Home » 4 Hal Yang Harus Kamu Perhatikan Agar Kegiatan Komunitasmu Dibantu Pemkot Semarang

4 Hal Yang Harus Kamu Perhatikan Agar Kegiatan Komunitasmu Dibantu Pemkot Semarang

by galeriwisata.id
Galeri Wisata

SOBAT Galwis memiliki komunitas dan pengin kegiatannya didukung Pemkot Semarang? Gampang kok caranya.

Bahkan tidak perlu komunitas yang besar dan ternama, komunitas atau kegiatan yang skalanya kecilpun dapat tetap didukung. Tapi yang jelas, sobat harus paham dulu aturan mainnya.

Nah menurut Walikota Semarang Hendrar Prihadi jika tidak hanya satu dua kegiatan komunitas dengan skala besar yang didukung Pemkot Semarang. Pun dukungan ini tidak hanya diberikan saat ini saja namun juga kegiatan yang sudah berlangsung.

“Pentingnya eksistensi berbagai komunitas di Kota Semarang dalam memetakan masalah perkotaan, serta menggerakkan masyarakat secara lebih luas. Komunitas yang jumlahnya ratusan harus dapat menjadi agen perubahan berbagai persoalan di Kota Semarang,” terangnya.

Galeri Wisata

Bantuan yang diberikan Pemkot juga jangan selalu diartikan sebagai bantuan dana. Bisa diberikan fasilitasi, supporting hal-hal teknis atau bahkan jika perlu dipertemukan dengan pihak ketiga yang bersedia mensponsori.

Nah berikut hal-hal yang harus sobat siapkan agar kegiatan komunitasnya dapat diakomodir, dibantu dana atau setidaknya dibantu promosi oleh Pemkot Semarang.

Kegiatan Positif

Semua kegiatan yang bersifat positif demi pembangunan Kota Semarang, tentu akan diakomodir. Besar atau kecil kegiatannya, sobat tidak perlu risau.

Tapi jika kegiatannya tidak positif atau bahkan merusak citra kota kita, ya jangan salahkan jika evennya harus dihentikan ya. So, mari berlomba-lomba membuat kegiatan yang benar-benar positif untuk Semarang.

Kalian siap kan sob??!

Serius

Selama kegiatannya benar-benar serius dan bukan fiktif, lakukan dan ajukan. Kalau skalanya dinilai kecil, Walikota Semarang akan mempertimbangkan untuk membantu anggaran secara langsung.

Lalu bagaimana kegiatan dapat dikatakan sebagai kegiatan serius? Ya jika sobat membuat kegiatan, event ataupun gerakan yang memang benar-benar dapat membawa Semarang semakin hebat, itu adalah tolok ukurnya.

Baca juga :  Promosi Wisata, Pemkot Semarang Gelar Festival Folklore

Sukur-sukur lahir sebuah kegiatan yang unik, berbeda dan belum pernah ada sebelumnya. Tak perlu takut meniru kegiatan yang sudah pernah ada di belahan bumi lainnya.

Tapi juga lakukan modifikasi agar tidak benar-benar sama persis. Sesuaikan dengan kearifan lokal kota kita.

Memetakan Kegiatan

Memetakan kegiatan ini dapat diartikan sebagai langkah apakah dampak dari kegiatan ini bersifat lokal, regional atau bahkan internasional. Tentunya tidak hanya anggarannya yang besar saja namun juga bagaimana image Kota Semarang tercermin dari kegiatan yang sobat lakukan.

Koordinasi dengan Dinas Terkait

Koordinasi ini bukan berarti meminta izin penyelenggaraan yang sob. Namun benar-benar melakukan komunikasi dan sinergi untuk mengetahui di dinas apakah sebaiknya kegiatan sobat ini dinaungi.

Jika kegiatannya berbau wisata, tentu ada di Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar). Jika kegiatan berbau-bau teknologi informasi, tentu lebih pantas di Dinas Komunikasi, Persandian dan Informasi (Diskominfo), kalau terkait pemuda dan olahraga bisa ke Dispora dan seterusnya.

Jadi, koordinasi ini lebih mengacu pada dimanakah dinas terkait yang lebih dekat wewenangnya untuk memberikan bantuan atau fasilitasi.

Galeri Wisata

 

Nah itu tadi beberapa hal yang dapat sobat lakukan agar kegiatan komunitasnya dapat dibantu, diakomodir dan diberikan bantuan oleh Pemkot Semarang. Selamat bergiatan demi Semarang yang semakin hebat ya sob!

Artikel Lainnya

Leave a Comment