Home » 25 Rekomendasi Makanan Khas Jepara Paling Enak

25 Rekomendasi Makanan Khas Jepara Paling Enak

by GaleriWisata.id
jepara

JEPARA adalah salah satu kota sejarah di Jawa Tengah yang sudah sangat terkenal namanya. Berbagai destinasi wisata baik alam, budaya, sejarah, hingga kuliner tersedia di kota kelahiran RA Kartini ini.

Untuk kulinernya sendiri, makanan di Jepara terbilang sangat unik dan terbuat dari bahan-bahan alami. Berikut minGal sajikan ulasan tentang 25 rekomendasi makanan khas Jepara yang paling enak.

1. Moto Belong

moto belong

Foto: www.id.wikipedia.org

Makanan tradisional lain dari Jepara yang unik adalah moto belong. Penamaan makanan ini terinspirasi dari bentuknya yang seperti mata dengan bagian tengahnya sedang melotot.

Selain nama dan bentuknya yang unik, makanan ini juga sangat spesial. Pasalnya menurut cerita warga, moto belong dipopulerkan langsung oleh RA Kartini.

Terbuat dari singkong yang diparut kemudian dibentuk bundar, lalu diberikan tambahan pisang pada bagian tengahnya. Kamu bisa membeli makanan ini di pasar tradisional dengan harga 5k saja.

2. Kuluban

kuluban

Foto: www.cookpad.com

Jika kamu ke Jepara, kurang lengkap rasanya jika belum mencicipi kuluban. Makanan ini terbuat dari berbagai macam sayuran yang ditambahkan bumbu dari parutan kelapa.

Isian sayurnya biasa menggunakan daun singkong, kangkung, labu siam, tauge, petai, kandang panjang, nangka muda dan sawi. Sedangkan untuk bumbunya terbuat dari parutan kelapa dicampur terasi, cabai, dan gula.

Oleh karena itu, kuluban juga dikenal dengan saladnya orang Jepara. Karena terbuat dari bahan-bahan yang alami dapat dipastikan makanan satu ini sangat sehat dan aman untuk kamu konsumsi.

Kuluban banyak dijual di pasar dan warung tradisional dengan harga yang sangat terjangkau. Cukup dengan 5k saja kamu sudah dapat seporsi makanan dengan citarasa yang unik ini.

3. Horok-Horok

horok-horok

Foto: www.infomakanantradisional.wordpress.com

Salah satu makanan ringan khas Jepara adalah horok-horok. Makanan ini sudah saya sangat terkenal dan melegenda di kalangan masyarakat sekitar.

Bahan dasar dari pembuatan horok-horok adalah tepung aren yang sudah diolah dengan santan dan gula pasir. Uniknya makanan ini juga bisa dijadikan berbagai macam olahan, seperti dicampur dengan gulai, minuman hangat, petis, dan juga bakso.

Sayangnya seiring berjalan waktu horok-horok sudah sangat sulit ditemui. Walaupun begitu, kamu masih bisa mencarinya di pasar-pasar tradisional dan membelinya dengan harga yang sangat murah yakni 5k.

4. Pindang Serani

pindang serani

Foto: www.resepkoki.id

Jepara mempunyai berbagai macam makanan dari bahan dasar ikan. Salah satunya yang sangat rekomendasi adalah pindang serani.

Untuk membuat makanan ini biasanya digunakan daging ikan kerapu, ikan kakap atau ikan bandeng. Pindang serani sendiri sebenarnya adalah sebuah sup ikan yang memiliki cita rasa pedas, manis, dan asam.

Rasa ini didapat dari perpaduan bumbunya yakni belimbing wuluh, daun bawang, tomat, bawang merah, dan bawang putih. Tak hanya tersedia di pasar tradisional atau warung pinggir jalan, pindang serani juga banyak disajikan di resto ataupun rumah makan besar.

Dengan merogoh kocek mulai dari 15k , kamu sudah bisa merasakan seporsi makanan yang lezat ini.

5. Sambal Samtis

sambal samtis

Foto: www.smart-centre.blogspot.com

Untuk para pecinta sambal, wajib banget untuk mencicipi sambal khas Jepara yang satu ini. Namanya sambal samtis dan terbuat dari bahan yang unik yakni campuran sambal cabai dan petis udang.

Untuk membuatnya juga diperlukan beberapa bahan antara lain kecap, garam, bawang putih, dan cabai rawit. Perpaduan rasa asin dan pedas tentu akan sangat memanjakan lidah.

