Home » 20 Tempat Wisata Terbaru dan Hits di Kendal

20 Tempat Wisata Terbaru dan Hits di Kendal

by GaleriWisata.id
Galeri Wisata

JAWA Tengah memang mempunyai banyak destinasi wisata yang menarik dan tersebar di berbagai daerahnya. Salah satu daerah yang mempunyai banyak potensi wisata adalah Kendal.

Tak hanya terkenal dengan sebutan negeri seribu curugnya saja, Kendal juga terkenal karena banyak destinasi wisatanya yang hits dan kekinian. Oleh karena itu, kendal terus menciptakan tempat-tempat wisata.

Nah ini dia ulasan dari 20 tempat wisata di Kendal yang terbaru dan sedang hits.

  1. River Walk Boja

River Walk Boja merupakan salah satu tempat wisata terbaru dan hits yang berada di Kendal. Destinasi wisata ini mengusung konsep taman hiburan yang bertema resto dan air.

Berbagai wahana dan area yang unik dapat kamu kunjungi. Untuk wahana permainan air tersedia kolam renang dengan ember tumpah, water canon, dan masih banyak lagi.

Wahana ini sangat cocok untuk anak-anak karena sangat mengasyikkan. Di tempat ini tersedia banyak sekali resto yang berbentuk ruko dan dihias dengan menarik.

Ruko-ruko ini mempunyai bangunan yang berbeda antara satu sama lain. Ada yang dihias dan memiliki bentuk bangunan seperti di Inggris, di Prancis, seperti toko antik, dan masih banyak lagi.

Selain untuk tempat makan, kamu tentu juga bisa berswafoto dengan latar belakang bangunan- bangunan yang unik dan menarik ini. Tak hanya itu, kamu juga bisa berswafoto di balon udara dan rumah-rumah joglo yang tersedia.

Untuk kamu pecinta hewan, destinasi wisata ini cocok sekali untuk kamu kunjungi. Kamu dapat menemukan rumah yang berisi banyak hewan. Dari mulai kucing, ikan-ikan besar, burung, dan kelinci.

Tak hanya melihatnya dari kejauhan saja, kamu juga bisa berinteraksi secara langsung dan memberi makan mereka. Bahkan kamu bisa berada di dalam kandang dan berfoto dengan mereka yang terlepas bebas.

Adapula wahana anak seperti sepeda gantung, lapangan mini untuk sepak bola, jungkat-jungkit, dan ayunan. Tempat ini juga menyediakan penginapan dengan banyak kamar.

Tak heran, jika banyak kegiatan yang diadakan di destinasi wisata yang berada di Boja ini. Untuk tiket memang cukup mahal sob, namun kamu bisa melakukan berbagai aktivitas di tempat ini.

Biaya tiket masuknya yakni berkisar 55k untuk hari biasa dan 60k untuk akhir pekan. Kamu akan mendapatkan es krim gratis dan potongan seharga 5k jika belanja di dalam kawasan ini.

  1. Pantai Cahaya

Salah satu pantai yang indah dengan fasilitas yang lengkap di Kendal adalah Pantai Cahaya. Pantai ini terletak di Desa Sendang Sikucing dan buka setiap hari dari mulai pukul 8 pagi hingga 5 sore.

Selain melihat dan menikmati keindahan dari pantai yang berair jernih, kita juga bisa mencoba wahana-wahana yang telah disediakan. Salah satu yang menarik dari tempat ini adalah adanya atraksi dari lumba-lumba.

Atraksi ini biasanya dilakukan di tempat yang tidak jauh dari bibir pantai dan kamu juga bisa berinteraksi dan berfoto secara langsung. Keistimewaan dari Pantai Cahaya yang lain adalah terdapat sebuah wahana air terjun terbesar di dunia.

Air terjun ini bernama Air Terjun Niagara. Kamu bisa berenang dan bermain air sepuasnya di wahana air terjun.

Wahana lainnya adalah mini zoo. Di wahana ini kamu dapat melihat berbagai satwa yang dikemas menjadi kebung binatang mini.

