Home » 25 Tempat Wisata Hits di Purworejo dan Sekitarnya

25 Tempat Wisata Hits di Purworejo dan Sekitarnya

by GaleriWisata.id
alun alun purworejo

PURWOREJO dikaruniai banyak objek wisata dengan pemandangan alam yang sangat indah dan menawan. Spot-spot wisatanya pun juga sangat unik dan menarik.

Cocok banget untuk kamu yang senang berpetualang dan mencoba untuk merasakan sensasi berlibur yang anti-mainstream.

Penasaran? Yuk simak ulasan dari minGal tentang 25 tempat wisata hits di Purworejo dan sekitarnya berikut ini :

1. Museum Tosan Aji

Museum Tosan Aji

Foto: IG @novvabriana

Masing-masing daerah di Indonesia pasti mempunyai destinasi wisata sejarah dan edukasi berupa museum. Sama halnya dengan Purworejo yang mempunyai Museum Tosan Aji sebagai destinasi wisata andalan.

Museum ini banyak menyimpan hasil budaya bangsa pada masa perundagian. Nama Tosan Aji sendiri diambil dari sebuah jenis senjata pusaka yang terbuat dari logam besi.

Jenis senjata ini biasanya sangat dihormati oleh masyarakat setempat. Terhitung ada sekitar 1138 jenis pusaka yang berasal dari Kerajaan Majapahit, Pajajaran, dan Mataram seperti tombak, keris, menur, kudi, dan pedang.

Museum yang diresmikan tanggal 13 April 1987 ini juga menyimpan banyak sekali warisan nenek moyang sebagai identitas budaya. Warisan ini antara lain lingga, guci, yoni, prasasti, arca, fosil, dan masih banyak lagi.

Tentu saja benda-benda disini sudah termasuk dalam benda cagar budaya yang harus dijaga dan dirawat. Terletak di Jalan Mayjend Sutoyo dengan harga tiket yang sangat terjangkau yakni hanya 3k, kita sekaligus dapat berwisata edukasi dan sejarah agar lebih mencintai budaya Indonesia.

2. Goa Seplawan

Goa seplawan

Foto: IG @tamambon

Purworejo juga memiliki beberapa destinasi wisata goa yang terkenal. Salah satunya bernama Goa Seplawan yang berada di Katerban, Kaligesing, lebih tepatnya di kawasan Bukit Menoreh dan berada di dalam perut bumi.

Walaupun begitu, tempat ini tak pernah sepi pengunjung. Daya tariknya terdapat di sebuat Patung besar replika sebuah arca emas dari Dewa Siwa dan Dewi Parwati yang akan menyambut pengunjung di pintu masuk.

Keunikan yang dapat ditemui adalah adanya kolam dengan air yang jernih serta relief berbentuk sirip ikan hiu yang bahkan saat ini berlum terpecahkan oleh para arkeolog. Selain itu kamu juga dapat melihat aneka stalagmit dan stalagtit yang sangat memanjakan mata.

Pengalaman akan bertambah seru apabila kamu menyusuri hingga ke bagian dalam goa. Tenang saja goa dengan panjang 750 ini sudah dipasang penerangan yang memadai, jadi dijamin aman deh.

Wah seru banget ya sob, menjelajahi sebuah goa yang indah sambil berwafoto tentu menjadi hal yang wajib saat berada disini. Apalagi suhu udara yang sejuk akan menemanimu dan membuatmu nyaman berlama-lama disini.

Untuk kamu yang tertarik berkunjung ke goa yang berada di ketinggian 800 mdpl ini kamu cukup membayar tiket sebesar 3k.

3. Hutan Pinus Kalilo

hutan pinus kalilo

Foto: IG @ardy_st58

Pegunungan Menoreh merupakan sebuah tempat yang unik karena berada diantara 3 wilayah yakni Magelang, Kulon Progo, dan Purworejo. Keunikan lainnya dapat kita lihat dari bentuk topografinya dimana lebih banyak bukit dan lembah hijaunya.

Sehingga banyak hutan yang dapat tumbuh subur di kawasan ini. Salah satunya Hutan Pinus Kalilo yang berisi puluhan pohon pinus yang tinggi menjulang.