Apalagi jika dinikmati bersama nasi yang hangat, beuh top markotop deh. Selain dinikmati di tempat, kamu juga bisa nih membeli sambal ini untuk dijadikan buah tangan.

Kamu dapat membelinya mulai dari harga 5k per porsi.

6. Es Gempol

es gempol

Foto: Shutterstock

Siang-siang jalan jalan di Kota Kartini, cocoknya mencicipi hidangan dingin seperti es. Es Gempol adalah salah satu es khas Jepara yang wajib kamu cicipi.

Rasanya manis dan segar apalagi jika dinikmati saat siang hari, beuh nikmat! Es gempol sendiri terbuat dari gempol atau pleret yang dicampur dengan santan dan gula cair.

Untuk gempol atau pleretnya dibuat dari bahan tepung beras yang dibentuk bulat dan diberi warna. Setelah itu nantinya adonan gempol akan dimasak dengan cara dikukus.

Di sepanjang kota kamu bisa menemui penjual makanan ini. Jadi bisa banget kamu cicipi dimana saja. Untuk harga juga sangat terjangkau hanya 6k per mangkuknya.

7. Bakso Ekor Kuning

bakso ikan ekor kuning

Foto: www.indonesiakaya.com

Eits jangan salah duga dulu sob, walaupun bernama ekor kuning, bukan berarti bakso ini memiliki ekor ya. Nama ekor kuning sendiri diambil dari bahan dasar bakso yaitu ikan ekor kuning yang terkenal enak.

Wah, unik ya jika biasanya kita menemukan bakso dari daging sapi kini kita bisa mencicipi bakso dari bahan ikan laut. Selain unik, rasanya juga sangat menggugah selera dengan tekstur yang lebih kenyal, dan gurih

dijamin deh akan bikin ketagihan. Uniknya lagi, walaupun terbuat dari ikan, tetapi bakso ini tidak ada rasa atau bau amis sedikitpun. Kamu bisa mencicipi semangkuk bakso dengan isian mie kuning, bihun, seledri, dan daun bawang.

Harganya juga sangat merakyat yakni 8k per mangkuk.

8. Kacang Jepara

kacang jepara

Foto: www.tic.jepara.go.id

Jika berkunjung ke suatu daerah tentunya kita wajib untuk membeli oleh-oleh atau buah tangan. Termasuk jika kita berada di Jepara, wajib banget untuk beli oleh-oleh khasnya yakni kacang jepara.

Kacang jepara adalah kacang tanah yang diolah dengan cara dipanggang (oven) menggunakan media pasir. Namun, sebelum dipanggang kacang ini akan diberi bumbu yang terbuat dari bawang putih, ketumbar, dan jinten. Wah unik sekali ya sob.

Karena terbuat dari cara yang tidak biasa, tentu saja rasa yang ditawarkan juga sangat otentik. Di pasaran tersedia 2 macam rasa yakni asin dan manis.

Baca juga :  10 Cafe Hits dan Tempat Nongkrong Di Ambarawa Paling Baru

Kamu bisa membelinya di toko oleh-oleh dengan harga perkilonya sekitar 20k.

9. Adon-Adon Coro

adon adon coro

Foto: www.goodnewsfromindonesia.id

Selain es gempol, ada juga nih minuman tradisional khas Jepara lainnya. Nama minuman ini adalah adon-adon coro.

Bedanya, minuman satu ini lebih cocok dinikmati dengan kondisi masih hangat. Adon-adon coro terbuat dari berbagai macam bahan rempah seperti cengkeh, kayu manis, bubuk merica, lengkuas, dan pandan.

Lalu nantinya akan disiram dengan kuah santan, gula Jawa, dan jahe. Tak jarang masyarakat sekitar menjadikannya sebagai jamu untuk kesehatan badan.

Karena terbuat dari berbagai macam rempah, tentu saja akan terasa hangat saat masuk ke dalam tubuh. Cocok banget menemanimu saat hujan dan suasana dingin tiba.

Kamu bisa membelinya dengan harga 10k di warung dan pasar-pasar tradisional.

10. Rondo Royal

rondo royal

Foto: www.sajiansedap.grid.id

Rondo royal atau yang juga dikenal dengan nama monyos ini adalah salah satu jajanan ringan khas Jepara berikutnya. Cita rasanya nikmat dan bikin nagih.

Terbuat dari bahan dasar tape singkong yang kemudian digoreng. Sebelum digoreng, tape singkong ini dicampur dengan tepung terigu, vanili, penyedap rasa, dan gula.

Rasanya gurih dan manis, sangat lezat jika dinikmati dalam kondisi masih hangat. Per porsi, makanan ini dijual  hanya 5k saja.

