Home » 20 Tempat Wisata di Jepara Terlengkap dan Terbaru

20 Tempat Wisata di Jepara Terlengkap dan Terbaru

by GaleriWisata.id
jepara

JEPARA adalah salah satu wilayah di Provinsi Jawa Tengah yang memiliki banyak kekayaan alam dan objek wisata. Dari mulai wisata budaya hingga wisata alam, semuanya tersedia dan dikemas dalam konsep yang kekinian.

Dan berikut 20 tempat wisata di Jepara yang terlengkap dan terbaru di tahun 2020 ini.

  1. Jepara Ocean Park (JOP)

Galeri Wisata

Jepara Ocean Park (JOP)

Jika berkunjung ke Jepara, tak lengkap rasanya kalau tidak mampir ke Jepara Ocean Park. Pasalnya obyek wisata yang satu ini sangat terkenal dan menjadi favorit untuk para wisatawan.

Jadi dijamin kamu akan nyesel jika belum datang kesini. Menjadi waterpark terlengkap dan terbesar di Jawa Tengah, Jepara Ocean Park mempunyai banyak sekali wahana.

Mulai dari wahana air seperti rice slide, octopus slide, left spiral, lazy river, dan masih banyak lagi dengan berbagai seluncurannya yang berbeda. Ngomong-ngomong tentang seluncuran, objek wisata ini mempunyai total 36 seluncuran loh.

Wah terbayang serunya kan, selain wahana air ada juga nih wahana lain seperti Flying Kate, Water Jetpack, Kora-Kora, outbond area, Bom-Bom Car, Flying Elephant, komedi putar, dan lain-lain. Cocok banget deh untuk bersenang-senang dan bermain bersama teman ataupun keluarga.

Kamu dapat menikmati semua wahana ini mulai dari harga 60k. Tempatnya juga sangat bagus dan menarik karena mengusung tema Istana Russia dan Mediterania, membuat bangunan-bangunannya memiliki kubah dan berwarna-warni.

Jepara Ocean Park berlokasi di dekat Pantai Mojorejo dan kamu bisa mengunjunginya setiap hari dari mulai pukul 9 pagi hingga pukul 5 sore.

  1. Udara Yoga Jepara

Galeri Wisata

Foto: www.indonesia-tourism.com

Udara Yoga Jepara adalah salah satu wisata yang baru berdiri di Jepara, yakni pada tahun 2018 lalu. Walaupun terbilang masih baru, obyek wisata ini sudah sangat terkenal di kalangan masyarakat dan para wisatawan.

Foto-foto tempatnya yang indah juga sudah banyak beredar di media sosial. Daya tarik dari Udara Yoga adalah tempatnya yang sangat mirip dengan kondisi situasi di Bali.

Dari mulai bangunan, patung, hingga kulinernya yang khas seperti kopi Bali. Kamu juga bisa nih membeli berbagai macam souvenir dan kerajinan khas Pulau Dewata.

Pokoknya sebelas duabelas banget deh dengan suasana disana. Tak hanya tempatnya yang indah dan bisa kamu jadikan latar swafoto saja, tetapi berbagai macam wahana anak juga tersedia disini.

Ada taman bermain yang berisi jungkat-jungkit, ayunan, perosotan, dan tempat mendaki untuk anak. Adapula sungai buatan dan kebun binatang mini yang bisa dijelajahi.

Wah seru dan sangat menarik banget ya. Cocok dijadikan tempat liburan untuk keluarga.

Tertarik ? Langsung saja datang ke Jalan Jokosari, Ngabul dan membayar 5k untuk tiket masuknya.

  1. Karimunjawa

 

Siapa sih yang tidak mengenal nama Karimunjawa? Kepulauan eksotis di Jepara ini sudah sangat dikenal oleh masyarakat Indonesia bahkan hingga ke luar negeri.

Tak heran jika Karimunjawa selalu ramai didatangi oleh banyak turis. Daya tarik utamanya adalah pemandangan keindahan alam sekitar yang sangat luar biasa.

