Home » 5 Destinasi Wisata Belitung yang Wajib Kamu Kunjungi

5 Destinasi Wisata Belitung yang Wajib Kamu Kunjungi

by galeriwisata.id
SD Laskar Pelangi
FILM Laskar Pelangi yang terinspirasi dari novel karya Andrea Hirata, telah membuat Belitung menjadi destinasi wisata utama di Indonesia. Begitu banyak spot dan destinasi menarik yang membuat pengunjung berduyun-duyun ingin berkunjung ke sana.
Mulai dari destinasi, tempat bersejarah hingga wisata kuliner. Semuanya terasa indah dan mempesona.
Lebih dari itu, banyak wisatawan yang datang berkunjung ingin melihat dari dekat lokasi syuting film tersebut. Alhasil, Bangka Belitung-pun menjadi daerah tujuan wisata utama di negeri ini.
Nah Sobat Galwis, berikut 5 spot wisata unggulan yang harus kamu kunjungi saat berlibur ke Belitung.

Replika SD Muhammadiyah Gantong/Sekolah Laskar Pelangi

SD Laskar Pelangi

Sumber: IG @budi_syaifurahman

Ini dia sob daya tarik utama dari kunjungan wisatawan ke Babel. Bangunan replika sekolah dimana Lintang, Ikal, Borek dan kawan-kawan menuntut ilmu di bangku SD.

Juga merupakan latar setting utama novel dan film Laskar Pelangi. Replika SD Muhammadiyah Gantong di Belitung Timur ini juga pulalah yang membuat wisatawan penasaran.

Resmi didirikan tahun 2010, bentuknya dibuat serupa mungkin dengan penggambaran ruang kelas dalam novel. Replika sekolah ini bukan hanya dari bentuk luarnya saja yang sangat persis dengan yang ada di film sob, interior di dalamnyapun dibuat sama dengan yang ada di film.

Lantai yang hanya menggunakan pasir dan hanya ada 12 kursi kayu yang terjajar rapih, bisa membuat Sobat Galwis ikut merasakan apa yang dirasakan oleh Lintang dan kawan kawan. Namun tentu saja kita tidak dapat menjumpai Bu Guru Muslimah di dalamnya hehe.

Museum Kata Andrea Hirata

Museum Kata Andrea Hirata

Sumber: IG @budi_syaifurahman

Museum Kata merupakan museum sastra pertama yang didirikan oleh penulis novel Laskar Pelangi Andrea Hirata. Lokasinya juga masih ada ada di daerah Gantong, tidak jauh lokasi dengan replika sekolah Laskar Pelangi.

Baca juga :  10 Destinasi Wisata Unggulan di Semarang

Selain menulis novel laris tersebut, Pak Cik, panggilan akrab Andrea Hirata ternyata juga mencetuskan Belitung sebagai Negri Sejuta Pelangi. Ia mendirikan museum ini untuk menginspirasi generasi muda untuk tidak takut bermimpi.

Dinobatkan sebagai museum sastra pertama di Indonesia, Museum Kata diisi oleh ratusan koleksi buku sastra dari seluruh penjuru dunia. Menurut sang penulis, tujuan dari didirikannya Museum Kata Andrea Hirata ini adalah agar pengunjung dapat melakukan apresiasi sastra sekaligus napak tilas buku dan film Laskar Pelangi.

Buka dari jam 10.00 sampai 17.00, museum terdiri dari beberapa ruangan. Untuk masuk ke dalam museum wisatawan membayar tiker masuk sebesar 50k dan akan mendapatkan buku ekslusif asli Laskar Pelangi yang terbit di seluruh negara.

Pulau Lengkuas

Pulau Lengkuas Belitung

Sumber: www.ksmtour.com

Beralih ke destinasi wisata alam, ini dia sob salah satu pulau indah yang ada di Belitung. Pulau ini sangat ramai dikunjungi oleh wisatawan karena lokasinya yang asri dan ada sebuah icon besar yang berada di dalam pulau yakni mercusuar.