Dari kawasan hutan ini kamu akan merasakan suasana di alam bebas yang masih alami dan sangat menyegarkan. Kamu juga akan disuguhkan keindahan dari pemandangan bukit kecil hingga lembah seluas 72 ha.

Beberapa spot foto juga telah disediakan sebagai fasilitas penunjang. Spot foto andalan yang ada antara lain jembatan layang, puncak kalilo, puncak titanis, dan watu tumpang.

Oleh karena itu tempat ini sering digunakan sebagai latar belakang foto suatu acara. Hutan ini dulunya merupakan hutan jati dan hutan produktif penghasil getah pinus.

Namun karena keindahan yang ditawarkan dan lokasinya yang mudah diakses membuat kawasan ini diubah menjadi kawasan rekreasi. Tiketnya sangat murah kok,hanya 3k saja.

  1. Pantai Ketawang

Pantai dan mercusuar ketawang

Foto: IG @melindaaeni

Pantai Ketawang berada di Desa Ketawangrejo dengan akses yang sangat mudah dijangkau. Terlebih lagi biaya tiket masuknya yang sangat terjangkau yakni hanya 5k, membuat pantai ini selalu menjadi tujuan utama para pelancong.

Keunikan dari pantai ini adalah pasirnya yang hitam dan eksotis. Tak hanya menyaksikan keindahan pantai, sunset, dan sunrise saja. Kamu juga bisa menyaksikan keindahan dari pegunungan Sewu serta Bukit menoreh yang berada di sebelah timur pantai.

Sedangkan di bagian barat kamu dapat melihat sebuah karst Gombong. Keunikan lainnya adalah terdapat sebuah rawa di tengah pantai dengan mercusuarnya yang tinggi menjulang.

Rawa ini biasanya digunakan oleh warga setempat sebagai kolam tambak dan sumber irigasi. Di Pantai Ketawang juga sering diadakan acara-acara yang menyenangkan seperti pacuan kuda, balap motor dan sebagainya.

Seru banget ya, yuk buruan kesini sob!

5. Puncak Geger Menjangan

geger menjangan

Foto: IG @andreamekee

Jika ingin melihat keindahan alam yang sangat mempesona kamu bisa berkunjung ke Puncak Geger Menjangan. Objek wisata ini menyuguhkan pemandangan dari hamparan bukit serta hutan dari deretan Pegunungan Kaligesing.

Sesuai dengan namanya, menjangan diambil dari penampakan pemandangan alam sekitar yang membentuk seperti punggung seekor menjangan. Puncak Geger Menjangan berada di ketinggian 175 mdpl sehingga udara disini sangat sejuk dan dingin.

Dari lahan seluas 12,75 ha ini kamu juga bisa menyaksikan keindahan aliran sungai Bogowonto. Tak hanya itu, keindahan pantai selatan juga bisa kamu nikmati dari tempat ini.

Uniknya, tak hanya berwisata alam saja, kamu juga bisa berziarah. Karena di sekitar kawasan ini terdapat sebuah makan dari ulama besar Kyai Imam Puro yang sangat dihormati.

Selain itu pengelola setempat juga menyediakan beberapa fasilitas yang bisa kamu coba seperti kolam dan taman bermain.

Untuk bisa menghabiskan waktu disini tidak dipungut biaya yang terlalu mahal yakni hanya 2k saja. Aksesnya juga sudah sangat mudah dijangkau, kamu cukup menuju ke daerah Trirejo yang hanya 5 km dari pusat Kota Purworejo.

6. Goa Nguwik

goa nguwik

Foto: IG@mahreen_pnbyk

Selain Goa Seplawan, Purworejo juga memiliki goa yang unik dan tak kalah terkenal. Namanya Goa Nguwik yang masih berada dalam satu kawasan dengan Goa Seplawan dan Sikantong.

Untuk tiketnya pun sangat terjangkau hanya seharga 5k. Perjalanan untuk menyusuri goa ini mungkin akan sedikit susah dan berjuang.

Hal ini karena mulut gua masih sangat sempit sehingga kita harus membungkukan badan ketika masuk ke dalam goa. Walaupun begitu, perjalananmu tidak akan sia-sia karena nantinya kamu akan menemukan chamber besar yang dipercantik oleh ornamen-ornamen goad-an yang indah.