Hamparan pasir putih dan air jernih yang berwarna hijau kebiruan, membuat siapapun yang datang akan terhipnotis dan kagum saat melihatnya. Selain itu, arus di tempat ini tidak terlalu deras jadi aman untuk melakukan aktivitas diving, snorkeling, dan berenang.

Kamu bisa melihat keindahan bawah lautnya yang sangat menakjubkan, ada sekitar 90 macam terumbu karang dan puluhan ikan yang hidup di kawasan ini. Selain berenang, kamu juga bisa kok berkeliling dan bermain ke pulau-pulau kecil yang berasal di sekitar.

Total ada sekitar 27 pulau kecil yang letaknya saling berdekatan dengan 5 pulau diantaranya sudah berpenghuni.

  1. Tiara Park Waterboom

Galeri Wisata

Foto: www.travelspromo.com

Selain Jepara Ocean Park, ada juga nih objek wisata wahana air yang tidak kalah menarik. Namanya Tiara Park Waterboom yang berlokasi di Jalan Kenari, Purwogondo yang buka setiap hari dari mulai pukul 07.30 hingga 17.30 WIB.

Untuk yang suka berenang atau bermain air, wajib banget datang ke tempat ini. Anak-anak dijamin senang dan betah berlama-lama main disini.

Untuk wahana air dibagi 2 jenis, khusus untuk anak seperti water playground, spray ground dan masih banyak lagi. Sedangkan untuk orang dewasa terdapat wahana seperti lazy river, kolam arus yang nantinya akan menantang adrenalin.

Selain wahana air, Tiara Park Waterboom juga menyediakan wahana lain seperti permainan outbond, ATV, dan bioskop 3D. Harga tiket masuk ke tempat ini juga sangat terjangkau mulai dari 20k hingga 50k.

  1. Kampung Batik Kembangmulyo

Tidak hanya memiliki destinasi wisata alam, Jepara juga mempunyai objek wisata budaya yang tidak kalah kerennya. Objek wisata ini bernama Kampung Batik Kembangmulyo, yang diresmikan pada tahun 2019 lalu dan berlokasi di Jalan Bougenville Raya 18.

Kampung batik ini dibangun dengan tujuan untuk menopang pemasaran dan produksi kain batik dari para pengrajin setempat. Ada sekitar kurang lebih 20 pengrajin batik khas yang bernama kembangmulyo.

Sangat unik dan spesial tentunya. Disini kamu bisa berkeliling untuk melihat proses pembuatan dengan motif yang khas ini.

Selain itu, kamu juga akan merasakan sensasi hidup di area pedesaan yang sangat tenteram. Tak hanya melihatnya saja, kamu juga bisa kok membeli kain-kain batik ini untuk dijadikan oleh-oleh khas Jepara yang sangat cantik.

  1. Puncak Distoroto

Galeri Wisata

Foto: www.nyero.id

Salah satu objek wisata terbaru lainnya adalah Puncak Distoroto. Tempat ini baru diresmikan dan dibuka untuk umum pada tahun 2018 lalu.

Seiring berjalannya waktu, objek wisata satu menjadi tempat wisata recommended dan wajib untuk dikunjungi saat berada di Jepara. Jika berkunjung kesini kamu akan disajikan pemandangan yang sangat indah dari alam-alam sekitar yang masih alami.

Hamparan hutan dan perbukitan hijau akan memanjakan mata dan membuatmu tenang. Apalagi letaknya yang berada di ketinggian, membuat udara sejuk juga akan ikut menemanimu.

Puncak Distoroto menjadi tempat wisata kekinian karena mempunyai beraneka bentuk spot foto yang instagenic. Kamu bisa bebas menjelajah dan mengeksplorasi alam sekitar sob.

Untuk spot foto yang akan kamu temui ada gardu pandang kayu, gardu pandang bintang, rumah pohon, jendela langit dan masih banyak lagi.

  1. Pantai Bandengan

Galeri Wisata

Photo: www.investor.id

Pantai Bandengan adalah salah satu pantai yang wajib kamu kunjungi saat berada di Jepara. Seperti namanya, obyek wisata kali ini berlokasi di Desa Bandengan dan tiket masuknya sangat terjangkau, cukup merogoh kocek seharga 5k per orang.