Satwa yang dapat kita liat antara lain beruang madu, aneka unggar, rusa, burung merak, dan masih banyak lagi. Tak jarang atraksi menarik dari hewan-hewan ini juga ditampilkan untuk para pengunjung.

Karena keindahannya inilah, banyak event yang sering diadakan di tempat wisata ini. Event-event ini sangat beragam dan jika beruntung, kamu juga bisa ikut berpartisipasi.

Lengkap banget ya wahana-wahananya, fasilitasnya juga sangat lengkap kok. Dijamin deh kamu bakal betah dan nagih untuk berkunjung kesini.

Untuk menikmati semua kenyamanan yang ada disini, kamu cukup membayar seharga 40k saja nih sob.

  1. Lembah Nirwana

Wisata Lembah Nirwana menjadi salah satu destinasi wisata di Kendal yang baru diresmikan. Walau begitu, kawasan ini sudah sangat terkenal dan sering didatangi oleh para wisatawan.

Daya tarik utamanya adalah menawarkan taman cantik yang memesona. Lembah Nirwana ini menjadi gudang dan tempat favorit bagi para penyuka foto selfie.

Hal ini dikarenakan banyak spot foto yang instagenic yang disediakan tempat ini. Spot foto yang bisa kamu kunjungi saat berada disini antara laim Gardu Pandang Perahu Bambu, Kincil Holland, dan masih banyak lagi.

Destinasi wisata ini juga sangat romantis loh, hal ini karena banyak sekali taman bunga yang indah dan terawat dengan baik di tempat ini. Apalagi bunga berwarna-warni, wah bisa dijadikan spot foto yang sangat instagenic ya.

Satu lagi wahana yang menarik dari tempat ini yaiu kolam renang. Kolam renang ini cukup unik karena memiliki bentuk oval dan tidak berkaporit.

Airnya jernih dan segar karena berasal dari sumber mata air asli pegunungan, Fasilitasnya juga sangat lengkap mulai dari toilet, mushola, hingga tempat penginapan.

Harga tiket masuknya juga sangat terjangkau yakni hanya seharga 5k per orang. Jika kamu tertarik kamu bisa menuju Nambangan dekat kawasan Candi Gedung Songo.

  1. Desa Wisata Sembrani

Desa Wisata Sembrani merupakan salah satu desa wisata yang cukup unik. Keunikannya itu dikarenakan desa ini terletak di antara dua desa sekaligus yakni Desa Pasigitan dan Desa Leban yang berada di Kecamatan Boja.

Nama Sembrani sendiri berasal dari sebuah singkatan yakni “Semangat Berkuda dan Bertani”. Hal ini sangat sesuai dengan apa yang menjadi daya tarik dari destinasi desa wisata ini dimana pengunjung akan diajak untuk melakukan aktivitas menanam padi dan berkuda.

Selain disediakan fasilitas area berkuda, di objek wisata ini juga terdapat kebun durian. Nantinya, kamu bisa berkeliling melihat beberapa bangunan tradisional khas masyarakat Jawa dengan menggunakan delman.

Jika tertarik kamu bisa datang kesini setiap hari mulai pukul 8 pagi hingga 6 sore. Untuk kamu yang hanya ingin masuk dan berkeliling desa kamu cukup membayar 5k saja.

Namun jika kamu ingin naik delman atau berkuda kamu bisa menambah kocek sebesar 20k.

  1. Sekartama Waterland

Sekartama Waterland merupakan destinasi wisata yang memiliki konsep pemandian buatan. Berbagai wahana permainan air yang seru bisa kamu temukan di tempat ini misalnya seluncuran dengan 3 tingkat yang menjadi wahana favorit.

Baca juga :  Kota Lama Belum Bisa Steril Kendaraan Dalam Waktu Dekat

Di tempat ini terdapat banyak kolam renang berbagai jenis, dari mulai dewasa hingga anak-anak. Tenang saja, untuk kolam renang anak-anak sangat aman kok karena kedalamannya hanya sekitar setengah meter saja.

