Home » 7 Hal Asyik Ini Bisa Kamu Lakukan Saat Piknik di Grand Maerakaca

7 Hal Asyik Ini Bisa Kamu Lakukan Saat Piknik di Grand Maerakaca

by GaleriWisata.id
Galeri Wisata
NAMA Puri Maerakaca dulu sempat booming di tahun 90-an. Seiring dengan keberadaan taman mini Jawa Tengah di venue ini.
Di sini, kita bisa ketemu dengan aneka rupa rumah-rumah adat dan budaya dari seluruh daerah di Jateng. Ya memang konsepnya mirip dengan Taman Mini Indonesia Indah (TMII) di Jakarta, hanya saja lingkup Maerakaca lebih kecil karena hanya se-Jawa Tengah.
Seiring dengan perkembangan zaman pula, tingkat kunjungannya juga merosot. Ketiadaan inovasi dan kreasi membuat Maerakaca hanya jadi semacam monumen rumah adat.
Namun, beberapa tahun terakhir, manajemen bekerja keras melahirkan inovasi sesuai kebutuhan dan keinginan generasi milenial. Dan jadilah Grand Maerakaca yang memiliki banyak spot cantik untuk piknik.
Berikut 7 hal asyik yang bisa sobat dapetin saat piknik di Grand Maerakaca. Oh ya, harga tiket masuknya hanya 10K lo sob..

Trekking Mangrove

Galeri Wisata

Keberadaan pathways sea walk menjadikan acara susur mangrove-mu semakin asyik. Jembatan bambu sepanjang ratusan meter disusun rapi jali, cucok lombok buat spot foto.

Mau sendirian atau ramai-ramai, semuanya asyik. Mau berfoto di pinggir jembatan bambu atau berlatar mangrove, tetep seru.

Berperahu di Miniatur Laut Jawa

Galeri Wisata

Ada beberapa pilihan untuk menyusuri miniatur Laut Jawa. Oh ya patut dicatat Sobat Galwis, peta wahana di Grand Maerakaca ini dibuat mirip dengan peta Jawa Tengah, begitu pula dengan letak anjungan-anjungannya, serupa.

Miniatur Laut Jawa juga tentunya berada di sisi utara. Membentang dari anjungan Rembang hingga Tegal.

Untuk menyusurinya, sobat bisa memanfaatkan perahu yang bisa digunakan bersama-sama pengunjung lain. Sesekali, bandeng terbang atau meloncat dari air juga akan menjadi atraksi menarik.

Sementara untuk perahu individual, bisa disewa di dekat Cafe Jembatan, begitu pula dengan becak air. Aman kok, ‘lautnya’ tidak dalam hanya sekitar 1 meter, jauh lebih dalam rasamu ke dia hihi…

Baca juga :  Wiken, Bingung Mau Kemana? Yuk ke Semarang Djadoel Mantoel di Grand Maerakaca

Menemukan Spot Foto di Rumah Adat

Keberadaan 35 rumah adat yang menjadi anjungan masing-masing daerah dari seluruh Jateng, juga menjadi keunggulan dari Grand Maerakaca yang tidak dapat dijumpai di tempat lain. Yang paling favorit adalah rumah adat Kudus yang penuh dengan ukiran dari kayu jati.

Begitu pula dermaga apung Rembang atau mini plaza Blora yang sudah dipugar. Begitu pula gapura bambu di pintu masuk, juga dapat menjadi spot foto asyik.

Malem Minggon @Maerakaca (M2M)

Meski hanya digelar secara periodik setiap malam Minggu, namun event ini banyak dinantikan muda mudi. M2M memang dihadirkan untuk mengakomodir anak-anak muda dalam menghabiskan malam panjang bersama rekan atau kekasih.

Ditunjang dengan live music, kuliner serta landscape miniatur Laut Jawa yang sudah ditimpa cahaya warna-warni menjadikannya event bermutu. Sobat harus menjajal menghabiskan malam Minggu di sini.

Selain M2M, event periodik lainnya adalah Padmajata (Water Lantern Festival). Di sini, akan dilarung ribuan lampion air yang akan mengubah miniatur Laut Jawa menjadi lautan cahaya kemambang.

Memburu Sunset

Galeri Wisata

Spot terbaik untuk memburu fenomena matahari tenggelam, ada di ujung utara Grand Maerakaca. Melintaslah di Cafe Jembatan lalu bergegas menuju ujung pesisir.

Artikel Lainnya

Leave a Comment