Home » 20 Tempat Wisata Terbaru Dan Hits di Kudus

20 Tempat Wisata Terbaru Dan Hits di Kudus

by GaleriWisata.id
Galeri Wisata

SOBAT Galwis pernah mendengar nama Kudus? Ya benar, di kota kecil ini terdapat banyak sekali produsen rokok baik skala kecil hingga yang paling besar.

Tidak itu saja, Kota Kretek ini ternyata juga memiliki banyak destinasi wisata cakep dan hits. Penasaran? Yuk intip ulasan dari minGal.

  1. Air Terjun Montel

Galeri Wisata

Foto: www.sanjayatour.com

Air Terjun Montel adalah salah satu destinasi wisata yang sangat digemari oleh para wisatawan. Banyak yang menghabiskan waktu liburannya untuk menikmati keindahan alam yang ditawarkan oleh tempat ini.

Apalagi tiketnya terjangkau yakni hanya seharga 7,5k dan memiliki fasilitas lengkap di dalamnya. Terletak di kaki Gunung Muria, tepatnya berada di area Colo, Kecamatan Dawe, kamu akan disuguhi kemegahan air terjun setinggi 50 meter.

Dengan debit airnya yang cukup deras tentu membuat siapapun yang memandang ingin segera menceburkan diri disana. Jika mau, kamu boleh kok untuk berendam atau hanya bermain di kolam yang berada di bawahnya.

Airnya asli dari sumber mata air, sehingga terasa sangat sejuk dan segar. Ditambah lagi suasana sekitar air terjun yang masih sangat asri dan dikelilingi oleh pepohonan yang hijau, dijamin deh akan membuatmu tak mau pulang dari tempat ini.

  1. Waterboom Mulia

Galeri Wisata

Foto: www.penawisata.com

Kudus memiliki objek wisata keluarga andalan dan sangat ramah untuk anak-anak. Objek wisata ini bernama Waterboom Mulia , yang letaknya berada di Jalan Raya Kudus-Colo, Kecamatan Dawe.

Di tempat ini sering dijadikan sebagai tujuan berlibur untuk para keluarga yang ingin menghabiskan waktu bersama. Banyak wahana yang seru di dalamnya seperti kolam kecil, kolam dewasa, ember tumpah, air mancur, dan masih banyak lagi.

Untuk kamu yang ingin memancing juga disediakan kok kolam khususnya, lengkap banget ya sob. Di lahan seluas 15 ha ini juga menyediakan paket outbond untuk anak-anak dari PAUD hingga SD.

Jadi jangan heran jika datang kesini kamu akan melihat banyak rombongan anak kecil yang berwisata. Untuk tiket masuk per orangnya dikenakan tarif 25k aja nih.

  1. Museum Situs Pati Ayam

Galeri Wisata

Foto: www.posjateng.id

Salah satu wisata edukasi yang terkenal di Kudus adalah Museum Situs Pati Ayam. Museum ini berada di Desa Terban, Kecamatan Jekulo dan buka setiap hari dari mulai pukul 8 pagi hingga pukul 4 sore.

Jika kamu ingin berkunjung kamu cukup membayar tiket masuk dengan tarif 5k saja perorangnya. Museum Situs Pati Ayam termasuk dalam jenis museum arkeologi yang menyimpan banyak fosil-fosil di dalamnya.

Mulai fosil hewan purba seperti kerang laut, gading Stegodon, hewan vertebrata hingga fosil manusia purba homo erectus. Fosil-fosil ini diperkirakan berumur sekitar 700.000 hingga jutaan tahun yang lalu. Uniknya di museum ini kita dapat melihat galian asli tempat penemuan fosil-fosil. Bahkan ada sebuah fosil yang masih berdiri kokoh di atas tanah galiannya, wah unik ya!

  1. The Peak View Waterboom

Galeri Wisata

Foto: www.travelspromo.com

Selain Waterboom Mulia, ada juga nih wahana wisata bahari yang wajib untuk kamu kunjungi saat berada di Kudus. The Peak View Waterboom berada di Jalan Lingkar Utara, Kayuapu Kulon, Kecamatan Bae.