Kamu bisa membelinya di pasar-pasar tradisional dan cafe sekitar Jepara.

11. Singit

singit

Foto: www.resepnusantara.id

Jika di daerah Sumatera terkenal dengan rendangnya, Jepara juga memiliki makanan serupa yang bernama singit. Bedanya, makanan khas kota Kartini ini memiliki bumbu yang lebih encer dan menggunakan daging dari bagian jeroan sapi.

Makanan yang terbuat dari daging sengkel ini dimasak dengan berbagai macam bumbu. Ada santan, kecam manis, garam, gula merah, bawang merah, dan bawang putih.

Citarasanya sangat unik dan memanjakan lidah, dijamin nikmat deh. Kamu bisa mencicipi makanan khas ini di rumah makan ataupun resto yang ada di Jepara.

Per porsinya biasa dijual dengan harga 20k.

12. Blenyik

blenyik

Foto: www.facebook.com

Untuk pecinta makanan olahan hasil laut, bisa banget nih kamu cicipi blenyik khas Jepara. Makanan satu ini terbuat dari ikan-ikan teri kecil yang dikumpulkan menjadi satu.

Lalu nantinya akan dibuat olahan dan dibentuk seperti bakwan atau bala-bala. Setelah jadi, blenyik akan dicampurkan menjadi satu adonan bersama tepung terigu, merica, garam, dan kemiri sebelum akhirnya digoreng.

Memiliki rasa yang gurih dan asin, tentu sangat nikmat apabila dipadukan dengan nasi hangat. Kamu juga bisa membelinya untuk dijadikan cemilan dan oleh-oleh.

Biasanya, blenyik dijual di pasar tradisional dan juga toko oleh-oleh. Kamu juga bisa membelinya di kawasan sekitar pedagang ikan.

Untuk harganya dipatok dengan garis kisaran 10k per bungkus.

13. Opor Panggang

opor panggang

Makanan khas Jepara yang tidak kalah mengenyangkan berikutnya adalah opor panggang. Nama makanan ini diambil dari cara pemasakan daging opornya.

Aroma khas akan sangat tercium dari daging yang sudah dibakar ini. Untuk dagingnya, biasa menggunakan daging ayam kampung yang kemudian diolah dengan santan, daun jeruk, dan bawang.

Setelah matang, nantinya opor panggang akan disajikan diatas mangkuk dengan ditemani lontong ataupun ketupat. Harga yang ditawarkan juga sangat murah, hanya berkisar 15k per porsinya.

Wah menarik ya, sudah sangat murah porsinya juga banyak. Nagih banget deh, dijamin gak bikin nyesel.

14. Sego Dodok

sego dodok

www.facebook.com

Jika kamu berada di Jepara, sempatkanlah untuk mengunjungi angkringan-angkringan yang berada di pinggir jalan. Nantinya kamu akan menemukan salah satu makanan khas yang bernama sego dodok.

Berbeda dengan nasi pada umumnya, sego ini terbungkus dalam daun pisang dengan porsi yang kecil. Nasi ini biasanya berisi bihun kecap atau oseng pepaya muda.

Setidaknya di setiap angkringan menyediakan kurang lebih 15 jenis lauk pauk tambahan seperti sate usus dan aneka gorengan. Dinamakan sego dodok karena memang nasi ini dimakan di warung-warung lesehan dan terkesan jongkok.

Harganya juga sangat murah dari mulai 1,5k hingga 2,5k tergantung pilihan lauknya.

15. Bakso Bambu Runcing

bakso bambu runcing

Seperti namanya, bakso khas Jepara ini berbentuk runcing seperti bambu yang dipotong ujungnya. Unik ya sob, jika biasanya kita menyantap bakso dengan bentuk bulat, sekarang kita bisa mencicipi bakso dengan bentuk yang berbeda.

Karena keunikannya inilah membuat makanan ini masuk dalam rekomendasi yang wajib kamu coba. Bakso bambu runcing ini berisi kuah kaldu, tetelan sapi pada, dan juga taburan bawang.

Tentu sangat nikmat dengan kuahnya yang kental segar. Apalagi disajikan saat masih hangat, beuh nagih banget.

Jika ingin mencicipinya, kamu bisa datang ke warung bakso yang berlokasi di Pasar Baru, Ngabul, Tahunan, Jepara. Dengan hanya membayar 20k kamu sudah bisa menikmati kenikmatan satu porsi bakso bambu runcing.