Tak hanya kolam renang dan wahana permainan air saja yang tersedia disini, namun ada juga area lain. Seperti taman artistik yang dipenuhi tanaman palem dan rumput Jepang yang tumbuh segar.

Untuk tiket masuk ke destinasi wisata yang berada di Dusun Nawangsari ini sudah sangat terjangkau. Hanya seharga 10k hingga 15k saja kamu sudah bisa menikmati wahana dan fasilitas yang disediakan.

Fasilitasnya juga sangat lengkap nih mulai dari mushola, toilet, hingga food curt dan dijamin deh akan membuatmu nyaman berlama-lama disini.

  1. Agrowisata Ngebruk Patean

Di Desa Sidokumpul terdapat sebuah agrowisata yang hits bernama Ngebruk Patean. Di lahan seluas 234 ha ini banyak ditanami aneka macam buah dan sayuran seperti semangka, buah naga, rambutan, durian montong kualitas premium, kelengkeng unggulan, melon, cengkeh, dan masih banyak lagi.

Aktivitas yang bisa kamu lakukan di tempat ini adalah mempelajari proses pembudidayaan dari mulai penanaman hingga memanen buah secara langsung. Ada juga sebuah paket wisata bernama Paradise Jagung Manis seharga 15k dan nantinya kamu akan mendapat 10 tongkol jagung rebus/bakar.

Selain sebagai wisata keluarga yang bertemakan edukasi, di objek wisata ini juga kerapkali dijadikan sebagai tempat penelitian. Jadi jangan heran jika kamu akan melihat sekelompok mahasiswa yang sering mengunjungi tempat ini.

Jika ingin berkunjung kamu bisa datang setiap hari dari mulai pukul 8 pagi hingga 3 sore. Untuk biaya tiket masuknya juga sangat murah nih sob, yakni hanya seharga 5k saja.

  1. Danau Banaran Surugajah

Di Desa Bringinsari terdapat sebuah objek wisata alam berupa danau yang bernama Danau Banaran Surugajah. Danau yang terletak di sekitar kawasan kebun cengkeh ini sangat sering menjadi tujuan berlibur para wisatawan.

Pemandangan eksotis dari keindahan danau yang masih alami menjadi daya tarik utama. Dengan air yang sangat jernih dan bening, ditambah banyak pepohonan rimbun yang mengelilinginya membuat keindahan yang tiada tara.

Tempat ini cocok untuk kamu yang ingin refreshing dan menenangkan pikiran. Karena tempatnya jauh dari kota dan masih memiliki udara yang sejuk juga segar.

Tak hanya itu, kamu juga bisa berswafoto pada batu semen di tengah-tengah danau. Karena air yang sangat jernih, nantinya foto yang kamu hasilkan akan seperti berada di atas air.

Disediakan pula properti-properti pendukung seperti sofa busa,sepeda rakit, dan masih banyak lagi.

  1. Perkebunan Teh Medini

Area perkebunan ternyata juga bisa menjadi destinasi wisata yang menarik dan juga hits di kalangan masyarakat. Apalagi di Indonesia yang lahan perkebunannya masih sangat melimpah.

Termasuk di Kendal, yang memiliki tempat wisata bernama Perkebunan Teh Medini. Berwisata disini sangat cocok untuk kamu yang ingin bersantai dan merasakan suasana pedesaan yang masih alami.

Kamu juga akan disajikan pemandangan dari hamparan luas dari teh-teh yang menghijau dan tumbuh subur. Apalagi kawasan ini mempunyai udara yang sejuk karena lokasinya berada di kaki Gunung Ungaran.

Tak hanya hamparan dari perkebunan teh saja, kamu juga bisa berkunjung di air terjun yang berada disekitar kawasan. Untuk kamu yang senang berfoto instagramable, bisa banget kok berfoto-foto disekitar kawasan ini.

