Home » 5 Makanan Khas Madiun yang Dijamin Bikin Ketagihan

5 Makanan Khas Madiun yang Dijamin Bikin Ketagihan

by galeriwisata.id
pecel madiun
SOBAT Galwis pernah dolan atau plesiran ke Madiun? Sudah mencoba makanan khas di sana?
Yes, makanan khas Madiun memang wajib dicicipi. Sebab, sayang sekali bukan, jika menjelajahi daerah tanpa menelisik aneka rasa yang terpendam di dalamnya.
Apalagi saat ini sudah menjadi tren untuk sekedar berwisata kuliner di satu kota. Terlebih sudah ada tol Transjawa yang jadi penghubung dan memudahkan akomodasi untuk bepergian ke satu wilayah melalui jalur darat.
Dan berikut adalah 5 makanan khas Madiun yang dijamin bikin kamu ketagihan. Selamat mencoba!

Nasi Pecel

pecel semarang

Mungkin Sobat Galwis sering menemui nasi pecel di segala penjuru. Tapi, kamu harus tahu kalau Madiun punya banyak menu pecel yang super enak.

Mulai dari Nasi Pecel Pojok, Depot Nasi Pecel 99, hingga Nasi Pecel Wir Kabul. Yang pasti, nasi pecel di Madiun menggunakan pincuk berbahan daun pisang sebagai wadah.

Di samping itu, ada kerupuk nasi dan kembang turi yang siap menggugah lidah.

Sego Jotos

Sego jotos

Sumber: www.samkuliner.com

Makanan khas Madiun yang mirip dengan nasi kucing. Lauknya beragam, ada tahu, tempe, ayam, dan lain-lainnya.

Namun, sego jotos memiliki keunikan yang tidak akan Sobat Galwis temukan di nasi kucing, yaitu rasa sambalnya yang begitu istimewa. Madiun punya banyak warung makan yang menyediakan Sego Jotos lho.

Nah, minGal mau rekomendasiin beberapa warung yang rasa Sego Jotos-nya sangat top markotop. Pertama, warung Ca’e special Nasi Jotos yang rasa sambalnya sangat istimewa.

Kedua ada Warung Mbak Rom dengan rasa berbagai olahan Sego Jotos yang gurih dan sedap. Dan terakhir ada Warung Sego Jotos Mbak Yem dengan kelengkapan berbagai olahan yang menyertai.

Baca juga :  Yuk Coba, Menu Bukber All You Can Eat di Hotel Pandanaran Simpanglima

Selain ketiga warung ini, ada berbagai warung makan lainnya yang bisa Sobat Galwis jelajahi cita rasa Sego Jotos-nya!

Lento

Lento

Sumber: www.craftlog.com

Makanan khas di Madiun yang berbentuk seperti bakso berwarna kuning matang. Lento Madiun adalah makanan yang dibuat dengan mengadonkan serutan singkong, tempe basi, cabai rawit, cabai keriting, bawah merah, bawang putih, daun jeruk, lengkuas, dan garam.

Perpaduan bahan dan bumbu ini menghasilkan rasa yang gurih, renyah, dan sedap setelah digoreng. Kelezatan teksturnya terasa luar dan dalam.

Brem

brem madiun

Sumber: www.omiyago.com

Jika Yogyakarta memiliki oleh-oleh khas yaitu bakpia, maka Madiun memiliki brem sebagai makanan khasnya. Yap, brem adalah kue beras hasil fermentasi.

Makanan khas ini mempunyai berbagai varian rasa, mulai dari original, cokelat, keju, hingga berbagai rasa lainnya. Setahu minGal, brem Madiun yang paling recommended itu yang berbentuk balok, berwarna putih kekuningan, dan rasanya manis di lidah.

Sobat Galwis juga perlu tahu kalau brem Madiun ini memiliki kandungan alkohol yang rendah. Sehingga makanan khas Madiun ini bisa digunakan untuk kesehatan.

Berdasarkan penelitian dari Lembaga Riset Nutrisi dan Makanan di Belanda, brem dapat memperlancar arteri darah dan mengurangi risiko terkena serangan jantung. Selain buat kesehatan, ternyata brem dapat juga membantu perawatan wajah lho!

Denger-denger, masyarakat Madiun meyakini bahwa brem dapat menghaluskan kulit dan membuat jerawat hilang lho! Wah, mujarab banget ya kalau beli dan menyantap brem Madiun!

Madumongso

madu mongso

Sumber: www.teronggemuk.com

Makanan khas Madiun yang berasal dari dua kata, yaitu madu dan mongso. Madu adalah manis, sementara mongso adalah waktu.

Nah, madumongso berarti makanan manis yang disajikan pada waktu-waktu yang bernuansa manis, yang dalam hal ini adalah lebaran. Madumongso memiliki makna filosofis ketika disantap pada bulan Ramadhan dan Lebaran.

Baca juga :  15 Rekomendasi Tempat Ngopi Paling Hits di Salatiga

Di mana pada Bulan Ramadhan, kita dianjurkan untuk mengonsumsi makanan-makanan manis, sementara pada Lebaran, nuansa ‘manis menjadi perekat rasa silaturahmi’.

Makanya nggak heran ya kalau banyak permintaan Madumongso saat Lebaran.

Nah Sobat Galwis, gimana, sudah tidak ragu kan menyantap hidangan dan kudapan khas Madiun? Yap benar, sekalian kamu berplesiran, jangan lupakan untuk berburu kuliner pula.

Sekali mendayung, dua tiga pulau terlampaui hehe. Jangan lupa selalu jaga kesehatan, pakai masker dan jaga jarak serta sering-sering cuci tangan pakai sabun.

Selamat berburu kuliner!

 

Artikel Lainnya

Leave a Comment