Keunikan dari goa ini adalah pernah ditemukannya fosil-fosil hewan purba yang sudah berumur ribuan tahun. Ada 3 jenis fosil hewan yang ditemukan yakni rusa, kuda nil, dan badak.

Untuk fosil badak yang sudah berusia 900 tahun lebih ini dipajang dan dapat kamu lihat di basecamp goa Nguwik. Tentu dengan keunikan ini tentu sangat menyenangkan jika kita bisa menyusuri goa hingga ke dalam.

Walaupun begitu kamu harus berhati-hati saat menyusuri goa sepanjang 220 m ini, karena bebatuannya masih licin dan tak jarang kita akan berjumpa dengan sarang kelelawar.

Baca juga :  Warga Harus Ciptakan Iklim Pariwisata Kondusif

7. Puncak Khayangan Sigendol

puncak kahyangan sigendol

Foto: IG @kunherawati

Salah satu wisata kekinian yang dapat kamu kunjungi saat berada di Purworejo adalah Puncak Khayangan Sigendol. Seperti namanya, kamu akan disuguhkan pemandangan alam yang indah bak khayangan dari atas ketinggian.

Dari objek wisata yang berada di ketinggian 1000 mdpl ini kamu dapat melihat hamparan perbukitan serta lembah yang hijau. Karena terletak di dataran tinggi tentu saja udara sejuk dan dingin akan kamu rasakan.

Cocok banget sebagai tempat pelepas penat dan lelah setelah seharian bekerja. Agar liburanmu semakin menyenangkan kamu bisa berswafoto di spot-spot unik yang telah disediakan oleh pengelola setempat.

Puncak Memeyan, Prau Jomblang Anom, Rumah Gadang, Sendang Bidadari, Bukit Patihan, dan Tebing Matahari adalah spot terbaik untuk foto terbaikmu. Jika kamu tertarik cukup arahkan perjalananmu menuju ke Wutan, Bruno.

Objek wisata ini buka setiap hari mulai dari pukul 7 pagi hingga 6 sore. Kamu cukup membayar tiket seharga 2k untuk menikmati liburanmu di tempat ini.

8. Alun-Alun Kota Purworejo

alun alun purworejo

Foto: IG @bangringgo

Alun-alun dari sebuah kota pasti memiliki keunikan yang khas termasuk dengan alun-alun dari Kota Purworejo. Area dengan luas sekitar 6 ha dan berbentuk segiempat ini wajib banget untuk kamu datangi saat berada di Purworejo.

Keunikan dari alun-alun ini adalah terdapat sepasang pohon beringin yang sengaja didatangkan dari Keraton Yogyakarta. Selain itu tempat ini juga dikelilingi dengan bangunan-bangunan penting.

Seperti di bagian barat terdapat Masjid Agung Darul Muttaqin, bagian timur terdapat gereja, di utara ada Pendhopo Kab. Purworejo, dan di selatan terdapat Kantor Setda Purworejo yang dulunya sebagai Kantor Karesidenan Bagelen.

Alun-alun ini selalu ramai oleh pengunjung apalagi disaat malam hari. Melihat gugusan bintang sambil bersantai tentu merupakan aktivitas menyenangkan yang bisa dilakukan. Tak hanya itu kamu juga bisa berwisata kuliner di tempat ini karena banyak penjual makanan yang menjajakan dagangannya.

9. Masjid Agung Purworejo

masjid agung purworejo

Foto: IG @sndrastyawan

Masjid Agung Purworejo merupakan nama lain dari Masjid Darul Muttaqin. Masjid ini menjadi salah satu bangunan yang penting dan sangat dihormati oleh masyarakat setempat. Banyak wisata yang berkunjung kesini untuk berwisata religi.

Tak jarang alasan dari para wisatawan ini berkunjung hanya untuk melihat keunikan dari masjid ini. Keunikannya terdapat pada sebuah bedug raksasa yang bahkan menjadi bedug terbesar di dunia.

Bedug ini bernama Bedug Pendowo dan kini sudah berusia 186 tahun. Bedug yang merupakan peninggalan dari bupati pertama Purworejo, Cokronegoro I ini terbuat dari batang pohon kayu jati utuh.