Tentu saja kamu akan mendapatkan foto yang indah dengan latar belakang alam yang masih sangat terawat. Kamu bisa berkunjung ke Ngesrep Balong, Limbangan dan cukup membayar seharga 5k saja.

  1. Pulau Tiban

Pulau Tiban merupakan sebuah pulau sisa abrasi yang kini sudah dikembangkan menjadi sebuah tempat wisata. Bahkan pulau ini juga sudah sangat terkenal di masyarakat karena keindahan yang diberikan.

Di pulau ini kamu akan disuguhkan pemandangan indah dari sebuah pantai yang masih sangat terjaga kealamiannya. Hal ini dikarenakan kawasan pulau yang berada di tengah laut dan berbatasan langsung dengan Laut Jawa.

Tak hanya area pantai, kamu juga bisa melihat keindahan dari hutan mangrove. Karena keindahannya inilah, banyak wisatawan yang berkunjung untuk berfoto bahkan melakukan prewedding disini.

Objek wisata Pulau Tiban berada di Tanjung Mulyo, Kecamatan Patebon. Jika ingin berkunjung kesini kamu harus menggunakan jasa perahu atau speedboat.

Oleh karena itu, kamu harus merogoh kocek seharga 15k.

  1. Taman Sayur

Sekitar 2 kilometer dari Curug Panglebur Gongso terdapat sebuah tempat wisata yang baru yang sedak hits. Nama dari tempat wisata ini adalah Taman Sayur dan buka setiap hari mulai pukul 7 pagi hingga 5 sore.

Daya pikat dari kawasan ini adalah banyak tersedia aneka jenis sayuran yang bisa kamu beli. Kamu bebas memilih sayuran yang masih berad di dalam pot ataupun sayuran yang sudah dipetik.

Untuk harganya tenang saja sob, karena sayuran yang ditawarkan disini memiliki harga yang sangat murah. Walaupun bernama Taman Sayur, di objek wisata ini juga banyak spot foto yang instagenic.

Spot foto ini seperti balon udara, sepeda gantung, ayunan gantung, dan masih banyak lagi. Tiket masuk dari tempat ini juga sangat terjangkau yakni hanya seharga 5k per orangnya.

Namun jika ingin menaiki wahana kamu bisa menambah biaya 20k.

  1. Kampung Djowo Sekatul

Sebuah desa wisata pasti tidak hanya menawarkan keindahan alamnya saja namun juga menawarkan sebuah wahana yang edukatif dan menarik. Hal itu juga terdapat pada sebuah desa wisata di Kendal yang bernama Kampung Djowo Sekatul.

Kampung Djowo Sekatul berada di Kecamatan Limbangan. Objek wisata ini memiliki keunikan, yakni masih banyaknya bangunan rumah joglo khas Jawa yang berdiri dan dihuni oleh warga setempat.

Tak hanya itu, kamu juga bisa melihat pemandangan alamnya yang sangat mempesona. Melihat hamparan sawah yang luas serta menikmati keindahan dari Gunung Ungaran tentu menjadi daya tersendiri bagi kampung ini.

Disediakan pula beragam jenis wahana permainan yang seru dan mengasyikkan. Permainan tersebut antara lain flying fox, outbound ground, dan kolam renang.

Kamu juga bisa menginap karena ditempat ini disediakan villa dan restoran dengan makanan khas Jawa.

  1. Taman klorofil

Kendal juga mempunyai sebuah taman yang sangat instagenic dan indah. Namanya Taman Klorofil atau yang juga disebut Hutan Klorofil.

Nama ini diberikan karena banyak tanaman yang dibudidayakan dan tumbuh subur di sekitar kawasan ini. Selain menambah keindahan dari taman dan memberikan udara yang sejuk, tanaman-tanaman ini juga bisa menjadi latarbelakang fotomu yang aesthetic.

Tanamannya sangat beragam dari mulai bunga yang berwarna-warni hingga pepohonan seperti Gandaria, Bendo, dan Menteng. Di taman ini juga disediakan fasilitas pendukung lainnya seperti jogging track, permainan anak- anak, toilet, dan tempat duduk untuk bersantai.