Baca juga :  Museum Bubakan Kota Lama Segera Rampung, Sudah Siap Piknik Kesini?

Nantinya kamu akan melihat indahnya pemandangan pantai yang masih alami dengan air yang jernih. Serta bisa merasakan suasana khas pantai dengan pasir putih bersihnya.

Pantai Bandengan juga mempunyai nama lain yakni Pantai Tirta Samudera. Obyek wisata ini memiliki ombak yang cukup deras sehingga cocok untuk dijadikan tempat bermain banana boat, jetski, kano dan masih banyak lagi yang lain.

Karena keindahannya, tempat ini juga sering dijadikan sebagai tuan rumah dari festival para layang tingkat internasional dan juga area balap motorcross bahkan jika beruntung kamu bisa jadi pesertanya lo.

  1. Pantai Kartini

 

Galeri Wisata

Photo: www.garispantai.com

Pantai di Jepara yang indah berikutnya dan wajib kamu kunjungi adalah Pantai Kartini. Nama Kartini sendiri diberikan untuk mengenang jasa dari pahlawan wanita bernama RA Kartini yang berlokasi di sebelah barat Kantor Bupati Jepara.

Kamu bisa mengeksplorasi keindahan alam dari pantai yang memiliki lahan seluas 3,5 ha ini. Walaupun tidak pernah sepi dari pengunjung, kebersihan dari tempat ini juga masih sangat terjaga kok kamu tidak akan melihat kotoran ataupun sampah yang berserakan di area sekitar.

Selain menikmati keindahan pantai, kamu juga bisa nih untuk mencoba berbagai macam permainan yang tersedia. Seperti banana boat, menyewa perahu, hingga mengunjungi aquarium raksasa. Yang ingin berswafoto bisa juga kok, dengan latar belakang pantai ataupun tulisan Pantai Kartini yang berwarna-warni saat malam tiba.

Daya tarik lainnya adalah kepercayaan masyarakat yang masih yakin bahwa air dari tempat ini bisa menyembuhkan beberapa penyakit seperti rematik, dan juga penyakit gatal-gatal.

  1. Kura-kura Ocean Park

Galeri Wisata

Kura-kura Ocean Park adalah wahana andalan dari Pantai Kartini yang sangat digemari oleh masyarakat dan pada wisatawan. Tak heran jika tempat ini selalu ramai dan tidak pernah sepi dari pengunjung.

Dari bentuk bangunan yang berupa kura-kura raksasa hingga beragam fasilitas di dalamnya menjadi saya tarik untuk tempat ini. Bangunan kura-kura raksasa ini terdiri dari 2 lantai.

Di lantai dasar kamu akan disuguhkan keindahan dari akuarium raksasa yang berisi aneka satwa laut terutama penyu dan kura-kura. Sedangkan pada lantai 2 terdapat berbagai macam wahana permainan dan tentu sangat cocok untuk anak-anak.

Tempatnya sangat luas dengan fasilitas yang cukup lengkap. Adapula spot foto yang menarik dan instagenic, cocok untuk kamu para pemburu selfie.

Masih banyak lagi keseruan yang akan kudapatkan saat berada disini, untuk menikmatinya kamu cukup membayar tiket masuk seharga 17,5k.

  1. Danau Blingoh

Galeri Wisata

Foto: id.wikipedia.org

Danau Blingoh dulunya adalah sebuah area penambangan dan akhirnya membentuk sebuah kubangan yang sangat luas. Seiring berjalannya waktu, kubangan ini terisi air yang berasal dari air hujan.

Walaupun begitu, warna yang dihasilkan tidak keruh melainkan sangat jernih dan berwarna kebiru-biruan. Karena keindahan inilah, Danau Blingoh sering dikunjungi oleh para wisatawan dan menjadi salah satu tempat yang sangat favorit.