16. Soto Jepara

soto jepara

Foto: www.id.wikipedia.org

Sarapan pagi adalah waktu yang tepat untuk menikmati makanan berkuah seperti soto. Di Jepara sendiri ada soto yang khas dengan cita rasa yang nikmat.

Namanya soto jepara, yang hanya dibandrol dengan harga 12k per mangkuknya. Soto Jepara ini khas karena memiliki kuah kaldu yang bening kekuningan.

Ditambah lagi dengan campuran santan yang membuat rasanya semakin otentik. Pembeda lainnya dengan soto pada umumnya adalah penggunaan daun kucai sebagai pelengkap sehingga rasanya unik dan beda dengan soto kebanyakan.

Tak hanya itu, nantinya kamu juga akan disajikan semangkuk soto dengan tambahan lauk seperti sate usus, horok-horok, dan juga tahu tempe. Kebayang nikmatnya ya sob, minGal jadi ngiler hehe.

17. Kopi Tempur

kopi tempur

Foto: www.pasarkopijateng.com

Untuk para pecinta kopi, jangan ragu lagi datang ke Jepara. Karena daerah ini mempunyai kopi yang khas dengan cita rasa yang tiada duanya dan wajib untuk kamu coba.

Baca juga :  Berani Coba Promo Delivery Food dari Best Western Premier Solo Baru Ini? Dijamin Nikmat dan Bikin Nagih

Kopi khas ini bernama kopi tempur. Dinamakan demikian karena mengambil dari nama daerah asal kopi yakni di Desa Tempur, Kecamatan Keling.

Kopi ini memiliki cita rasa khas pegunungan asli yang sangat cocok untuk dinikmati saat hawa dingin menyerang.  Tubuhmu akan merasa rileks dan hangat saat mencicipi kopi satu ini.

Untuk kualitas tidak usah ditanyakan, karena kopi tempur memiliki kualitas terbaik di Jepara.  Harga yang ditawarkan juga sangat murah, hanya 20k per bungkus kopi tempur bubuk.

18. Kerupuk Tenggiri

kerupuk tenggiri jepara

Salah satu oleh-oleh dan cemilan khas Jepara berikutnya adalah kerupuk tenggiri. Selain digunakan sebagai pelengkap makanan atau cemilan, kamu juga bisa membelinya untuk dijadikan oleh-oleh sebagai tanda kamu sudah berkunjung ke Kota Kartini.

Tenang saja, untuk harganya dibandrol mulai dari 25k per kilonya. Tak hanya bisa membelinya di pusat oleh-oleh, kamu juga bisa membeli kerupuk tenggiri di pasar tradisional khususnya di kawasan Pengkol.

Jangan lupa beli yang banyak, karena kerupuk ini memiliki rasa yang unik dan sangat nikmat. Cara pembuatannya juga sangat unik, karena terbuat dari olahan ikan laut yakni ikan tenggiri.

Daging tenggiri ini nantinya akan dibuat adonan dan dicampur dengan tepung tapioka, garam, gula, dan bawang.

19. Sayur Betik

sayur betik

Foto: www.masakapaya.com

Daerah Jepara terkenal dengan masakan sayurnya yang sangat nikmat dan bercita rasa khas. Salah satunya adalah sayur betik.

Sayur ini terbuat dengan bahan utamanya yakni sayur pepaya muda dan tetelan sapi. Untuk kuahnya menggunakan bahan-bahan alami seperti daun salam, daun jeruk, pepaya muda, bawang, dan santan.

Dari bahan-bahan inilah akan menciptakan kuah yang sangat segar dan nikmat saat diseruput. Cocok banget deh untuk penghilang rasa lapar.

Kamu bisa mencicipi sayur betik dengan membelinya di restoran ataupun rumah makan sekitar Jepara. Untuk harga gak udah khawatir, murah kok hanya 10k per porsinya.

20. Bongko Mento

bongko mento

Foto: www.google.com

Bongko mento adalah makanan khas Jepara yang bentuknya sekilas mirip dengan pepes. Namun bedanya, makanan yang satu ini menggunakan isian berupa daging ayam.

Sedangkan pepes biasanya menggunakan isian ikan atau tahu. Proses memasak bongko mento dengan cara dikukus dalam sebuah bungkus daun pisang.

Tentu saja rasa yang dihasilkan akan sangat nikmat. Setelah matang, makanan ini nantinya akan disajikan bersama santan, mi soun, dan jamur.

Cocok banget nih kamu jadikan lauk pauk, ataupun cemilan. Bongko mento biasa dijual di pasar-pasar tradisional serta warung ataupun resto dengan harga yang sangat erjangkau.

