Home » 6 Destinasi Eksotis Sumba yang Wajib Kamu Kunjungi Jika ke NTT

6 Destinasi Eksotis Sumba yang Wajib Kamu Kunjungi Jika ke NTT

by galeriwisata.id
Bukit Warinding Sumba
INDONESIA punya banyak tempat wisata menarik untuk dikunjungi para wisatawan.  Tidak sekedar untuk dolan, namun juga eksplor budaya, keindahan alam dan juga kulinernya yang kaya.
Salah satunya adalah Sumba. Nah siapa di antara Sobat Galwis yang belum tahu Sumba?
Sumba adalah sebuah daerah yang berada di Nusa Tenggara Timur (NTT). Pulau Sumba ini memiliki eksotisme luar biasa dan mulai banyak dilirik wisatawan mancanegara karena belum terlalu banyak diekspose.
Untuk rutenya, kamu bisa menempuh perjalanan menggunakan pesawat dari Jakarta (6 jam) atau dari Surabaya menuju Bandara Umbu Mehang Kunda di Waingapu (4 jam). Semua penerbangan akan transit di Bandara El Tari Kupang lebih dulu.
Pulau Sumba ini memang menjadi pulau impian untuk setiap orang yang suka petualangan. Semua destinasinya komplit mulai dari destinasi laut, pantai, budaya serta sabana yang luas.
Dan berikut, 6 destinasi eksotis di Sumba NTT yang wajib kamu kunjungi.

Kuda Sandel

Kuda Sandel Sumba

Sumber: www.mongabay.co.id

Kuda Sandel menjadi salah satu daya tarik bagi wisatawan lokal maupun mancanegara. Kuda ini memiliki postur yang lebih pendek daripada ras kuda yang ada di Australia maupun Amerika.

Meski demikian, kuda sandel merupakan kuda pacu yang sering ditunggangi di Sumba. Kamu akan merasakan hipnotisme saat menaiki kuda ini, menjelajah sabana Sumba yang luas.

The Great Warinding Hill

Bukit Warinding Sumba

Sumber: IG @emerenciaudy

Deretan bukit yang dilapisi oleh rerumputan menjadikan Warinding Hill menjadi salah satu tempat yang populer banget di kalangan wisatawan. Memang sejenak, tampilan bukit-bukit ini akan mengingatkan kita dengan serial Teletubies.

Baca juga :  Ayo ke Desa Wisata Lerep yang Kaya Budaya dan Indah Alamnya

Eksotisme The Great Warinding Hill ini juga diperkuat dengan spot berburu sunset yang ciamik banget. Jadi pastiin ya sob, kalau kamu ke Sumba, harus mampir kesini!

Pantai Walakiri

Pantai Walakiri Sumba

Sumber: IG @ayuliqui

Salah satu pantai yang menjadi tempat favorite bagi para wisatawan adalah Pantai Walakiri. Lokasinya ada di Kabupaten Sumba Timur dan berjarak 17 Km dari Bandara Umbu Mehan Kunda atau sekitar 20 menit perjalanan.

Pantai ini menjadi impian karena keberadaan spot sunset yang sangat indah. Apalagi diperkuat dengan bentangan pohon bakau sepanjang garis pantai.

Pohon bakau kerdil dengan kondisi pantai yang surut, sangat instagramable banget untuk memenuhi konten foto videomu.

Waimarang Waterfall

Waimarang Waterfall

Sumber: IG @alymaharani

Air Terjun Waimarang adalah air terjun tercantik yang ada di Sumba. Daya tarik utamanya adalah kolam air yang membentang seputaran air terjun dengan kondisi air yang masih sangat jernih dan biru.

Lokasinya dikelilingi oleh bebatuan kapur yang menjadikan sensasi berenang disini bagaikan adegan dalam film Indana Jones. Meski demikian, butuh perjuangan ekstra keras untuk mencapai Waimarang karena lokasinya yang tersembunyi.

Mendaki bukit kapur, tanpa penunjuk jalan dan wajib bertanya ke penduduk lokal atau membawa pemandu agar tidak tersesat. Itulah cerita yang akan kamu bagikan sepulang dari menikmati keindahan air terjun ini.

Dan itu jelas terbayar dengan semua keindahan yang disajikan Waimarang. Lokasi ada di Ngaru Kanoru, Umalulu, Sumba Timur

Mbawana Beach

Bukit Warinding Sumba

Sumber: IG @dhanoeadjie

Pasir putih lembut dengan deretan tebing-tebing tinggi sebagai latar belakang adalah tawaran eksotisme dari Pantai Mbawana. Atau kamu pengin menikmati keindahan dari sebaliknya yakni dari atas tebing? Bisa juga.

Dulu, pantai ini terkenal dengan icon karangnya yang bolong setinggi 5 m, laksana gerbang menuju surga. Sayang, batu karang berlubang di tengah ini kini telah runtuh akibat gempa 16 Nopember 2020 lalu sehingga kini sudah tidak dapat dinikmati lagi.

Baca juga :  Simak Tips Ini Sebelum Mendaki Bukit Selo Arjuna

Selain itu juga karena posisinya yang berada di bibir pantai dan seting terkena hantaman ombak. Lambat laun, fondasi batunya terkikis.

Oh ya, lokasinya ada di Kecamatan Kodi ya sob.

Kampung Adat Praijing

Kampung Adat Praijing Sumba

Sumber: IG @dwilusya_

Di tengah laju modernitas, warga Sumba masih memegang teguh budayanya. Jejak itu bisa kamu temuin di Kampung Adat Praijing ini.

Dulunya ada 42 rumah tradisional namun pada tahun 2000 terjadi kebakaran yang menyisakan 38 rumah saja. Lokasinya berada di Desa Tebara, Kecamatan Waikabubak, Kabupaten Sumba Barat.

Kampung Adat Praijing ini hanya berjarak 3km dari pusat Kota Waikabubak. Disini kamu bisa belajar banyak hal sob, mulai dari sejarah, budaya dan yang pasti kamu juga bakalan bisa belajar caranya menenun kain khas Sumba.

Tapi inget, kalo kamu pengin nyobain untuk menenun minta izin dulu dari warga ya sob!

Nah Sobat Galwis, itu tadi 6 destinasi paling eksotis di Pulau Sumba yang wajib kamu kunjungi kalau ke NTT. Jadi, tidak hanya Pulau Rinca dengan komodonya saja yang terkenal dari daerah ini, Pulau Sumba juga tidak kalah asoy untuk dikunjungi.
Eh eh minGal ingetin, selama masa pandemi kamu kudu tetap jaga prokes yang sudah ditentukan ya. Satu hal lagi, jangan buang sampah sembarangan ya. Mari kita jaga alam kita agar generasi berikutnya bisa menikmati keindahannya.

Artikel Lainnya

1 comment

Ben 26/02/2021 - 4:14 pm

OKEEEEH minGal
Tengkyu Info sumba nyaa
Cussss langsung berangkat …

Reply

Leave a Comment