Selain menikmati keindahan air yang berwarna kebiru-biruan, kamu juga bisa melihat pemandangan dari tebing-tebing yang berada di sekitarnya. Lokasi dari Danau Blingoh sendiri berada di Desa Blingoh, Donorojo.

Kamu bebas berkeliling dan berswafoto di tempat ini tanpa dipungut biaya sedikitpun alias gratis. Tapi ingat, jangan buang sampah sembarangan atau merusak alam sekitarnya ya.

  1. Wisata Ragas

Galeri Wisata

Foto: www.travelingyuk.com

Wisata Ragas adalah objek wisata yang dulu digunakan sebagai area penambangan baru kapur. Karena keindahan yang dihasilkan lokasi ini kemudian ditetapkan menjadi salah satu objek wisata andalan dari Jepara.

Lokasinya sendiri berasal di Desa Clering, Kecamatan Donorojo dan berada sekitar 3 km sebelah timur Benteng Portugis. Saat berkunjung kesini kamu akan disuguhkan pemandangan indah seperti Danau Kelimutu yang berasal di NTT.

Wah gak perlu pergi jauh-jauh ya sob. Pemandangan dari perpaduan air kolam yang jernih berwarna kebiruan dengan tebing-tebing tinggi dan dikelilingi oleh rerumputan hijau tentu akan sangat memanjakan mata.

Tenang saja, akses untuk mencapai tempat ini sangat mudah dijangkau kok. Selama perjalanan, kamu akan melewati perbukitan kapur yang indah nan eksotis. Jangan lupa untuk mengabadikan momen berharga ini dengan foto-foto yang instagramable.

  1. Hutan Wisata Sreni

Galeri Wisata

Foto: www.potensijateng.com

Hutan Wisata Sreni adalah destinasi wisata hutan kebanggaan Jepara. Disini suasananya masih sangat asri dengan pepohonan pinus yang tumbuh rindang.

Udara yang dihasilkan juga sangat sejuk dan tentu saja bebas dari polusi. Tak heran jika Hutan Wisata Sreni dijadikan sebagai tempat berkemah nasional.

Tidak hanya menyajikan keindahan dari hutan pinus, wilayah ini juga terbagi atas beberapa bagian yang bisa kamu jelajahi. Antara lain persawahan, perbukitan, kebun, sungai, dan perkampungan warga.

Hutan Wisata Sreni berada di kaki Gunung Muria tepatnya di Desa Batugede, Kecamatan Nalumsari. Jadi untuk kamu yang ingin mendaki ke Gunung Muria, boleh banget nih mampir ke hutan ini.

  1. Air Terjun Songgolangit

Galeri Wisata

Foto: www.id.wikipedia.org

Sekitar 30 km dari pusat kota terdapat sebuah objek wisata air terjun yang sudah sangat familiar di kalangan masyarakat khususnya para pecinta alam. Air Terjun Songgolangit namanya, lokasinya berada di Desa Bucu, Kecamatan Kembang.

Memiliki ketinggian sekitar 80 m dengan lebar 2m dengan air yang masih sangat jernih dan bersih dengan warna biru kehijauan. Apalagi disekitarnya terdapat banyak pepohonan yang masih asri, semakin menambah kesan alami.

Dijamin deh kamu akan betah berlama-lama disini, bisa juga dijadikan sebagai refreshing penghilang penat. Keindahan lain yang dapat kamu lihat dari tempat ini yakni adanya segerombolan kupu-kupu indah yang hidup di sekitar air terjun.

Tetapi kamu harus ingat, jangan bermain di tengah atau dibawah air terjunnya ya, karena debit airnya cukup deras dan bisa berbahaya kalau kamu tidak hati-hati.

Untuk tiket masuknya, Air Terjun Songgolangit hanya mematok harga 2k per orang.

  1. Pulau Panjang

Galeri Wisata

Foto: www.pegipegi.com

Selain Karimunjawa, ada lagi nih pulau di Jepara yang juga sangat terkenal dan menjadi rekomendasi. Namanya Pulau Panjang dan memiliki keunikan yakni garis pantai yang cukup panjang.