Banyak wahana yang bisa kamu coba di tempat ini dan nantinya kamu hanya akan dikenakan tarif seharga 20-30k saja untuk tiket masuk. Di objek wisata ini terdapat 4 kolam yang cukup menarik, yakni kolam pancuran, kolam kecil atau kolam bermain, kolam renang, dan kolam sedang.

Di kolam-kolam ini juga terdapat banyak wahana air seperti ember tumpah, pool slide, family slide, dan masih banyak lagi. Selain karena wahananya yang lengkap dan seru, tempat ini terkenal juga karena keindahan alamnya yang masih sangat alami.

Kamu bisa menikmati dan menjelajah kawasan sekitar dengan menggunakan kereta mini yang telah disediakan. Tak hanya permainan air saja, ada juga nih taman bermain dan outbond seperti flying fox yang tak kalah mengasyikkan.

Fasilitasnya juga sangat lengkap, terdapat mushola, toilet, resto dengan makanan-makanan khas Kudus, hingga tempat oleh-oleh yang bisa kamu telusuri.

  1. Bumi Perkemahan Kajar

Galeri Wisata

Foto: www.gramho.com

Ternyata sebuah bumi perkemahan juga bisa dijadikan sebagai objek wisata yang menarik loh. Seperti yang ada di Kudus ini yakni Bumi Perkemahan Kajar yang berlokasi di Dersaya, Kecamatan Dae dan per orangnya hanya dikenakan tarif tiket masuk seharga 7k.

Di bumi perkemahan ini kamu dapat melihat dan menikmati keindahan dari hutan pinus yang pohon-pohonnya tinggi menjulang. Bahkan di beberapa bagian, sering kali tidak terkena sinar matahari. Udara yang menemani juga masih sangat sejuk dan segar, hal dipengaruhi oleh lokasinya yang berada di ketinggian 600 mdpl.

Berbagai aktivitas seru bisa kamu lakukan disini, seperti hiking, camping, dan macam kegiatan outdoor. Tak jarang banyak padepokan atau organisasi yang menyelenggarakan acara di kawasan ini.

Untuk kamu yang suka berswafoto, kamu bisa kok berfoto dengan patung-patung unik yang sangat instagenic, misalnya dengan patung anak yang sedang duduk di tepian jalan sekitar bumi perkemahan.

  1. Sendang Jodo

Galeri Wisata

Foto: mlakumlaku99.blogspot.com

Hayo disini siapa yang masih jomblo? Sepertinya tempat ini cocok untuk kamu kunjungi wahai kaum jomblowan dan jomblowati. Sendang Jodo namanya.

Seperti namanya, sendang yang berlokasi di Jambean ini identik dengan sebuah mitos yang mengabarkan bahwa siapapun yang berkunjung kesini akan segera dipertemukan dengan jodohnya dan akan dilanggengkan hubungannya. Mitos inilah yang membuat masyarakat berbondong-bondong datang ke sendang.

Walaupun sarat akan mitos, tempat ini wajib kamu kunjungi karena memiliki keindahan alam yang tiada tara sob. Kamu akan melihat kejernihan dari air yang memancar dan tidak berhenti-henti bahkan saat musim kemarau tiba.

Selain itu,dengan tiket masuk hanya 8k kamu sudah bisa berendam dan menikmati kesegaran dari kolam air yang berwarna hijau kebiru-biruan ini. Karena letak Sendang Jodo berada di Lereng Gunung Muria, tentu saja hawa sejuk dan segar akan menyelimuti tempat ini.

Apalagi di temani dengan hijaunya pepohonan, dijamin deh akan membuatmu betah berlama-lama disini.

  1. Menara Pisang

Galeri Wisata

Foto: www.seringjalan.com

Namanya cukup unik bukan ? Seperti namanya, kawasan wisata ini menyajikan sebuah menara berbentuk pisang sebagai tujuan utamanya dan langsung menjadi hits.

