Home » 5 Destinasi Wisata NTT yang Gak Kalah Eksotis dari Pulau Komodo

5 Destinasi Wisata NTT yang Gak Kalah Eksotis dari Pulau Komodo

by galeriwisata.id
Komodo
HALO Sobat Galwis! Siapa yang belum kenal dengan keindahan alam Nusa Tenggara Timur (NTT)?
NTT merupakan provinsi di Indonesia bagian Timur beribukota Kupang yang memiliki keindahan bawah laut maupun darat yang mempesona. Ia bahkan dianggap potongan surga tersembunyi oleh wisatawan lokal maupun mancanegara.
Keindahan wisata di NTT bahkan sempat dinobatkan sebagai destinasi terbaik di dunia versi Lonely Planet. Dan tentunya, satwa Komodo bersama Pulau Rinca dan Komodo yang paling dikenal masyarakat.
Namun ternyata, masih banyak destinasi wisata yang memiliki potensi terbaik yang bakalan bikin kamu takjub dengan keeksotisannya selain Pulau Komodo yang sudah dikenal dunia dan masuk ke dalam 7 keajaiban dunia. Berikut minGal bakalan rekomendasiin 5 destinasi wisata yang bisa jadi list destinasi wisata favorit Sobat Galwis.

Danau Kelimutu

Danau Kelimutu

Sumber: www.topwisatakomodo.com

Danau yang terletak di Desa Pemo, Kecamatan Kelimutu, Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur juga dikenal dengan nama Danau Tiga Warna. Itu terjadi karena warna dari danau ini yang dapat berubah menjadi merah, biru, putih, seiring berjalannya waktu.

Keren banget gak sih? Nah, fun fact juga, Danau Kelimutu ini adalah salah satu tempat wisata yang gambarnya pernah ada di mata uang rupiah 5k dengan tahun terbit 1992.

Selain menikmati keindahan dan keunikan panaroma indahnya danau, sunrise di Danau Kelimutu termasuk salah satu sunrise terbaik di dunia. Agar tidak ketinggalan momen sunrise datang ke puncak Kelimutu sebelum matahari terbit dan jangan lupa siapin kamera, ya.

Pulau Alor

Pulau Alor

Sumber: www.petualang.travellingyuk.com

Belum komplit rasanya jika mengunjungi NTT tanpa singgah ke Pulau Alor. Pulau yang terletak  di ujung timur Nusa Tenggara Timur ini merupakan surga bagi para penyelam karena memiliki 18 titik selam dengan kekayaan alam laut yang luar biasa.

Baca juga :  6 Destinasi Eksotis Sumba yang Wajib Kamu Kunjungi Jika ke NTT

Pantainya juga luar biasa. Pasir putih dipadukan dengan air laut yang jernih membuat Pulau Alor disebut-sebut sebagai spot selam terbaik di dunia. Gak cuman itu, sob! Pulau Alor juga punya daya tarik sendiri seperti keindahan alam, budaya, dan sejarah yang diminati para petualang, peneliti, dan wisatawan loh.

Pulau ini juga menyimpan Al Qur’an tertua yang pernah ditemukan di Indonesia dan di Asia Tenggara yang diperkirakan berusia lebih dari 800 tahun.

Pantai Oetune

Pantai Oetune

Sumber: www.pbs.twimg.com

Pantai yang terletak di Oebelo, Amanuban Selatan, Kabupaten Timor Tengah Selatan, NTT ini menawarkan wisata pantai juga sekaligus wisata gurun pasir dengan vibe yang mirip dengan gurun pasir yang ada di Timur Tengah. Lanskapnya yang unik dan hamparan pasirnya yang coklat keemasan menjadi kombinasi cantik yang gak boleh terlewat bidikan kamera kamu.

Untuk mencapai pantai Oetune ini kamu membutuhkan 3-4 jam perjalanan darat dari Kota Kupang. Meskipun jauh, bakalan worth it kok ketika udah liat pemandangannya!

Goa Rangko

Goa Rangko

Sumber: www.indonesiakaya.com

Buat Sobat Galwis yang lagi nyari tempat wisata yang menentramkan dan belum banyak terjamah pengunjung maka kamu bisa coba berkunjung ke Goa Rangko. Goanya sangat lebar dan memiliki kolam air laut di dalamnya.

Jika kamu berenang di kolam tersebtu, kamu akan merasakan berenang seperti di kolam pribadi dengan air laut yang masuk melalui celah sehingga membuat air laut terhubung dengan kolam.

Bentuk dari kolam yang natural pada goa ini bisa menjadi pemandangan yang pastinya menyejukkan mata. Goa indah ini terletak di desa Rangko, Kecamatan Boleng, Kabupaten Manggarai Barat, NTT.

Air Panas Menggeruda

Air Terjun Mengeruda

Sumber: www.martindcflorasta.blogsopt.co.id

Jika berkesempatan mengunjungi NTT, mampir jugalah ke Pemandian Air Panas Mengeruda yang terletak di Desa Piga, Kecamatan Soa, Kota Bajawa, Kabupaten Ngada, NTT. Seharian travelling atau beraktivitas, lepaskan dengan berendam di pemandian ini, ahh mantap.

Air panas yang mengandung belerang berasal dari Gunung Ine Lika ini dikenal berkhasiat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit mulai dari penyakit kulit maupun untuk media terapi. Di dasar bebatuan kolam tumbuh lumut hijau sehingga kolam nampak hijau segar serta jernih.

Baca juga :  Exelso Lucky Strike: Satu-Satunya Arena Bowling di Semarang

Kolam yang cukup lebar dan berbentuk lingkaran ini punya kedalaman sepinggang orang dewasa. Kini kamu tinggal menyiapkan waktu yang cocok untuk berlibur bersama keluarga, teman, maupun pasangan ke destinasi wisata indah di NTT yang telah minGal rangkum.

Jangan lupa gunakan krim tabir surya, ya!

Nah Sobat Galwis, itu tadi 5 destinasi unggulan di NTT selain Pulau Komodo yang ada di Labuan Bajo. Jadi, saat kamu berkesempatan mengunjungi propinsi ini, sempatkan sekaligus untuk mengunjungi destinasi rekomendasi minGal di atas.
Dijamin acara liburan, backpack-eran atau travelling bersama teman atau gebetan menjadi semakin indah. Apalagi belum banyak yang mengunjungi destinasi tersebut layaknya kunjungan wisatawan ke Bali.

Artikel Lainnya

Leave a Comment