Untuk bagian kulit, digunakan kulit banteng yang kini telah diganti kulit sapi benggala karena rusak. Wajib banget untuk kamu kunjungi nih.

10. Benteng Pendhem

benteng pendhem purworejo

Foto: www.ihategreenjello.com

Benteng Pendhem merupakan sebuah objek wisata yang menjadi peninggalan pada zaman penjajahan Jepang. Benteng ini dulunya digunakan sebagai pangkalan militer untuk menahan gempuran yang berasal dari Pantai Selatan.

Benteng ini dibagi menjadi dua bagian. Bagian pertama berbentuk persegi panjang dan bagian kedua berbentuk kotak dengan tabung di bagian atas.

Kamu bisa menelusuri benteng ini dan merasakan suasana yang asri dari tanaman-tanaman hijau yang tumbuh disekitar benteng. Kamu juga bisa mendengar deburan ombak dan melihat keindahan dari Pantai Selatan yang berada di sekitar benteng. Untuk kamu yang ingin berkunjung kamu cukup datang ke Bagelen dan membayar tiket seharga 5k.

11. Curug Muncar

curug muncar

Foto: IG @irfanz02

Salah satu curug yang terkenal di Purworejo adalah Curug Muncar. Curug ini sangat cocok untuk kamu yang memiliki jiwa penjelajah dan petualang.

Pasalnya akses untuk menuju ke curug ini memang sangat panjang dan sedikit sulit. Walaupun begitu, para wisatawan tetap menjadikan curug ini sebagai salah satu tujuan utamanya berlibur.

Tentu saja hal ini karena pemandangan indah yang ditawarkan. Dari mulai air yang jernih dan bersih, hingga udara yang sejuk karena curug ini berada di ketinggian 900 mdpl.

Curug yang mempunyai tinggi 90 meter ini berada di Kalibang, Bruno. Kamu bisa berendam di kolam bawahnya dengan dan merasakan air dingin yang berasal dari sumber mata air alami.

Untuk tiketnya sangat terjangkau yakni hanya 5k saja.

12. Pantai Jatimalang

 

pantai jatimalang

Foto: IG @ulnnmh

Purworejo juga menawarkan wisata bahari yang tak kalah indahnya nih. Namanya Pantai Jatimalang yang terletak di Desa Jatimalang.

Untuk berkunjung kesini hanya dikenakan tarif 5k. Pantai Jatimalang mempunyai ombak yang cukup besar dengan air yang masih alami.

Selain menikmati keindahan khas dari pantai, kamu juga bisa melakukan berbagai aktivitas. Seperti berenang di kolam air tawar.

Uniknya kolam ini terletak berjejer di pinggir pantai dan terbuat dari terpal yang berwarna-warni. Jika lelah berjalan, kamu bisa menyewa ATV yang telah disediakan untuk berkeliling pantai.

Disekitar pantai juga terdapat tempat pelelangan ikan segar dari para nelayan dan cocok untuk kamu yang ingin membeli ikan segar dengan harga yang murah.

13. Kawasan Wisata Sumber Adventure Center (SAC)

sumber adventure centre

Foto: IG @preatmoko_anunk

Tak hanya wisata alam dan bahari saja yang ditawarkan oleh daerah Purworejo. Namun ada juga destinasi kekinian yang cocok untuk kamu kunjungi bersama keluarga, namanya Sumber Adventure Center.

Kita dapat mencoba berbagai wahana dan fasilitas yang telah disediakan. Terdapat berbagai wahana seperti water park, museum otomotif, dan extreme off road. Bagi kamu yang menyukai kegiatan otomotif bisa banget nih manfaatkan fasilitas yang ada disini seperti road race, dan trial games.

Wisata kuliner juga bisa kamu lakukan di tempat ini karena tersedia banyak stand makanan yang dijamin enak dan menggugah selera. Tertarik? Kamu cukup datang ke Jalan Raya Kutarjo-Kebumen KM 3,5.

Tiketnya pun sangat terjangkau yakni 15k pada hari biasa dan 20 pada hari libur, serta tambahan 10k untuk masuk wahana water park.

