Home » 7 Destinasi Wisata di Purbalingga Paling Hits dan Terkenal

7 Destinasi Wisata di Purbalingga Paling Hits dan Terkenal

by GaleriWisata.id
Galeri Wisata

PURBALINGGA merupakan salah satu kota yang termasuk dalam wilayah Provinsi Jawa Tengah. Bak petualang sejati, kita dapat menemukan beragam destinasi wisata yang sangat menarik disini.

Dari mulai wisata alam hingga wisata kotanya memiliki daya tarik tersendiri dan tidak kalah dengan kota-kota besar lainnya. Maka dari itu, Kota Purbalingga kerap dijadikan sebagai tujuan berlibur oleh para wisatawan, baik itu lokal maupun mancanegara.

Nah, penasaran kan wisata apa aja sih yang bisa kita kunjungi di Purbalingga? Yuk, kita simak ulasannya.

1. Situ Tirta Marta

Galeri Wisata

Kalau di Klaten ada Umbul Ponggok, di Purbalingga ada Situ Tirta Marta. Dua-duanya menawarkan sensasi menyelam di kolam air tawar dengan dihias spot-spot instagramable yang kaya konten.

Menawarkan keindahan dan ciri khas dari Purbalingga yang masih kaya air alamnya, tempat ini menjadi salah satu wisata yang sangat terkenal dan selalu ramai akan pengunjung. Situ Tirta Marta merupakan sebuah tempat pemandian umum yang saat ini telah disulap menjadi suatu kolam yang sangat indah.

Uniknya air di kolam ini sangatlah bening hingga terlihat dasarnya, kebayang kan sob bagaimana jernihnya air disini. Jika kamu berkunjung kesini, kamu harus menyiapkan kamera bawah air, karena didasar kolam ini dihias dengan diberi aksesoris agar menjadi spot foto yang unik dan instagramable.

Spot foto unik tersebut dengan adanya motor bawah air, tenda, bahkan terdapat juga TV komplit dengan game play station. Tak hanya spot dasar air saja yang ditawarkan di wisata ini, ada juga permainan outbound seperti flying fox.

Tiket masuk ke wisata yang berada di lereng Gunung Slamet ini juga sangat murah, yakni hanya 5k saja.

2. Owabong Water Park

Galeri Wisata

Sumber: www.owabong.co.id

Wisata yang terkenal selanjutnya adalah Owabong Water Park yang berada di Bojongsari. Dengan tiket masuk sekitar 25k, kamu sudah bisa merasakan semua wahana permainan air yang tersedia disini.

Berbagai macam permainan air yang menantang adrenalin sudah siap menunggumu. Seperti psicoboloc, sebuah arena panjat dinding tanpa tali yang berada di atas kolam.

Ada juga sebuah permainan dimana nantinya kamu akan diayun-ayunkan terlebih dahulu lalu nantinya kamu akan terjun bebas ke dalam air, permainan ini disebut dengan Russian Swing Flip. Permainan lain yang tak kalah menarik adalah peluncuran capsule, torpedo, spiral, istana air, waterball, kolam arus, dan kolam bebas tsunami.

Wisata ini berlaku untuk semua umur, untuk anak kecil disediakan kolam permainan ember tumpah setiap 4 menit sekali. Disini kamu juga bisa ber-snokeling dan bermain bersama ikan terbesar di Amazon, Arapaima Gigas.

Tak hanya permainan air, di Owabong juga terdapat teater 4D, Go-kart, perahu mbejujag, terapi ikan, dan terapi air hangat. Pokoknya komplit banget deh sob!

3. Curug Nini

Galeri Wisata

Sumber: www.idntrip.com

Salah satu tempat wisata terkenal di Purbalingga adalah Curug Nini. Curug ini menjadi salah satu hulu Sungai Pengen yang dijadikan sebagai objek wisata karena keindahannya.

Baca juga :  4 Taman Kelinci di Semarang dan Sekitarnya

Berbeda dengan air terjun lainnya yang memiliki ketinggian sekitar 30 meter, ketinggian curug ini hanya 10 meter saja. Walaupun kecil, tetapi itulah yang menjadi daya tarik tersendiri untuk para wisatawan.

Keindahan dari tempat ini terlihat dari banyaknya pepohonan rimbun yang mengelilingi air terjun, bahkan jika kami berkunjung pada musim bunga, kamu akan melihat indahnya bunga-bunga yang bermekaran di sekitar air terjun. Tak hanya itu terdapat tebing yang kerap kali dijadikan sebagai free cliff jumping oleh para pengunjung.

Kolam air disini pun juga masih sangat jernih dan alami, dan tentu saja aman karena tidak ada batu besar di sekitar kolam. Dengan hanya merogoh kocek 5k saja, kamu sudah bisa menikmati keindahan alam di curug ini dan tentu saja berswafoto sambil berantai bersama orang-orang tersayang.

4. Jembatan Cinta Pring Wulung

Galeri Wisata

Sumber: www.seringjalan.com

Di Kecamatan Rembang, terdapat sebuah destinasi wisata yang sangat terkenal dan menjadi wisata andalan dari Kota Purbalingga. Destinasi wisata itu adalah Jembatan Cinta Pring Wulung, seperti namanya, jembatan ini berbentuk cinta dan terbuat dari bambu (pring).