Baca juga :  Menikmati Keunikan Air Terjun Bertingkat Curug Sewu Kendal

Untuk bisa datang kesini kamu bisa menempuhnya menggunakan kapal motor dari Pantai Kartini. Letaknya cukup dekat yakni sekitar 2,5 km dan tentu saja tidak membutuhkan waktu yang terlalu lama.

Untuk biaya sewanya juga sangat terjangkau, hanya merogoh kocek seharga 13k. Saat sampai di Pulau Panjang kamu akan disajikan pemandangan alam khas pantai yang masih sangat terjaga kelestariannya.

Air pantainya masih sangat jernih dengan warna biru kehijauan, bahkan kita bisa melihat kekayaan bawah lautnya secara langsung loh. Berbagai jenis terumbu karang yang indah menghias pantai.

Arusnya juga tidak terlalu deras, jadi aman dan cocok untuk digunakan snorkeling, berenang, ataupun diving.

  1. Goa Tritip

Galeri Wisata

Foto: www.arikzafikrisetiawan.blogspot.com

Obyek wisata berikutnya adalah Goa Tritip. Goa ini berada di Ujung Watu, Kecamatan Donorojo dan kamu bebas untuk berkunjung kesini kapanpun.

Walaupun sebagai obyek wisata, kamu juga tetap hari berhati-hati ya sob, pasalnya memang tempat yang satu ini sedikit berbeda dengan destinasi wisata lainnya. Aura mistis akan dapat kamu rasakan dengan jelas saat berada di sekitar kawasan goa.

Bahkan kamu juga akan melihat beraneka macam sesajen yang biasanya dibawa pada malam Jumat. Maklum saja, karena masyarakat sekitar percaya bahwa goa ini dulunya menjadi tempat pertapaan yang sangat dihormati.

Cocok banget ya untuk kamu yang suka berpetualang misteri dan mencari kisah-kisah horor nih. Keunikan lainnya yang dapat kita lihat adalah adanya sebuah perahu di atas area goa, padahal tempat ini jauh dari kawasan pantai.

Selain keunikan-keunikannya yang penuh misteri, Goa Tritip juga mempunyai banyak stalagmit dan stalagtit yang sangat indah.

  1. Museum R. A Kartini

 

Galeri Wisata

Foto: www.guswah.id

Jepara terkenal dengan kota kelahiran dari salah satu pahlawan wanita yang bernama R. A. Kartini. Oleh karena itu, Museum R. A Kartini didirikan untuk mengenang jasa-jasa beliau yang sangat berharga.

Di museum ini kamu akan melihat berbagai macam benda unik peninggalan dari Kartini. Tak hanya itu saja, ada juga kok benda-benda warisan budaya Jawa seperti gamelan dan saying kulit.

Uniknya lagi, Museum RA Kartini juga memiliki koleksi benda purbakala dan aneka fosil yang pernah ditemukan di Kepulauan Karimunjawa. Selain benda peninggalan dari RA Kartini, nantinya kamu juga bisa melihat benda-benda sejarah dari kakak lelakinya yakni TMP Sosrokartono.

Wah, sangat sarat akan sejarah ya, tunggu apalagi? Yuk kita berwisata edukasi ke museum yang berada di Jalan Alun-alun 1 ini apalagi tiketnya Cuma 3k per orang.

  1. Benteng Portugis

 

Galeri Wisata

Foto: www.tempatwisataindonesia.id

Wisata sejarah yang harus kamu kunjungi berikutnya adalah Benteng Portugis. Uniknya, tempat sejarah yang satu ini berada persis di atas bukit batu dan dekat dengan pinggiran pantai.

Bahkan keindahan bangunannya juga dapat disaksikan dari berbagai objek wisata pantai lainnya. Benteng Portugis lokasinya berhadapan dengan Pulau Mandalika.

Di benteng ini nantinya kamu dapat melihat dan menyentuh langsung koleksi dua meriam kuno yang sudah berumur ratusan tahun. Meriam-meriam ini merupakan benda peninggalan dari jaman kolonial Belanda.