Baca juga :  Sentra Kuliner Depok, Perbanyak Daftar Wisata Kuliner di Semarang  

Menara Pisang ini terletak di Dukuh Watu Lumpang, Kecamatan Dawe. Nantinya kamu akan dikenakan tiket masuk seharga 15k. Disini selain bisa berswafoto di menara yang unik, kamu juga bisa melihat keindahan dari pemandangan gunung dan bukit sekitar.

Deretan gazebo juga akan menemani waktu bersantaimu di kawasan ini. Adapula camping ground yang bisa kamu manfaatkan nih, jika ingin melihat keindahan kawasan ini saat malam hari.

Untuk kamu yang suka kulineran, tenang aja tempat ini juga banyak tersedia cafe dengan menu-menunya yang lezat dan menggiurkan.

  1. Museum Jenang Kudus

Galeri Wisata

Foto: dodoljenangmubarok.com

Menjadi museum jenang pertama dan satu-satunya di Indonesia, membuat Museum Jenang Kudus menjadi tempat yang sangat terkenal dan hits di kalangan masyarakat. Tempat yang terletak di Jalan Sunan Muria No 33, Kecamatan Glantengan ini memang tidak pernah sepi dari pengunjung.

Hal ini tentu karena hal-hal menarik yang museum ini tawarkan khususnya yang berkaitan dengan makanan khas jenang. Museum ini resmi didirikan pada tahun 2017 dan meneguhkan bahwa Kudus merupakan kota penghasil jenang terbesar di Jawa Tengah.

Di dalam museum kamu akan melihat gambar ataupun miniatur yang menceritakan aktivitas masyarakat setempat pada tahun 1930 di Pasar Bubar Menara sebagai pasar jenang pertama di Kudus lengkap dengan proses pembuatan jenangnya. Tak hanya itu, di museum ini juga menggambarkan suasana komplek Masjid Menara dan makam Sunan Kudus yang tersusun dengan rapi dalam satu maket beserta sebuah kitab Al Quran besar di sampingnya.

Ada juga nih rumah adat Kudus dan miniatur menara setinggi 5m yang bisa kamu saksikan disini. Pokoknya lengkap banget deh, karena museum ini memadukan aspek budaya, bisnis, seni, ekonomi, dan pariwisata.

  1. Bukit Puteran

Galeri Wisata

Foto: www.exploreindonesiagratis.blogspot.com

Lereng Gunung Muria dikenal memiliki banyak tempat wisata alam yang menakjubkan. Salah satu yang tidak boleh kamu lewatkan adalah Bukit Puteran.

Tempat ini berada di Dukuh Pandak, Kecamatan Dawe dan untuk pengunjung dikenakan tarif tiket masuk seharga 2k. Di bukit ini kamu dapat melihat keindahan Kota Kudus dari atas ketinggian.

Kamu juga bisa mendirikan tenda dan bermalam disini sambil menikmati gemerlapnya lampu-lampu kota serta bintang di langit bebas. Tentu merupakan pengalaman yang berharga ya, apalagi kamu juga akan dibuat betah karena udara di tempat ini sangat sejuk dan segar.

Selain menikmati keindahan alam, kamu juga bisa berwisata kuliner nih di bukit yang berada di ketinggian 900 mdpl ini. Nantinya kamu akan dapat menemukan warung sederhana diatas bukit, warung ini menjual makanan dan cemilan khas Muria.

Seperti kopi hitam dengan citarasa yang khas serta sejenis bakso khas yang diberi nama pentol.

  1. Desa Wisata Rahtawu

Galeri Wisata

Foto: www.ihategreenjello.com

Di kawasan Lereng Gunung Muria tepatnya di Kecamatan Gebog terdapat sebuah desa wisata yang wajib kamu kunjungi. Namanya Desa Wisata Rantawu.

Desa ini berada di ketinggian sekitar 1627 mdpl dan tentu saja memiliki hawa yang sangat sejuk dan segar. Kamu juga akan melihat pesona alam yang indah jika berkunjung ke desa ini.

Cocok banget untuk kamu yang ingin melepaskan penat dari suntuknya pekerjaan selama seharian. Disini kamu juga bisa menemukan tempat-tempat yang unik dan bersejarah sehingga bisa menambah pengetahuanmu.

