Home » 5 Destinasi yang Wajib Kamu Kunjungi Saat ke Pontianak

5 Destinasi yang Wajib Kamu Kunjungi Saat ke Pontianak

by galeriwisata.id
Bandara Supadio Pontianak

PONTIANAK merupakan ibu kota provinsi Kalimantan Barat. Kota ini dikenal sebagai Kota Khatulistiwa karena dilalui oleh garis khatulistiwa atau ekuator.

Kota ini merupakan salah satu destinasi wisata yang perlu Sobat Galwis kunjungi jika berencana liburan ke Pontianak. Untuk sampai ke kota ini, kamu bisa mendarat di Bandara Supadio atau melalui Pelabuhan Dwikora loh.

Dan berikut minGal berikan 5 referensi tempat wisata yang wajib kamu kunjungi saat ke Pontianak. Tidak hanya sekedar piknik, namun kamu juga bisa belajar di beberapa destinasi berikut ini.

Tugu Khatulistiwa

tugu khatulistiwa pontianak

Tugu ini bukan hanya sebagai ikon Kota Pontianak lo ya. Tugu ini merupakan titik nol garis bumi yang membelah bumi bagian selatan dengan bumi bagian utara.

Tugu ini berdiri sejak tahun 1928 yang dibangun oleh Belanda. Gak cuma itu aja, kamu bisa mencoba bagaimana gaya tarik bumi sangat kencang sob!

Dapat dibuktikan dengan meletakkan telur pada lantai, maka telur bisa tegak berdiri tanpa dipegang. Hanya saja, ini hanya bisa dilakukan pada hari tertentu yakni pada 22-23 Oktober yang juga seringkali dibuat Festival Khatulistiwa.

Jika ingin berkunjung, cukup siapkan 2K sebagai pengganti HTM. Di sisi lain, kawasan tugu juga sudah dibuat taman indah untuk menikmati lalu lalang kapal di Sungai Kapuas yang juga berdekatan dengan pelabuhan.

Rumah Betang Radakng

Rumah Betang Radakng

Sumber: www.infopromodiskon.com

Rumah ini merupakan replika dari rumah adat Suku Dayak yang disebut juga sebagai Rumah Panjang. Dibangun dengan menggunakan kayu ulin dan meraih rekor sebagai rumah adat terpanjang di Indonesia.

Panjang rumah ini mencapai 138 meter dengan lebar 5 meter dan tinggi 7 meter. Sobat Galwis tahu gak? Bahwa rumah adat ini tinggi, besar dan arsitekturnya kental dengan corak Suku Dayak yang didominasi warna merah.

Baca juga :  Kopi Asiang, Wajib Dikunjungi Kalau Kamu ke Pontianak

Walau hanya replika, rumah adat dari Suku Dayak ini masih kerap digunakan untuk berbagai aktivitas. Nah, untuk memasuki komplek ini bisa dari Hari Senin-Sabtu.

Keraton Kadriah

Istana Kadriah

Istana ini merupakan keraton bekas kesultanan Pontianak pada abad ke-17 oleh Sultan Syarif Abdurrahman Alqadrie yang merupakan sultan pertama Kesultanan Pontianak, dengan bangunan yang berwarna kuning merupakan khas warna dari etnis Melayu. Lokasinya ada di Jalan TJ Raya 1, Dalam Bugis, Pontianak.

Selain menikmati kemegahan arsitektur bangunan bersejarah di Pontianak ini, kamu juga bisa menemukan berbagai benda bersejarah seperti, meriam kuno peninggalan Jepang dan Portugis serta perabotan bersejarah peninggalan sultan dan permaisuri. Fakta uniknya terdapat juga Al-Quran yang ditulis tangan sendiri oleh Sultan Syarif Abdurrahman Al Qadrie.

Beliau juga dinobatkan sebagai pendiri Kota Pontianak. Kini, tanggal berdirinya keratin juga diperingati sebagai hari lahir kota ini.

Untuk masuk ke istana ini, hanya perlu membayar tiket seharga 5k per-orangnya loh sob!

Kopi Asiang

Kopi Asiang

Belum seru kalau belum nyobain budaya kopi di Pontianak yang begitu kental. Salah satu warung kopi yang terkenal adalah Kopi Asiang.

Yang menjadi keunikannya adalah pembuatan kopi dibuat langsung oleh pemilik toko serta tanpa mengenakan baju. Harga secangkir kopi berkisar 10k aja.

Kopi yang digunakan berasal dari biji kopi robusta pilihan yang menghasilkan rasa yang lembut. Kamu bisa minta kopi hitam tanpa susu atau ditambah susu kental.

Kopinya disajikan dalam cangkir keramik khas yang selalu dipanaskan sehingga rasa kopinya semakin nendang.

Taman Alun-Alun Kapuas

Taman Alun-Alun Kapuas

Setelah minGal referensikan tempat wisata yang edukatif, kini beralih ke tempat wisata yang biasa digunakan untuk tempat bersantai. Taman ini berdampingan langsung dengan Sungai Kapuas, sehingga menjadi tempat berkumpul dengan kerabat dan juga dapat bersantai sambil melihat matahari terbenam.

Baca juga :  Ingin Wisata yang Indah Menantang? Yuk ke Bukit Selo Arjuna dan Bligo

Untuk kamu yang mau melihat matahari terbenam, bisa menaiki sunset cruise dengan biaya 10k per-orang. Kapal terbuka ini dilengkapi fasilitas yaitu tempat duduk plastik dan meja kecil yang bisa membawa kamu keliling Sungai Kapuas yang indah ini.

Nah Sobat Galwis, itu tadi berbagai destinasi liburan di Pontianak, Kalimatan Barat yang bisa memberikan pengalaman seru. Tidak hanya dolan, namun kamu juga bisa belajar.
Sudah temukan objek wisata Kota Pontianak mana saja yang akan dikunjungi saat berlibur ke Pontianak? Yuk, siapkan perlengkapan travelling terbaikmu dan tidak lupa untuk mentaati protokol kesehatan yah sob.
Selamat menjelajahi Kota Pontianak!

 

Artikel Lainnya

Leave a Comment