo

Puncak Joglo Wonogiri

Sumber: IG @aris.setya

Bagi Sobat Galwis yang suka menikmati keindahan senja kamu bisa datang ke Puncak Joglo yang terletak di Desa Sendang. Puncak Joglo merupakan sebuah landasan pacu untuk paralayang sehingga kamu bisa menyaksikan secara langsung aktivitas atlet paralayang yang melayang di udara.
Dinamakan Puncak Joglo karena jika dilihat dari kejauhan, bangunannya tampak seperti joglo. Panorama utama di Puncak Joglo adalah Waduk Gajah Mungkur yang terlihat begitu luas dari ketinggian.

Grojogan Selondo

Grojogan Selondo Wonogiri

Sumber: IG @wonogirikita

Grojogan Selondo merupakan sebuah air terjun dengan ukuran tidak terlalu tinggi, namun memiliki keunikan tersendiri, yaitu terletak di sebuah ceruk di antara tebing batu yang eksotis. Di bagian bawahnya terdapat dua kolam kecil dan sungai, dengan air yang begitu segar.

Air terjun ini berada di Desa Bakalan, Kecamatan Purwantoro.

Pantai Karang Payung

Pantai karangpayung Wonogiri

Sumber: IG @seputar_wonogiri

Pantai Karang Payung ini berada di Desa Gunturharjo, Kecamatan Paranggupito. Pantai ini merupakan pantai yang masih steril dari manusia, loh alias masih sepi!

Baca juga :  Di Ranah Minang, Tak Lelah Mata Memandang

Tidak banyak yang tahu soal keberadaan pantai ini. Jadi cocok banget buat kamu yang pengen melepaskan kegalauan di pantai dengan suasana yang sunyi dan syahdu.

Bukit Cumbri

Bukit Cumbri Wonogiri

Sumber: IG @bukit_cumbri

Sebuah perbukitan dengan pemandangan yang kaya di mana lagi kalau bukan di Desa Kepyar, Kecamatan Purwantoro. Kala pagi, angin bukit bertiup sangat kencang hingga kabut naik ke atas.

Sunrise dan sunset disana menggambarkan pesona yang tiada tara. Ada yang bilang pemandangan Bukit Cumbri mirip Chocolate Hills di negeri tetangga, namun tentunya setiap tempat memiliki keunikannya sendiri.

Telaga Claket

Telaga Claket Wonogiri

Sumber: IG @soloinfo

Telaga Claket menjadi salah satu objek wisata di Wonogiri yang punya keunikan sendiri. Letaknya tidak jauh dari Kota Wonogiri, yakni di Desa Sendangijo, Kecamatan Selogiri.

Disana kamu akan disajikan bunga warna-warni selain itu, beberapa spot foto juga telah disediakan seperti dek yang dihias dengan ornamen menarik berlatar belakang telaga dan Bukit Widodaren.

Tak hanya spot foto, ada pula beberapa gazebo untuk beristirahat dan menikmati pemandangan dan suasana.

Goa Putri Kencono

Goa Putri Kencono Wonogiri

Sumber: IG @ahmadbudiheriyanto

Jika kamu tertarik untuk melakukan jelajah goa, terdapat Goa Putri Kencono di daerah Pracimantoro Wonogiri sebagai destinasi wisata nih sob. Goa ini memiliki keindahan stalaktit dan stalakmit yang masih aktif.

Bentuknya pun beragam, ada yang berbentuk mirip candi, taring atau gigi binatang serta gapura. Kamu bisa melihat tetesan air yang menjalar di dinding-dinding goa ataupun di stalaktit dan stalakmitnya.

Sebagai bekal dan tips, kamu juga harus mematuhi aturan yang ada, demi kebaikan dan keselamatan bersama.

Pantai Klotok

Pantai Klotok Wonogiri

Sumber: IG @seputar_wonogiri

Pantai dengan pemandangan eksotis di antara perbukitan ini menawarkan suasana liburan yang menenangkan. Pantai Klotok berlokasi di Desa Paranggupito, Kecamatan Paranggupito. Ditemani deburan ombak kamu juga bisa berswafoto di photobooth dan jajan di warung pinggir pantai.

Baca juga :  Pengantin Semarangan Dinobatkan Sebagai Kekayaan Budaya Nonbenda
Nah itu tadi sob, 7 keindahan wisata tersembunyi yang ada di Kabupaten Wongori, kabupaten paling ujung selatan di Provinsi Jawa Tengah. Sempatkan untuk mampir di 7 destinasi tersebut, sekaligus menikmati keindahannya.
Tapi jangan lupa, tetap jaga prokes dan jangan buang sampah sembarangan. Yukk gasss sob

 

 

Artikel Lainnya

Leave a Comment