Baca juga :  Libur Lebaran, Jalan Pandanaran Boleh Parkir 1 Lapis

Taman Klorofil sendiri terletak di tengah kota dan hanya menempuh waktu sekitar 5 menit dari alun-alun Kota Kendal. Taman yang berfungsi sebagai paru-paru kota ini buka hanya sampai pukul 4 sore dan kamu cukup membayar retribusi parkir seharga 2k.

  1. Promas Greenland

Promas Greenland merupakan kawasan yang memiliki banyak objek wisata di dalamnya. Dari mulai objek wisata kolam renang, pemandian air panas, hingga perbukitan yang dikelilingi hutan.

Kawasan ini terletak di lereng Gunung Ungaran tepatnya di Nglimut, Gonoharjo. Oleh karena itu, udara yang dihasilkan juga sangat sejuk dan segar.

Air yang mengaliri kawasan ini juga sangat dingin karena berasal dari sumber mata air pegunungan. Banyak penginapan yang berbentuk rumah panggung dan berbahan asli kayu yang bisa kamu tempati.

Atau kamu juga bisa camping di lapangan yang luas dengan dikelilingi pepohonan dan berbatasan langsung dengan hutan. Jadi jangan heran jika di tempat ini kamu akan menemukan banyak organisasi yang menggelar acara seperti malam keakrabang, pramuka, dan masih banyak yang lainnya.

  1. Goa Kiskendo

Di Kendal terdapat sebuah objek wisata berbentuk gua yang sangat terkenal. Namanya adalah Goa Kiskendo yang berada di Desa Trayu yang buka setiap hari mulai dari pukul 7 pagi hingga 5 sore dan hanya mematok tiket seharga 5k.

Goa Kiskendo adalah wisata yang menawarkan pemandangan dari stalagmit, dan stalaktit yang eksotis. Di dalam gua ini juga mengalir sebuah sungai di bawah perut bumi namun sungai ini tidak boleh dikunjungi karena terlalu bahaya.

Uniknya, disekitar kawasan ini juga terdapat goa lain seperti goa Kempul, goa Lawang, dan goa Kampret yang memiliki banyak mitos. Sedangkan untuk goa Kiskendo, masyarakat sekitar percaya bahwa goa ini dulunya sebagai tempat bersembunyi salah satu tokoh pewayangan yang bernama Hanuman.

  1. River Tubbing

Jika suka dengan kegiatan yang memacu adrenalin, kamu bisa berkunjung ke river tubbing. Objek wisata ini buka setiap hari mulai pukul 9 pagi hingga pukul 5 sore dan berada di Dusun Genting.

Disini kamu akan diajak untuk menyusuri Sungai Kedung Wali yang mempunyai arus cukup deras. Walaupun begitu, kamu tidak usah khawatir karena pengelola telah menyiapkan alat pengaman yang terjamin seperti jaket pelampung dan helm khusus.

Kamu akan disajikan pemandangan sungai yang masih alami dan masih terawat. Dengan airnya yang jernih serta batu-batu hitam yang berjejer rapi menghias pinggiran sungai, tentu akan menambah kesan eksotis sungai ini.

Untuk menikmati perjalanan air ini kamu cukup merogoh kocek seharga 60k.

  1. Kali Bladon

Kali Bladon menjadi destinasi wisata di Kendal yang meggunakan konsep pemancingan. Walaupun begitu tempat wisata ini sering dikunjungi oleh para wisatawan untuk dinikmati keindahan alamnya.

Kali dengan air yang sangat jernih dan terletak di tengah sawah yang begitu asri dan masih alami menjadikan sebuah daya tarik tersendiri. Apalagi di sekeliling kawasan ini ditumbuhi oleh pepohonan hijau yang rimbun dan membuat suasana semakin sejuk.

Kamu bebas berswafoto di kawasan ini bahkan kamu juga bisa mengambil foto saat menyusuri sungai dengan menggunakan ban rakit. Pokoknya dijamin seru deh jika kamu berkunjung kesini.