Tak hanya bangunan bersejarah, di Desa Wisata Rahtawu juga banyak terdapat bangunan pertapaan atau petilasan yang memiliki banyak mitos didalamnya. Untuk kamu yang ingin berburu kuliner khas seperti Enthog, bisa banget nih berkunjung kesini.

Karena banyak sekali penjual makanan tradisional di tempat ini yang menawarkan dagangannya dengan harga murah meriah.

  1. Gray Canyon

Galeri Wisata

Foto: www.javatravel.net

Jika berkunjung ke Kota Kudus, tak lengkap rasanya jika belum datang ke salah satu objek wisata kebanggaan bernama Gray Canyon. Objek wisata ini sudah sangat terkenal namanya bahkan pernah menjadi sirkuit offroad tingkat nasional pada tahun 2010.

Tak hanya itu, keindahannya juga sering disandingkan dengan Grand Canyon yang ada di Arizona. Awalnya tempat ini bukanlah sebuah tempat wisata, melainkan sebuah lokasi pertambangan.

Seiring berjalannya waktu, aktivitas tambang membuat tempat ini menjadi lokasi yang sangat unik, oleh karena itu masyarakat sekitar menjadikannya sebagai objek wisata. Keunikan inilah yang membuat para wisatawan tersihir dan penasaran untuk datang berkunjung.

Pemandangan yang ditawarkan masih sangat alami dan indah. Tentu saja sangat instagenic, kamu bebas kok untuk menjelajahi kawasan sekitar. Tak jarang, para fotografer-fotografer terkenal juga melakukan shoot di tempat ini.

  1. Wana Wisata Ternadi

Galeri Wisata

Foto: www.tokoilmukita.blogspot.com

Salah satu objek wisata yang sedang hits di Kudus adalah Wana Wisata Ternadi. Objek wisata ini terletak di Kecamatan Dawe dan mulai beroperasi sejak tahun 2017 dengan tiket hanya 5k per orangnya.

Disini kamu bisa menikmati keindahan alam yang luar biasa dari atas Pegunungan Muria. Pemandangan Kota Kudus dari atas, pepohonan yang hijau serta objek-objek menarik lainnya.

Kamu juga bisa melihat pemandangan luar biasa dari Waduk Logung yang menghias disekitar lokasi ini loh. Seru banget ya.

Eiits tak cukup sampai disitu, kamu juga bisa nih bebas berswafoto di spot-spot yang telah disediakan. Cukup beragam dan tentu sangat instagenic, seperti gardu pandang, gardu pandang bertuliskan “I Love You”, bunga matahari berukuran raksasa, perahu kayu, dan masih banyak lagi.

Dijamin setelah berkunjung kesini kamu tidak akan kehabisan stok foto lagi deh.

  1. Taman Lampion

Galeri Wisata

Foto: www.antarafoto.com

Suka dengan kerlap-kerlip dari lampu lampion? Wah, kamu harus nih datang berkunjung ke Taman Lampion.

Taman ini berlokasi di Jalan Gor No. 103 dan buka setiap hari. Bahkan kamu juga tidak perlu mengeluarkan kocek sepeserpun sob.

Jika kamu datang kesini, kamu akan dapat melihat keindahan dari puluhan lampion yang berbentuk binatang dan terbuat dari akrilik. Lampu-lampu ini terletak menghias sekeliling taman sehingga sangat menakjubkan apalagi jika disaksikan pada malam hari.

Cocok banget untuk menikmati suasana yang romantis bersama pasangan dan keluarga ya. Selain itu, taman yang letaknya dekat dengan stasiun kereta api ini juga memiliki taman bermain untuk anak-anak.

Spot fotonya juga beragam, dari mulai miniatur hewan, bunga lampion, hingga tokoh kartun yang lucu-lucu. Dijamin deh foto yang akan kamu dapatkan sangat instagenic dan kece abis.

  1. Sumber Air Tiga Rasa Rejenu

Galeri Wisata

Foto: www.travel.dream.co.id

Dicsebelah utara Makam Sunan Muria dan di atas Air Terjun Montel terdapat sebuah sumber air yang sangat menarik. Namanya Sumber Air Tiga Rasa Rejenu, dikatakan cukup unik karena sumber air ini memiliki kisah dan berbagai mitos.