Selain menikmati keindahan dari bangunan yang penuh akan sejarah, kamu juga bisa nih untuk mengambil foto instagenic di kawasan sekitar. Misalnya saja kamu bisa mengunjungi kawasan hutan karet yang berada di sebelah benteng.

Untuk lokasinya, Benteng Portugis berada di Banyumanis dan kamu cukup membayar 3,5k sebagai pengganti tiket masuknya.

  1. Benteng VOC

Galeri Wisata

Foto: www.jejakpiknik.com

Dekat dengan kawasan Museum RA Kartini dan Stadion Gelora Bumi Kartini, terdapat sebuah objek wisata sejarah dengan bentuk yang sangat khas. Objek wisata sejarah ini bernama Benteng VOC atau dengan nama resmi Fort Jepara XVI meski masyarakat sekitar lebih suka memanggilnya dengan nama Lodi Gunung.

Nantinya kamu bisa melihat dan menyentuh langsung benteng yang sudah berumur sangat tua ini. Benteng ini memiliki gaya arsitektur Eropa yang sangat unik nan cantik dengan pintu masuk yang berwarna putih dan dikelilingi oleh tanaman-tanaman hijau membuat kesan eksotis semakin melekat pada tempat ini.

Selain itu, di kawasan Benteng VOC juga terdapat sebuah makam perwira senior VOC yakni Kapten Francois Tack. Lokasinya sendiri berasa di Jalan Pahlawan, Kecamatan Ujungbatu dan berada di ketinggian 85 mdpl .

  1. Pantai Punuk Sapi

Galeri Wisata

Foto: www.rayadventure.com

Faktanya, Jepara terkenal dengan destinasi wisata pantai yang sangat melimpah. Tak sedikit pantai yang ada di daerah ini memiliki keunikan dan daya tariknya sendiri termasuk dengan Pantai Punuk Sapi yang berada di Desa Balong, Kecamatan Kembang.

Keunikan dari Pantai Punuk Sapi dapat kita lihat dari pasirnya yang berwarna hitam dan merah. Oleh karena inilah, julukan Pantai Lemah Abang juga melekat pada tempat ini.

Untuk penamaan punuk sapi diambil dari sebuah baru besar di pantai yang berbentuk layaknya punuk seekor sapi. Tak hanya baru besar punuk sapi saja, di pantai ini juga banyak terdapat beberapa batuan besar lainnya.

Kamu juga bisa bermain air dan menjelajah kekayaan bawah lautnya. Airnya masih sangat jernih dengan dipadukan lokasi yang bersih dan terjaga.

  1. Gardu Pandang Puncak Jehan

Galeri Wisata

Foto: www.jeparahariini.com

Untuk kamu yang suka berfoto atau ber-selfie ria wajib banget untuk datang ke Gardu Pandang Puncak Jehan. Pasalnya di tempat in banyak disediakan spot foto yang instagenic dan cocok untuk anak muda yang kekinian.

Spot foto yang ditawarkan seperti spot hati terbelah dan tulisan “I love you”. Selain berswafoto, dari tempat ini kamu juga bisa melihat keindahan dari pemandangan sekitar yang luar biasa.

Hamparan perbukitan dan hutan yang hijau akan tersaji di depan mata. Tak hanya itu, kamu juga bisa melihat garis pantai Laut Utara yang menakjubkan.

Puncak Jehan sendiri berada di Lereng Gunung Muria, tepatnya di Desa Kunir, Kecamatan Keling. Karena berada di dataran tinggi, tentu saja kamu akan merasakan hawa sejuk yang menenangkan.

Tak perlu mengeluarkan biaya terlalu banyak sob, cukup dengan 5k kamu sudah bisa menikmati semua keindahan ini.

Nah Sobat Galwis, terbukti kan kalau Jepara memiliki banyak destinasi wisata yang sangat unik dan menarik. Jadi tunggu apalagi? Yuk buruan dola ke Jepara bersama teman dan keluargamu.

Happy Vacation sob! (Dindaidhy)

Artikel Lainnya

Leave a Comment