Jika tertarik kamu bisa berkunjung ke Kecamatan Brangsong dengan membayar tiket hanya seharga 2k saja.

  1. Pantai Moro

Jika pada umumnya warna pasir di pantai adalah putih kekuningan, berbeda dengan yang ada di Pantai Moro ini sob. Pasir di pantai ini memiliki warna hitam yang unik.

Tak hanya pasirnya saja yang memikat, namun keadaan alam sekitar yang masih asri juga sangat berpengaruh. Kamu dapat melihat keindahan pantai dengan airnya yang jernih dan berwarna hijiau kebiru-biruan.

Apalagi kamu juga bisa menemukan banyak tanaman tapak kuda atau kaki kuda yang sangat indah ketika mekar. Keunikan lain dari Pantai Moro juga terlihat dari adanya mercusuar di bibir pantai.

Diperkirakan mercusuar ini memiliki ketinggian 40m dan kamu bisa lebih melihat keindahan dari pantai yang eksotis yang terdapat di Kecamatan Rowosari ini.

  1. Bukit Selo Arjuno

Bukit Selo Arjuno adalah sebuah bukit batu yang menawarkan pemandangan alam yang sangat indah. Walaupun tidak terlalu tinggi, medan yang harus kita lalui cukup terjal dan esktrim apalagi bukit batu yang menjulang tinggi ini memiliki puncak yang cukup sempit.

Namun kamu tak perlu khawatir, karena pengelola setempat telah menyediakan tangga besi dan tali sebagai alat bantu untuk kamu mendaki. Walau begitu ttap hati-hati karena pijakannya licin apalagi saat kamu musim hujan.

Lelahmu akan terbayar ketika sudah sampai di puncak, kamu akan melihat keinadahan alam dari seluruh Kabupaten Kendal. Bukit Selo Arjuna sendiri terletak di Watuwalang dan hanya merogoh kocek 5k saja.

  1. Citra Asri Gonoharjo

Pemandian air panas di Citra Asri Gonoharjo berasal dari mata air panas yang bersih dan sangat jernih. Hal inilah yang menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Apalagi lokasinya yang berada diatas bukit, tentu saja keindahan alam dari pepohonan yang asri membuat tempat ini semakin menarik.

Kamu bisa berkunjung kesini dan mandi ataupun berendam, karena konon katanya air panas ini dapat menghilangkan penyakit kulit. Walaupun begitu tetap hati-hati, karena ada beberapa kolam yang terlalu panas dan juga dalam.

Fasilitas yang berada di kawasan pemandian air panas ini juga sangat lengkap dari mulai kolam air panas, pemancingan, hingga penginapan. Bahkan ada juga fasilitas pendukung seperti taman bunga, area camping, dan taman bermain anak.

  1. Pantai Muara Karang Malang

Pantai yang satu ini termasuk salah satu pantai yang masih perawan di Kendal. Walaupun belum terkenal seperti pantai-pantai lainnya, keindahan dari pantai ini juga tidak kalah kerennya.

Bahkan tak jarang objek wisata ini untuk prewedding. Dengan keadaan pantai yang masih alami, air-air yang jernih serta semiliar air sepoi-sepoi yang menemani.

Tentu menjadikan pantai ini cocok untuk menjadi salah satu refrensi liburanmu saat di Kendal. Apalagi belum banyak pengunjung, jadi dijamin masih sangat bersih dan belum tercemar.

Pantai Muara Karang Malang ini sendiri terletak di Area Sawah, Kecamatan Kangkung. Buka setiap saat dan kamu juga tidak perlu membayar alias gratis.

Nah Sobat Galwis, itu tadi ulasan dari mimin tentang 20 tempat wisata Kendal yang terbaru dan hits. Wajib banget kamu jadikan refrensi kunjunganmu nih.

Happy Vacation sob! (dindaidhy)

Artikel Lainnya

Leave a Comment