Baca juga :  4 Taman Kelinci di Semarang dan Sekitarnya

Seperti namanya, di sumber air ini kamu bisa merasakan 3 macam rasa yang berbeda. Pada bagian pertama kamu akan merasakan rasa masam yang dipercaya untuk mengobati segala macam penyakit.

Di bagian kedua yang rasanya seperti soda, dipercaya berguna untuk meningkatkan rasa percaya diri. Lalu di bagian ketiga memiliki rasa seperti tuak atau arak yang gunanya berkaitan dengan urusan rejeki.

Namun, untuk bisa menikmati air ini kamu juga harus memperhatikan beberapa nih sob. Seperti kamu harus yakin bahwa air itu berkhasiat, jika kamu saja masih ragu nantinya kamu hanya akan merasakan air tawar seperti biasa.

Rasa air tawar ini juga berlaku jika kamu meminum ketiga air ini secara bersamaan.

  1. Taman Oasis

Galeri Wisata

Foto: www.kaskus.co.id

Taman Oasis merupakan taman yang cukup menarik perhatian. Pasalnya di taman ini banyak monumen-monumen raksasa yang identik dengan pabrik rokok terkenal.

Pabrik rokok yang dimaksud adalah PT Djarum, karena memang sejatinya taman ini hanya milik perusahaan terserbut.

namun karena keindahannya akhirnya taman ini dibuka untuk umum. Taman yang berada di Desa Gondong, Kecamatan Dae ini memang cukup unik.

Kamu akan melihat monumen seperti sebatang rokok, tugu dengan kerlap-kerlip lampu, dan masih banyak lagi. Tentu merupakan tempat yang tempat untukmu berburu foto yang instagenic ya.

Spot foto tak hanya sampai disitu saja, kamu juga bisa bebas berfoto di pepohonan hijau atau bunga yang berwarna-warni menghias taman. Suasananya juga sangat segar dan menenangkan, tak heran jika Taman Oasis sering dijadikan tempat untuk nongkrong ataupun mengadakan piknik kecil-kecilan bersama keluarga.

  1. Air Terjun Kalibanteng

Galeri Wisata

Foto: www.travel.okezone.com

Termasuk dalam kawawan Desa Wisata Rahwatu, Air Terjun Kalibanteng juga sangat terkenal di kalangan masyarakat. Air terjun ini memiliki keunikan yang juga menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Keunikan ini dapat kita lihat dari 3 tingkat yang berbeda.

Tingkat pertama berada tepat dibawah air terjun dan cukup lebar sehingga sering digunakan oleh orang dewasa untuk berenang. Sedangkan pada tingkatan kedua dan ketiga, cukup dangkal sehingga aman digunakan untuk anak-anak bermain.

Air disini masih sangat jernih dan segar, apalagi letaknya yang berada di lereng Pegunungan Muria, tentu udara sejuk juga akan menemanimu. Kabar baiknya lagi nih sob, tiket masuk ke kawasan ini sangat terjangkau loh hanya 5k saja.

Jadi gak perlu ragu lagi kan berkunjung kesini.

  1. Museum Kretek Kudus

Galeri Wisata

Foto: www.id.wikipedia.org

Kudus terkenal dengan sebutan Kota Kretek. Oleh karena itu, kurang lengkap rasanya jika kamu belum berkunjung ke museum khas kota ini yakni Museum Kretek Kudus.

Museum ini berada di Jalan Getas Pejaten Nomor 155 dan hanya mematok harga tiket 3k saja perorangnya. Di museum ini pengetahuanmu tentang dunia kretek akan bertambah.

Pasalnya terdapat sekitar 1195 koleksi kisah tentang perkembangan kretek dari tahun ke tahun. Koleksi initerdiri dari g ambar dokumentasi, alat giling cengkeh, alat giling tembakau, alat perajang tembakau, dan miniatur-miniatur jenis produk dari jaman dahulu.

