Home » 20 Tempat Wisata Batang Terbaru Dan Paling Favorit

20 Tempat Wisata Batang Terbaru Dan Paling Favorit

by GaleriWisata.id
Kota Batang

BATANG mungkin belum banyak dikenal para wisatawan sebagai tempat tujuan plesir. Namun siapa sangka, kawasan ini ternyata menyimpan begitu banyak potensi wisata.

Mulai wisata keluarga, wisata yang memacu adrenalin, hingga wisata yang romantis. Penasaran kan?

Yuk simak ulasan minGal tentang 20 tempat wisata di Batang terbaru dan paling favorit di bawah ini.

1. Pantai Sigandu Batang

pantai sigandu batang

Foto: IG @idrissaelany

Pantai Sigandu adalah salah satu pantai yang terkenal dan menjadi favorit di kalangan masyarakat. Pantai ini menjadi andalan dan rasanya tak pernah sepi dari pengunjung.

Kamu akan mendapat sajian pemandangan yang indah, airnya jernih dan tak jarang ombak-ombak besar bergulung menciptakan pemandangan yang eksotis. Ditambah dengan banyaknya pohon cemara yang berjejer di pinggir pantai kian menambah pesona pantai yang tiada tara.

Di pantai yang lokasinya hanya berjarak 2 km sebelah utara Kota Batang ini, sangat cocok untuk berburu sunrise dan sunset. Tak hanya menikmati pemandangan kamu juga bisa melakukan aktivitas seru lainnya seperti bermain voli, memancing, bermain flying fox, berkeliling dengan ATV, dan masih banyak lagi.

Bagi yang suka kulineran bisa banget nih mencoba kuliner khas setempat yakni nasi megono dan lauk gimbal rebon. Kamu bisa berkunjung ke pantai ini hanya dengan membayar tiket seharga 5k.

2. Batang Doplhins Center

batang dolphin centre

Foto: IG @tiqozone

Dekat dengan Pantai Sigandu, terdapat sebuah objek wisata hits di Batang yang wajib kamu kunjungi. Objek wisata ini bernama Batang Dolphins Centre yang berada di Jalan Pantai Sigandu-Ujungnegoro.

Jam operasionalnya mulai pukul 9 pagi hingga 5 sore dan buka setiap hari. Seperti namanya, di tempat ini menyuguhkan penampilan dari atraksi lumba-lumba yang lucu dan menggemaskan.

Berbeda dengan tempat lain yang hanya mengadakan atraksi saat akhir pekan, disini atraksi lumba-lumbanya diadakan setiap hari. Tak hanya melihatnya, setelah atraksi nantinya kamu akan diberikan informasi tentang lumba-lumba dan diperbolehkan untuk berfoto secara langsung.

Di tempat ini juga terdapat banyak hewan lainnya seperti zebra, aneka ular, penyu sisik, kuda poni, orang hutan, macan tutul, beruang madu, gajah, dan masih banyak lagi. Selain itu, kamu juga bisa menyaksikan atraksi hewan yang tak kalah lucu dengan lumba-lumba yakni burung, tikus, ayam, anjing, kucing, dan kamu juga bisa menunggang gajah ataupun unta loh.

Wah seru sekali, untuk tiket masuk ke kawasan ini cukup membayar 5k, namun jika ingin melihat atraksi lumba-lumba kamu perlu membayar tiket tambahan seharga 40k per orang.

3. Wisata Alam Sikembang (Sikembang Park)

sikembang park

Foto: IG@eviekurnia_13

Jika berkunjung ke Batang, tak lengkap rasanya jika belum merasakan liburan di Wisata Alam Sikembang. Wisata alam yang berada di Dukuh Kebaturan, Desa Kembanglangit ini dikemas dalam dengan perpaudan alam dan gaya millenial.

Tak heran, jika tempat ini sangat favorit dan sering dikunjungi oleh para wisatawan. Hutan pinus yang tumbuh dengan alami dan terjaga menjadi daya tarik utamanya.

Kamu bisa bersantai dengan menggelar tikar di bawah pepohonan rindang ini. Sambil bercengkrama dengan orang tersayang tentu akan menjadi pengalaman yang tidak terlupakan.

