Home » 7 Hal Menarik Tentang Curug Panglebur Gongso Yang Wajib Kamu Ketahui

7 Hal Menarik Tentang Curug Panglebur Gongso Yang Wajib Kamu Ketahui

by GaleriWisata.id
Galeri Wisata

NAMA Curug Penglebur Gongso mungkin tidak setenar Curug Lawe atau Curug Benowo. Namun keindahan dan keunikannya, tidak kalah.

Berada di Kecamatan Limbangan, Kabupaten Kendal, lokasinya memang di kaki Gunung Ungaran. Dapat ditempuh dari jalur Gedongsongo ke arah Limbangan atau bisa ambil dari arah Boja ke Limbangan.

Nantinya akan ada papan nama penunjuk ke arah curug. Jalan masuknyapun tidak terlalu jauh dan cukup baik.

Hanya dengan HTM 3K, kamu sudah bisa menikmati keindahan alam luar biasa ini. Dan berikut 7 hal unik yang wajib kamu ketahui tentang Curug Panglebur Gongso:

Ketinggian 7 meter

Ketinggian curug Panglebur Gongso memang hanya 7 meter. Namun dibalik itu, tersimpan keindahan air terjun.

Cocok buat foto-foto landscape dengan obyek cantik dan seksi. Namun meski ketinggiannya cocok untuk melompat dari atas tebing, tapi hal ini tidak direkomendasikan.

Dengan menggunakan speed rendah, pastikan hasil foto aliran airnya seperti kapas. Halus dan terlihat derai butirannya.

Jejak kaki di atas batu

Sebuah batu besar di bawah grojokan, terdapat sebuah jejak kaki. Warga percaya, ini adalah jejak kaki Aditya Kumbakarna.

Ia adalah salah seorang tokoh dalam pewayangan yang berwujud raksasa namun berhati ksatria. Untuk melebur dosanya saat membela negaranya Alengka, ia dipercaya bertapa di tempat ini.

Meski mungkin hanya mitos atau legenda, namun tidak ada salahnya menghormati kepercayaan ini. Tentu saja kamu tidak diperkenankan bersikap sombong atau takabur saat berwisata demi menjaga harmonisasi alam.

Goa 100 meter

Di sebelah kanan air terjun, terdapat sebuah goa. Kedalamannya sekitar 100 meter.

Baca juga :  10 Air Terjun Indah, Cantik dan Unik di Sekitar Semarang

Menariknya, warga percaya bahwa goa ini tembus ke Masjid Demak. Benar atau tidaknya, belum ada yang mencoba membuktikannya?

Tertarik melakukan caving? Jangan lupa untuk tetap berhati-hati dan meminta izin dari warga dan pengelola ya.

Kolam berwarna hijau kebiruan

Kolam ini berada persis di bawah air terjun. Dari kejauhan warnanya biru kehijauan dan sangat menggoda digunakan untuk berenang.

Meski memang diperkenankan berenang di sini, namun kamu tetap harus berhati-hati ya sob. Ya selain banyak batu di sekitarnya, kedalaman air di sini sekitar 50 Cm hingga 2 meter.

Jika memang belum mahir berenang, mending main air keceh di pinggiran saja.

Suasana asri dan segar

Namanya juga di kaki gunung. Suasana asri, udara sejuk dengan pemandangan hijau segar terpampang selama perjalanan menuju curug.

Alam yang masih asri, tentu akan menyegarkan paru-paru kita. Membersihkan sisa-sisa polusi udara yang menghinggapi kita sehari-hari.

Pemandangan alam hijau

Kebun teh dan kebun kopi serta areal persawahan warga terhampar memanjakan mata. Cocok untuk membersihkan polusi mata daripada hanya memandang gedung-gedung bertingkat di tengah kota.

Jangan lupa arahkan lensa kameramu untuk menambah stock foto berwarna hijau segar.

Fasilitas komplit

Meski berada di kaki gunung, namun fasilitas cukup lengkap tersedia di area curug. Ada tempat parkir luar untuk mobil dan sepeda motor, mushola, toilet dan juga warung-warung untuk melepas penat.

Sobat Galwis tidak perlu khawatir kelaparan atau kehausan. Semua sudah tersedia, namun jangan lupa membuang sampah sisa makanan dan minuman ke tempat sampah agar keindahan alam tetap terjaga sehingga anak cucu kita tetap bisa menikmati keindahan curug ini kelak.

Nah, udah paket komplit kan sob. Segera siapkan fisik dan perbekalan yang diperlukan untuk melakukan hiking ke Curug Panglebur Gongso.

Baca juga :  7 Hal Asyik Ini Bisa Kamu Lakukan Saat Piknik di Grand Maerakaca

Nikmati waktu menyatu dengan alam dan manfaatkan momen bersama teman. Selamat berlibur sob. (Dindaidhy)

Artikel Lainnya

Leave a Comment