Yakni mulai dari 3k per bungkusnya.

21. Sop Udang

sop udang

Foto: www.selerasa.com

Makanan dari olahan hasil laut memang sangat melimpah di Jepara. Tak hanya ikan, hasil laut lainnya seperti udang juga bisa dimanfaatkan menjadi makanan khas yang lezat.

Seperti sop udang yang sangat unik dan menggugah selera ini. Dengan bahan dasar utama udang, sup ini memiliki cita rasa perpaduan asam, manis, dan pedas.

Sop udang juga sangat baik untuk kesehatan karena dimasak dengan aneka bumbu rempah seperti pala, merica, bawang putih, dan garam.

Nantinya kamu akan disajikan hidangan sop udang dengan tambahan bihun, tauge, tomat, dan daun bawang. Selain nikmat, harganya juga cukup terjangkau yakni mulai 20k saja per porsi.

22. Carang Madu

carang madu

Sumber: www.food.detik.com

Awalnya makanan khas satu ini hanya untuk orang Tiongkok yang berada di Jepara, namun seiring berjalannya waktu seluruh lapisan masyarakat boleh menikmati makanan yang gurih dan manis ini.

Carang madu selalu laris diburu oleh para wisatawan khususnya ketika memperingati hari raya Imlek. Makanan satu ini terbuat dari bahan santan, tepung beras, dan gula.

Nama carang madu sendiri diambil dari bentuknya yang berbentuk kumpulan lembaran mirip carang atau ranting bambu dengan olesan madu diatasnya. Karena bentuknya yang kecil dan ringan, cocok sekali untuk kamu bawa pulang sebagai oleh-oleh.

Bisa kamu jadikan cemilan pengobat rindu saat pulang ke kampung halaman. Tenang saja, harganya terjangkau kok dari mulai 15k hingga 18k per bungkusnya.

23. Bontosan

bontosan

Foto: www.7terbaik.com

Selain kerupuk tenggiri, ada juga nih kerupuk khas lainnya. Namanya bontosan, terdengar cukup unik dan tidak menggambarkan seperti kerupuk ya.

Selain namanya yang unik, bentuknya juga cukup menarik nih yakni seperti gulungan. Bahan dasar pembuatan bontosan menggunakan daging ikan kerapu yang sudah diolah.

Kamu bisa memasaknya dengan cara digoreng ataupun dikukus. Setelah matang, baru deh bisa kamu nikmati bersama sambal ataupun nasi yang hangat.

Terbayang kenikmatannya ya. Jika tertarik, kamu bisa membelinya di toko oleh-oleh ataupun pasar dengan harga mulai dari 10k per bungkusnya.

24. Lontong Krubyuk

lontong krubyuk

Foto: www.dapurmamahnanda.blogspot.com

Jepara juga memiliki makanan pengganti nasi yang khas dan otentik. Namanya lontong krubyuk, dan biasa dijual dengan harga 10k per porsi.

Dengan harga yang sangat murah ini kamu sudah bisa merasakan sepiring lontong yang dicampur dengan beberapa bahan. Seperti suwiran daging ayam, tauge, dan daun seledri.

Untuk kuahnya sendiri menggunakan kaldu sapi yang kent dan tentu saja sangat nikmat. Porsinya juga cukup besar, cocok banget kamu jadikan sarapan pagi.

Dijamin mengenyangkan deh dan dapat mengganjal perut yang sedang kelaparan.

25. Turuk Bintol

25 rekomendasi Foto: www.solopos.comTuruk Bintol adalah makanan khas dari Jepara yang dengan asal daerah di Desa Pendosawalan, Kecamatan Kalinyamatan. Termasuk dalam makanan legendaris yang sudah ada sejak lama.

Sayangnya makanan ini kini tak banyak dijual dan susah ditemukan. Turuk bintol terbuat dari bahan utama ketan putih yang dicampur dengan kacang tolo.

Untuk bahan lainnya ada santan, garam, kelapa parut kasar, dan beberapa lembar daun pandan. Setelah itu dimasak dengan cara dikukus.

Nama turuk bintol sendiri diambil dari bentuk ketan yang seperti memiliki bentol-bentol (bintol). Wah cukup unik ya, jika tertarik kamu bisa membelinya di pasar-pasar tradisional.

Nah, itu dia ulasan tentang 25 rekomendasi makanan khas dari Kota Kartini Jepara yang paling enak. Sangat menarik dan menggugah selera, jadi gak usah ragu lagi dong untuk datang kesini.

Selamat menikmati sob! (Dindaidhy)

Artikel Lainnya

Leave a Comment