Selain itu, Wisata Alam Sikembang juga menjadi surganya para pecinta selfie. Terdapat berbagai macam spot foto unik seperti gardu pandang, kursi kayu, jembatan bambu zig zag, rumah pohon, spot i love you, payung warna-warni, hammock, dan masih banyak lagi.

Tiketnya juga sangat terjangkau yakni hanya 5k dan kamu sudah bisa menikmati semuanya, bahkan di tempat ini juga menyediakan berbagai macam wahana outbond loh. Wah menarik ya!

4. Wisata Pantai Jodo Gringsing

pantai jodo gringsing

Selain Pantai Sigadung ada juga nih pantai yang tak kalah terkenalnya yakni Pantai Jodo Gringsing. Bedanya pantai ini terkenal tak hanya karena pemandangannya, namun juga karena mitosnya yang unik dan masih dipercaya oleh masyarakat sekitar.

Masyarakat setempat percaya jika ada seorang laki-laki yang berfoto ditengah dua perempuan, maka diantara mereka ada yang berjodoh. Dan jika ada seseorang yang single berfoto disini, dalam waktu dekat dipercaya dia akan mendapatkan seorang jodoh.

Mitos ini juga berlaku untuk sahabat sesama jenis, katanya jika mereka berfoto bersama di pantai ini persahabatan mereka akan kekal. Terlepas dari itu, Pantai Jodo ini memang wajib kamu kunjungi karena menawarkan sejuta keindahan yang masih sangat terjaga.

Hamparan pasir yang bersih, serta dikelilingi rimbunnya pohon cemara tentu akan membuatmu betah berlama-lama disini. Apalagi pantai yang bernama lain Pantai Buntu ini juga memiliki sejumlah spot foto menarik, tentu cocok untuk kamu para anak muda.

Untuk menikmati liburan disini kamu cukup membayar tiket masuk seharga 3k dan menuju ke Desa Sidorejo, Kecamatan Gringsing.

5. Jembatan Buntu Sengon

jembatan buntu sengon

Foto: IG @pipit_anggra21

Jembatan Buntu Sengon dulunya adalah sebuah jembatan kecil. Namun seiring berjalannya waktu, oleh warga setempat desa ini disulap menjadi sebuah objek wisata yang hits.

Karena tempatnya yang sangat instagenic, tentu saja tempat wisata ini sangat populer di kalangan kawula muda. Seperti namanya, jembatan ini berlokasi di Desa Sengon dan berada di ketinggian 200 mdpl.

Lokasinya cukup dekat dengan objek wisata terkenal lainnya yakni Curug Canting dan Goa Jepang. Tiket masuknya juga sangat terjangkau nih per orang hanya diharuskan membayar seharga 3k saja.

Disini kamu akan disajikan sebuah pemandangan alam dari hamparan hutan Sengon dan sebuah aliran sungai Kaliurang. Karena tempatnya yang berada di dataran tinggi, tentu suhu yang dihasilkan juga sangat segar dan sejuk.

Kamu juga bebas untuk berswafoto di jembatan yang ujungnya berbentuk layaknya simbol hati dan dicat berwarna-warni ini.

6. Agrowisata Kebun Teh Pagilaran

Kebun Teh Pagilaran

Foto: IG @koerniandy

Agrowisata Kebun Teh Pagilaran adalah salah satu objek wisata agro yang menjadi andalan di Batang. Objek wisata ini sangat tersohor sehingga tidak pernah sepi pengunjung.

Lokasinya sendiri terdapat di Desa Gondang dan berada di ketinggian 600-1600 mdpl. Nantinya kamu akan disajikan keindahan dari hamparan kebun teh yang sangat luas dan hijau.

Tak hanya kebun teh, lahan seluas 1130 ha ini juga banyak ditumbuhi oleh pohon cemara yang semakin memperkuat kesan alami. Menariknya, terdapat juga bukti sisa-sisa dari jaman penjajahan Belanda yakni adanya bangunan pabrik yang bergaya Eropa dan cantik, lalu adanya kereta gantung yang dulunya dipergunakan orang Belanda untuk menikmati pemandangan sekitar.