Dibangun pada zaman kolonial Belanda, tepatnya pada tahun 1882. Sayangnya mercusuar ini tidak boleh lagi dinaikin oleh wisatawan mulai dari tahun 2017.

Alasannya, banyak sampah yang dibawa oleh wisatawan yang akan merusak bangunan tersebut. Selain juga demi alasan keamanan karena bangunan yang sudah berusia ratusan tahun.

Tapi walaupun tidak bisa naik ke atas mercusuar ini, Sobat Galwis ga perlu sedih kok. Kamu tetap bisa menikmati keindahan Pulau Lengkuas salah satunya spot batuan granit dan juga yang berbentuk belimbing yang terkenal itu serta spot untuk snorkeling.

Untuk menuju Pulau Lengkuas, wisatawan harus merogok kocek sebesar 350k- 500k.000 untuk perjalanan bolak balik dengan menyewa kapal di dermaga.

Baca juga :  Ingin Usaha Pariwisatamu Dipromosiin Gratis? Daftar Aplikasi LUNPIA Yuk

Mie Atep Belitung

Mie Atep Belitung

Sumber: www.tanyaapa.co

Setelah capek berkeliling, kini saatnya berwisata kuliner. Salah satu yang wajib kita kunjungi dan cicipi adalah warung Mie Atep.

Memang tempatnya kelihatan sederhana apalagi juga diapit oleh deretan beberapa ruko. Namun untuk menemukannya, tidak sulit kok.

Nyatanya banyak sekali artis artis papan atas yang berkunjung ketempat ini. Terbukti dari foto artis seperti Tukul Arwana, Rano Karno, hingga mantan Presiden ke-5 Megawati Soekarnoputri pernah berkunjung ke tempat ini.

Mie Atep sudah buka dari jam 9 pagi. Jadi buruan kalo sobat galwis berada di Belitung wajib ngunjungi tempat ini ya sob!

Kamu cukup merogoh kocek 18k untuk dibarter dengan sepiring Mie Atep. Dilengkapi dengan es jeruk kunci 6k, jadilah perpaduan santapan lezat nikmat

Kedai Kopi Kong Djie

Kedai kopi kong djie

Sumber: IG @budi_syaifurahman

Puas makan Mie Atep, bergeserlah ke kuliner lainnya yakni Kopi Kong Djie. Ia juga salah satu ikon kuliner Belitung.

Didirikan pada tahun 1943, kedai kopi ini menjadi salah satu warisan kuliner Indonesia yang ada di Belitung. Kedai pertama dan yang asli ada di Jalan Siburik Timur yang masih dipertahankan keasliannya hingga kini.

Hanya ada beberapa renovasi yang dilakukan di bagian depan pada tempat duduk pelanggan. Namun di bagian belakang tempat pembuatanya masi sangat otentik seperti pada aslinya.

Satu gelas kopi susu hangat dihargai 8k-15k. Menariknya, kini Kopi Kong Djie sudah banyak membuka cabang di beberapa kota. Juga sudah dijual kopi bubuknya jika sobat tidak sempat mencicipinya di warung atau menginginkannya sebagai oleh-oleh untuk teman.

Nah Sobat Galwis, itu tadi 5 destinasi yang wajib kamu kunjungi saat ke Belitung. Selain itu, masih banyak lagi destinasi-destinasi indah lainnya di provinsi tersebut yang menanti kunjunganmu.
Tapi jangan lupa, tetap utamakan keselamatan dengan mematuhi prokes dan 3M. Jangan lupa buang sampah juga di tempat yang disediakan.

 

 

 

Artikel Lainnya

1 comment

Ben 26/02/2021 - 4:16 pm

Mantap keren minGal ,
Noted Next Trip to Belitunggg

Reply

Leave a Comment