14. Taman Sidandang

Taman sidandang

Foto: IG @aang_tornando

Taman Sidandang termasuk dalam objek wisata yang unik. Bukan menyajikan aneka indahnya bunga dan tanaman, melainkan menyajikan keindahan dari jernihnya air yang masih alami sebagai daya tarik utamanya.

Di taman ini terdapat beberapa spot air terjun dengan ceruk-ceruk kecil dibawahnya. Kamu bisa merasakan sensasi berendam dan berenang di area ini.

Walaupun begitu kamu tetap diharuskan berhati-hati karena kedalaman dari ceruk ini diperkirakan sekitar 3-6 meter. Tenang saja, jika tak bisa berenang kamu dapat menyewa pelampung yang disediakan oleh pengelola.

Oh ya, keunikan dari Taman Sidandang lainnya adalah berada di salah satu desa wisata terbaik tingkat nasional, yakni Desa Kaligono. Untuk tiker masuknya juga tidak merogoh kocek yang terlalu dalam hanya 3k saja per orangnya.

15. Hutan Kusumo Asri

hutan kusumo asri

Foto: www.indahnyapesonapurworejo.blogspot.com

Di Purworejo masih terdapat banyak destinasi wisata berupa hutan yang rindang. Salah satunya adalah Hutan Kusumo Asri. Hutan ini terletak di Desa Mayungsari dan hanya mematok harga tiket 3k per orang.

Berada di ketinggian 300 mdpl tentu membuat suhu udara di kawasan ini begitu sejuk dan segar. Kamu akan disuguhkan pemandangan indah dari pohon-pohon yang tinggi menjulang dan sangat rimbun.

Tak hanya itu berbagai fasilitas pendukung juga sudah tersedia seperti mes atau penginapan, pemancingan, dan masih banyak lagi. Adapula kebun binatang mini yang saat ini masih berisikan 3 jenis hewan yakni buaya, burung, dan landak.

Di hutan ini juga sering diadakan acara-acara yang seru dan mengasyikkan seperti lomba memancing dan panggung musik dangdutan.

16. Curug Kaliurip

curug kaliurip

Foto: IG @kafi_cassper

Curug Kaliurip merupakan salah satu curug kebanggaan dari masyarakat Purworejo. Memiliki keindahan yang tiada tara dengan alam yang masih alami dan asri tentu menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan.

Baca juga :  Sepakung, Desa Wisata Instagramable yang Tak Bakal Membuatmu Bosan

Curug yang berada di daerah Krajan 1 ini masih dikelilingi oleh tumbuhan-tumbuhan hijau yang subur. Sehingga udara yang disajikan juga sangat segar. Apalagi ketika menengok air kolam yang berwarna kehijauan tentu sangat menenangkan.

Curug Kaliurip mempunyai ketinggian sekitar 30 m dengan kedalaman kolam diperkirakan hingga 8 m. Debit air yang dihasilkan juga cukup deras dan disarankan untuk kamu yang ingin berendam jangan di bawah air terjunnya langsung karena cukup berbahaya.

Cukup membayar 5k, kamu sudah bisa bebas bermain air di curug ini.

17. Curug Lumbung

curug lumbung

Foto: IG @indra_lg

Unik dan indah merupakan dua kata yang dapat menggambarkan kondisi dari Curug Lumbung. Disini kamu akan dibuat nyaman dan tak mau pulang karena keindahan dan keunikannya.

Keunikannya dapat dilihat dari pemandangan tebing yang tersusun rapi dengan beragam bentuk. Tebing-tebing ini terlihat seperti batu-batu apung yang disusun dengan rapi dan eksotis.

Ketinggian dari tebing-tebing ini juga sangat beragam bahkan ada yang mencapai hingga 100 m. Suatu perpaduan yang sangat menarik ditambah dengan aliran sugai berwarna biru kehijauan yang mengalir dibawahnya.

Kamu bisa bebas berswafoto dan berenang di sungai ini. Untuk menikmatinya kamu cukup datang ke Jalan Krandon dan membayar retribusi seharga 5k.