Baca juga :  Ngevlog di Lawang Sewu Harus Bayar Jutaan Rupiah, Benarkah? Ini Penjelasannya

Selain menikmati indahnya pemandangan hijau yang masih alami, kamu juga melihat atraksi argo yakni Tea Walk dan bebas berswafoto nih. Banyak spot foto menarik yang disediakan seperti dermaga cinta, rumah-rumahan bambu yang instagenic dan masih banyak lagi.

Fasilitas penunjang lainnya yakni ada wahana outbond dan penginapan, untuk tiket masuknya juga sangat terjangkau hanya 5k saja.

7. Bukit Sri Gunung

Bukit Sri Gunung

Foto: IG @delistia_

Pemandangan yang sangat indah dan menakjubkan juga bisa kamu saksikan di Bukit Sri Gunung. Sebuah destinasi wisata yang berlokasi di Jalan Banyuputih-Kedawung dengan tiket hanya 3k.

Di bukit ini disajikan hamparan dari hijaunya persawahan dan juga perkebunan yang tumbuh subur. Berbagai terasering yang eksotis dan puluhan jenis bunga berwarna-warni juga sangat memanjakan mata. Apalagi disekitar kawasan ini memiliki suhu yang sejuk, pasti membuatmu semakin betah berlama-lama disini.

Bukit Sri Gunung juga menjadi surganya para pecinta foto yang instagenic nih. Berbagai macam spot foto yang unik dan lucu tersedia di tempat ini, seperti taman bunga, instalansi berbentuk kupu-kupu raksasa, roda-roda berwarna, dan masih banyak lagi.

Kamu juga bisa mencoba fasilitas penunjang lainnya seperti terapi ikan, paralayang, gazebo, dan aneka cafe.

8. Curug Gombong

curug gombong

Foto: IG @yogolakson0

Curug Gombong terletak di Desa Gombong, Pecalungan dan letaknya berada di dekat jalur pantura subah. Saat berkunjung kesini, kamu akan melihat keindahan dari dua air terjun utama, curug lanang (laki-laki) dan curug wadon (perempuan).

Masing-masing curug mempunyai sebuah kolam yang bisa kamu gunakan untuk berendam ataupun bermain air. Namun harus berhati-hati saat berada di curug wadon yang memiliki kedalaman air kolam lebih dari 5m.

Karena debit dari curug setinggi 18 m ini cukup deras, kamu dilarang untuk berenang tepat dibawah air terjun karena cukup berbahaya. Jika ingin berenang di tempat yang aman, kamu bisa berenang di kolam curug lanang.

Kolam curug ini lebih ramah dan hanya memiliki ketinggian sekitar 5 meter saja. Untuk menikmati kesegaran dari kedua air terjun ini kamu cukup membayar harga tiker parkir saja nih.

9. Wanawisata Pagerukir

wana wisata pager ukir

Foto: IG @siscasary12

Di Jalan Pagerukir Maron Barat, Desa Pesalakan terdapat sebuah objek wisata bernama Wanawisata Pagerukir. Objek wisata ini berupa kawasan hutan pinus yang sangat rindang dan hijau.

Karena banyaknya pohon yang tumbuh subur, tentu saja udara di tempat ini segar dan bebas polusi. Selain menikmati pemandangan alam yang masih asri dan merasakan segarnya udara, kamu juga bebas berswafoto disini.

Banyak spot foto menarik dan unik yang telah disediakan oleh pengelola setempat. Spot foto ini seperti gardu pandang, hammock, jembatan kanopi, patung hewan dinosaurus gajah, dan ada juga tempat bermain anak serta cafe.

Karena tempatnya yang unik, tak jarang kawasan wisata Pagerukir digunakan sebagai tempat prewedding, foto katalog, dan lain-lain. Untuk masuk dan berkunjung kesini kamu cukup membayar tiket seharga 3k aja nih, sangat terjangkau banget ya.

Jadi gak usah ragu lagi dong sob.