Uniknya lagi, museum rokok satu-satunya di Indonesia juga mempunyai replika rumah adat Kudus (Rumah Joglo Pencu) di halaman museumnya. Di lahan seluas 2,5 ha ini tak hanya menyajikan keindahan dari museum saja, namun juga ada taman bermain dan tempat hiburan seperti waterboom dan bioskop mini.

Untuk tiket waterboom ini dijual terpisah yakni seharga 10-15k.

  1. Air Terjun Watu Gompeng

Galeri Wisata

Foto: www.fimela.com

Air Terjun Watu Gompeng adalah salah satu destinasi wisata yang berada di Kecamatan Dawe, tepatnya di Desa Kuwukan. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 25 meter dan untuk kamu yang ingin berkunjung nantinya akan dikenakan tiket masuk dengan tarif 2k per orangnya.

Untuk menuju ke air terjun ini membutuhkan perjalanan yang cukup panjang dan menantang. Nantinya kamu akan melewati hutan dengan pepohonannya yang rimbun, serta akan melewati kebun dan ladang warga sekitar yang tumbuh dengan subur.

Walaupun begitu, perjalananmu akan terbayarkan ketika melihat keindahan alam dari Air Terjun Watu Gompeng. Air yang jernih dan berasal dari Pegunungan Muria ini muncul dari sela-sela bebatuan besar.

Bahkan beberapa air terjun kecil juga terbentuk di beberapa titik, ditemani dengan kicauan burung membuat pemandangan kian eksotis.

  1. Air Terjun Pengantin

Galeri Wisata

Foto: www.perpus.jatengprov.go.id

Kudus memang terkenal dengan tempat-tempat yang banyak mengandung mitos. Salah satunya adalah mitos yang berasal dari Air Terjun Pengantin.

Air terjun ini mempunyai mitos yang berkenaan tentang pasangan atau suatu hubungan. Menurut masyarakat sekitar, jika pasangan pengantin baru datang berkunjung nantinya salah satu dari mereka akan menghilang begitu saja tanpa alasan.

Wah berkebalikan dengan Sendang Jodo ya sob. Eiitts, tapi kamu tidak perlu takut karena ini hanyalah sebuah mitos saja, belum terbukti kebenarannya.

Nama sendang pengantin diberikan juga karena kondisi dari air terjun yang terbagi menjadi dua layaknya sepasang pengantin ini. Tak jarang, nama air terjun Kembar juga melekat di kawasan ini.

Jika kamu tertarik, cukup arahkan kendaraanmu ke Dusun Bakaran, Piji, Kecamatan Dawe dan berada disebelah barat Masjid Benter.

  1. Gerbang Kretek Kota Kudus

Galeri Wisata

Foto: www.kudusnews.com

Satu lagi nih tempat yang mengukuhkan bahwa Kudus merupakan Kota Kretek. Tempat ini adalah Gerbang Kretek Kota Kudus atau yang sering disingkat dengan GKKK yang berdiri di atas lahan seluas 1106 meter persegi.

Monumen ini berbentuk daun tembakau yang memayungi sisi kanan dan kiri ruas jalan. Pembuatan monumen ini dimulai sejak tahun 2013 dan diresmikan pada tahun 2014.

Karena keindahannya, monumen GKKK ini mendapat predikat monumen termegah di Indonesia bahkan di Asia Tenggara loh… wah membanggakan sekali ya. Tak hanya sebuah monumen untuk ikon daerah saja.

Monumen ini juga memilik banyak menyimpan filosofi. Misalnya saja ruas jarinya yang berkisar 59 itu menggambarkan 5 rukun islam dan 9 wali, lalu dibangunnya empat tiang cengkeh itu berarti melambangkan 4 pilar negara, dan masih banyak lagi deh.

Wah, ternyata banyak sekali ya wisata-wisata yang berada di Kudus. Sangat menarik dan hits bahkan beberapa diantaranya mendapatkan predikat nasional dan internasional. Sungguh membanggkan sekali!

Jadi gak perlu ragu lagi ya untuk berkunjung kesini, dijamin kamu akan dibuat puas dan ingin kembali lagi hehe. Happy Vacation sob! (dindaidhy)

Artikel Lainnya

Leave a Comment