18. Wisata Edukasi Tlogoguwo

wisata edukasi tlogoguwo

Foto: www.krjogja.com

Wisata Edukasi Tlogoguwo bisa menjadi salah satu refrensi untuk tempat liburanmu. Terutama dalam hal wisata edukasi yang seru dan bermanfaat. Kamu akan diajak untuk mengenal lebih dalam mengenai aktivitas yang biasa dilakukan oleh masyarakat sekitar.

Di objek wisata ini banyak terdapat kelompok peternak kambing peranakan Etawa ras Kaligesing yang menjadi binatang khas dari Purworejo. Nantinya, kamu akan diajarkan untuk bagaimana memerah susu kambing, memandikannya, hingga mengenal seluk beluk dan sejarahnya.

Kamu juga dapat melihat secara langsung proses pengolahan susu kambing dijadikan bubuk serta permen karamel. Jika tertarik kamu bisa datang langsung ke Desa Tlogoguwo. Kamu juga bisa berkunjung ke destinasi terdekat seperti Gua Anjani, Curug Setwaing, dan kolam renang.

19. Curug Silangit

curug silangit

Foto: IG @arf_017

Di Desa Donorejo terdapat sebuah kawasan curug yang unik. Kawasan ini terdiri dari 3 tingkat curug, dengan nama yang berbeda. Curug paling atas dengan ketinggian sekitar 30 m diberi nama Curug Silangit, kemudian Curug Tengah, hingga yang paling bawah bernama Curug Siklotok.

Kawasan objek wisata ini masih sangat tersembunyi dan aksesnya juga bisa dibilang sangat sulit. Namun, nantinya kamu akan melihat keindahan dari air terjun bak lukisan.

Oleh karena itulah Curug Silangit dikenal dengan julukan surga tersembunyi. Letak dari curug ini juga berada dekat dengan destinasi ekowisata Sungai Mudal yang tak kalah kerennya.

Kamu bisa berkunjung kapan saja ke curug ini dan menghabiskan waktu sepuasnya hanya dengan membayar retribusi seharga 2,5k.

20. Gunung Kunir

gunung kunir

Foto: IG @adityo_tomo

Walaupun bernama Gunung Kunir, objek wisata kali ini tidak setinggi gunung-gunung pada umumnya. Gunung ini hanya berada di ketinggian sekitar 975 mdpl dan masih tergabung dalam satu bagian dari Pegunungan Menoreh.

Walaupun begitu, banyak masyarakat yang masih sering berlibur kesini untuk sekadar bersantai atau bahkan berkemah. Nantinya, kamu akan disuguhkan pemandangan yang indah dari megahnya 4 gunung sekaligus, yakni Gunung Sindoro, Gunung Merbabu, Gunung Merapi, dan Gunung Sumbing.

Pemandangan dari Candi Borobudur juga bisa kamu saksikan dari tempat wisata ini. Gunung Kunir memiliki 2 puncak, yakni dengan puncak pertama yang biasa digunakan untuk tempat camping dan puncak kedua yang cukup sempit dan berbahaya.

Di puncak kedua ini kamu harus sangat berhati-hati karena disekelilingnya terdapat jurang yang cukup dalam. Kamu bisa menuju objek wisata ini melalui Desa Benowo dan cukup membayar retribusi dengan tarif 5k.

21. Air Terjun Kyai Kate

air terjun kyai kate

Foto: IG @husnanahmad050

Salah satu destinasi air terjun yang terkenal di Purworejo adalah Air Terjun Kyai Kate. Nama Kyai Kate ini sendiri merupakan seorang sesepuh desa yang sangat berjasa dalam penyebaran agama Islam di daerah ini.

Jika berkunjung ke tempat ini kamu dapat melihat pemandangan indah dari air terjun yang berada di dua bukit. Dua bukit ini bernama Bukita Watukuwuk dan Bukit Munggangsari.

Kamu juga bebas bermain air di kolam air terjun setinggi 25 meter ini, walaupun begitu tetap harus berhati-hati karena debit air yang dihasilkan cukup deras. Air Terjun Kyai Kate ini terletak di Kepdang, Bruno.

Untuk aksesnya tidak sulit kok, karena jalan di sekitar objek wisata sudah diperbaiki. Kamu cukup membayar tiket seharga 8k untuk menikmati sensasi berlibur disini.