Di sekeliling jembatan kita akan dapat melihat hamparan hijau dari sawah dan punggung bukit yang sangat memanjakan mata. Selain itu udara disini masih sangat alami dan bebas dari polusi, cocok banget untuk kamu yang ingin relaksasi pernafasan untuk sebentar saja.

Di tengah jembatan juga terdapat air mancur yang bersih dan sangat terjaga. Jika kamu ingin melakukan terapi, disini juga disediakan kok, ada dua kolam ikan yang bisa kamu manfaatkan nih sob tanpa dipungut biaya tambahan.

Cukup dengan 5k saja kamu sudah bisa menikmati semua fasilitas di tempat wisata ini. Jadi, tunggu apalagi?

Yuk buruan kita kunjungi tempat yang bernuansa romantis ini sob. Jangan lupa bawa pasangan, hihi.

5. Curug Tempuran

Galeri Wisata

Sumber: www.wisatapurbalinggauhuy.blogspot.com

Curug Tempuran juga menjadi salah satu wisata yang sangat terkenal dan favorit di Purbalingga. Banyak masyarakat dari daerah dan masyarakat luar yang berkunjung, apalagi saat musim liburan tiba.

Air dari air terjun ini sangatlah segar sehingga menarik pengunjung untuk berenang dibawahnya. Keunikan dari tempat ini adalah adanya lubang kecil yang dialiri air pada bagian kolam dibawah air terjun.

Walaupun begitu, jika kamu belum pandai berenang jangan coba-coba untuk terlalu dekat dengan air terjun ini. Karena menurut informasi, kolam dibawah air terjun ini cukup dalam.

Keunikan lainnya dapat kita lihat di sisi kanan air terjun, terdapat banyak sumber mata air kecil yang membasahi dinding tebing. Tebing disini pun diselimuti oleh tumbuhan gantung yang tentu saja menambah keindahan dari tempat ini.

Baca juga :  Indahnya Curug Semirang dan Kolam Renang di Tengah Hutan Pinus Alami

Tempat ini cocok sekali untuk kamu yang ingin relaksasi, apalagi di kolamnya kita dapat melihat banyak sekali ikan. Maka dari itu, tak jarang kita akan melihat masyarakat sekitar yang memancing di area kolam.

Tiket masuknya pun sangat murah hanya 3k saja nih sob.

6. Taman Wisata Pendidikan Purbasari Pancuran Mas

Galeri Wisata

Sumber: www.visitpurbalingga.com

Terletak di Jalan Purbayasa terdapat sebuah wisata yang sangat terkenal, bahkan wisata ini pernah menjadi pemenang dari Indonesia Sustainable Tourism Award (ISTA) 2018 oleh Kementerian Pariwisata. Pasalnya, Taman Wisata Pendidikan Purbasari Pancuran Mas ini mempunyai banyak sekali wahana permainan yang sangat edukatif.

Seperti River World yang didalamnya terdapat sekitar 200 jenis ikan air tawar, ada Arapaima Gigas, Piranha, laba-laba Amazon, dan masih banyak ikan lainnya. Kita juga bisa melihat diorama hewan yang berisi awetan dari hewan-hewan yang telah mati seperti penyu berukuran raksasa, tupai pohon, musang, dan ikan buntal.

Wahana yang menjadi idaman lainnya adalah Istana Burung yang berisi sekitar 75 jenis burung dari merak, elang laut, hingga lady peasant. Tak hanya itu, wahana lain yang dapat kita kunjungi ketika berada di kawasan ini adalah tempat konservasi rusa, Planet Aquarium Toyoshuka, taman bermain, waterboom, kolam renang, dan kita juga bisa menyelusuri telaga fulus dengan sepeda air, perahu dayung, kano, dan speedboat.

Fasilitas disini pun juga sangat memadai seperti adanya camping ground, homestay, dan night made yang menyajikan seni Lengger khas Banyumasan. Untuk tiket masuk wisata ini hanya 21k saja loh, dengan wahana yang lengkap ini tentu gak akan menyesal ya sob.

7. Igir Wringin

 

Galeri Wisata

Sumber: www.makintau.com

Igir Wringin adalah salah satu bukit di Purbalingga yang dijadikan destinasi wisata, bahkan menjadi salah satu destinasi wisata yang terkenal dan mengundang banyak wisatawan. Bukit ini memiliki ketinggian 640 mdpl, maka dari itu jika kamu kesini kamu harus mempunyai fisik yang kuat dan sehat.

Karena jalan untuk mencapai puncak bukit ini sangat menanjak dengan kemiringan 60° bahkan di beberapa titik mencapai 90°. Namun, tenang saja pengelola setempat juga menyediakan dua pos untuk tempat beristirahat sejenak sebelum melanjutkan perjalanan.

Dengan merogoh kocek hanya 5k saja, kamu sudah bisa menikmati pemandangan seluruh Kota Purbalingga yang indah dari puncak bukit ini. Hamparan hijau dengan bangunan-bangunan kota, akan memanjakan penglihatanmu ditemani semilir angin yang sejuk dan menyegarkan.

Disini juga terdapat gardu pandang dan rumah pohon yang bisa kamu naiki untuk berswafoto.

Jadi itulah beberapa rekomendasi destinasi wisata di Purbalingga yang harus kamu kunjungi. Masih banyak lagi kok tempat lainnya yang tidak kalah keren, jadi yuk sama-sama kita berkeliling di Kota Purbalingga.

Happy Vacation sob! (Dindaidhy)

Artikel Lainnya

Leave a Comment