22. Bukit Sikepel

bukit sikepel

Foto: IG @dwikuncoro__

Bukit Sikepel merupakan salah satu destinasi wisata yang menawarkan nuansa khas hutan pinus yang unik dan cukup menarik. Seperti namanya, area perbukitan ini hanya berupa tanjakan landai dan tidak terlalu luas.

Oleh karena itu diberi nama “Sikepel” yang berarti genggaman tangan. Walaupun tidak terlalu luas, tempat ini masih sering dikunjungi oleh para wisatawan dan tak jarang menjadi tempat yang favorit untuk menghabiskan waktu liburan.

Berbagai fasilitas pendukung juga telah disediakan, seperti aneka spot foto yang unik dan instagenic, jalur ATV, dan taman bermain. Di objek wisata ini juga memiliki area terbuka beserta panggungnya.

Jadi jangan heran jika kawasan ini sering dijadikan tempat menggelar acara seperti pentas, ulang tahun, bahkan wedding. Jika tertarik kamu bisa menuju ke daerah Kembang Kidul, nantinya kamu akan disambut dengan banyak kukupan yang bergelantungan disekitar pintu masuk.

23. Pantai Pasir Puncu

pantai pasir puncu

Foto: IG @aldenpraptono

Di daerah Harjobinangun juga memiliki sebuah destinasi wisata pantai yang populer bernama Pantai Pasir Puncu. Uniknya pantai ini merupakan sebuah muara dari 3 sungai yaitu Kali Rebung, Kali Kedungmacasan, dan Kali Pedegolan.

Saat menginjakkan kaki di pantai ini, nantinya kamu akan mendapat sajian pemandangan menawan khas pantai. Dengan air yang berwarna kebiruan dan sangat jernih serta kondisi sekitar yang masih alami dengan ditumbuhi banyak pohon cemara.

Di pantai ini kamu juga dapat menemukan tempat pelelangan ikan segar langsung dari para nelayan. Cukup unik bukan? Tak hanya itu kamu juga bisa berswafoto serta menaiki perahu tempel yang banyak terdaopat di pinggir pantai.

24. Curug Tawing

curug tawing

Foto: IG @yasuspade_

Curug Tawing menjadi salah satu curug yang berada di kawasan perbukitan hijau yang masih alami dan dikelilingi oleh hutan pinus. Arti nama Tawing adalah tebing.

Hal ini berkaitan dengan lokasinya yang berada di sisi barat bukit hutan pinus dan tepat di sisi tebing sebelah utara Goa Anjani. Ketinggian yang dimiliki oleh Curug Tawing diperkirakan sekitar 100 meter dengan bentuk yang berundak-undak.

Air dari curug ini sangat jernih bahkan digunakan masyarakat setempat untuk keperluan minum ataupun mandi. Kamu juga akan merasakan udara yang sejuk jika berada di tempat ini.

Lokasi dari curug ini berada di Kaligesing. Tiket masuknya juga sangat terjangkau yakni hanya 5k per orangnya.

Dengan keindahan dan kenyamanan yang ditawarkan, dijamin deh kamu akan betah berlama-lama disini.

25. Kedung Gulo

kedung gulo

Foto: IG @nisaaaso

Wisata air di Purworejo selanjutnya yang bisa kamu kunjungi adalah Kedung Gulo. Objek wisata ini berada di daerah Kalitapas, dan lokasinya sedikit terpencil.

Untuk menuju ke tempat ini kita harus melewati jalan setapak dan hutan yang dipenuhi dengan tumbuhan berbuah. Objek wisata ini adalah salah satu bagian dari aliran sungai yang memiliki sebuah telaga kecil atau kedung.

Bentuk sungai ini berundak-undak dan sangat instagenic, kamu bisa berswafoto di spot ini. Dari sekitar kawasan ini juga terdapat sebuah air terjun dengan air yang tenang dan sangat segar.

Nah itu dia sob, ulasan tentang 25 wisata hits di Purworejo dan sekitarnya dan bisa kamu kunjungi. Ajak kawan dan keluarga untuk ikut berlibur bersama, pasti suasana liburanmu akan bertambah seru.

Happy Vacation sob! (dindaidhy)

Artikel Lainnya

Leave a Comment