10. Curug Sodong

curug sodong

Foto: IG @curugsodong

Curug Sodong adalah salah satu curug kebanggaan masyarakat Batang yang terletak di Desa Sodong, Kecamatan Wonotungal. Curug yang berada di ketinggian 800 mdpl ini mempunyai keindahan yang unik dan menakjubkan. Disini nantinya kamu akan melihat dua aliran air terjun dalam satu tempat.

Airnya masih sangat jernih dan segar ditambah lagi debit airnya yang cukup deras kian menambah pesona eksotis dari tempat ini. Uniknya lagi, curug ini memiliki bagian tebing yang lain dengan curug lainnya.

Yakni tebingnya berbentuk gua yang menyeruak ke arah dalam dan sering digunakan untuk spot foto. Tak hanya itu, saat berjalan menuju curug ini nantinya kamu juga akan melewati dan menemukan berbagai area perkebunan dari warga.

Perkebunan ini seperti cengkeh, vanili, dan kapulaga. Kamu juga bisa loh untuk membawanya pulang sebagai oleh-oleh, oh ya pengunjung tempat ini hanya dikenakan tarif seharga 5k saja.

11. Wisata Puncak Patran

puncak patran

Foto: IG @anny_muqomah

Wisata Puncak Patran berlokasi di Desa Kebaturan, Kecamatan Bawang dan berada di kawasan perbukitan Perahu. Letaknya yang berada di dataran tinggi tepatnya di ketinggian 1500 mdpl menjadikan tempat ini mempunyai suhu udara yang sangat sejuk dan masih segar.

Saat berkunjung kesini nantinya kamu akan disajikan panorama yang hutan pinus yang indah dari puncak ketinggian. Objek wisata ini menjadi favorit karena banyak terdapat spot foto yang sangat instagenic.

Kamu bebas berswafoto di spot foto gardu pandnag, anjungan kapal, sepeda gantung, hammock, sarang burung, kebun strawberry, rumah hobbit, rumah pohon, dan masih banyak lagi. Spot foto yang menjadi  andalan adalah anjungan kapal, dimana nantinya kamu bisa berfoto layaknya sedang berada di atas awan.

Oleh karena itu, Wisata Puncak Patran juga dijuluki dengan sebutan Negeri atas awan. Selain menikmati pemandangan dan berswafoto, kamu juga bisa nih untuk melakukan aktivitas berkemah karena di tempat ini juga disediakan Camping ground dan menyewakan peralatannya.

Tenang saja, biasa tiket masuknya juga sangat terjangkau kok hanya 5k per orangnya.

12. Curug Lojahan

curug lojahan

Foto: IG @amatkusminto96

Untuk kamu yang mempunyai jiwa petualang dan suka memacu adrenalin, kamu bisa banget nih berkunjung ke Curug Lojahan. Objek wisata yang berlokasi di Desa Kalitengah, Kecamatan Blado ini memang cocok dijadikan tempat trekking.

Nantinya kamu akan diajak untuk menyusuri hutan Kluwung kurang lebih selama 2 jam. Jalannya juga sangat licin dan terjal, oleh karena itu kamu harus mempersiapkan dan menjaga kondisi tubuh sebaik-baiknya.

Setelah menyusuri lebatnya hutan, kamu juga harus menuruni tebing setinggi 15m baru akhirnya sampai di tempat tujuan. Walaupun cukup melelahkan, tetapi perjalananmu ini tidak akan sia-sia.

Rasa lelahmu akan terbayar ketika melihat keindahan dari air terjun setinggi 40m dengan tebing hijau di sekitarnya. Tak hanya itu, kamu juga bisa berenang dan merasakan segarnya air di kolam sedalam 2m, atau kamu juga bisa menyusuri cekungan seperti goa yang berada di dekat air terjun.

13. Wisata Rumah Pohon Tombo

rumah pohon tombo

Foto: IG @desiambar.sari

Salah satu objek wisata unik di Batang berikutnya adalah Wisata Rumah Pohon Tombo. Objek wisata ini berlokasi di Desa Tombo, Kecamatan Bandar dan berjarak sekitar 20 km dari pusat kota.

Untuk bisa menikmti liburan di tempat ini kamu cukup membayar tiket masuk seharga 5k. Awalnya objek wisata ini hanya berupa pohon besar yang berada di tebian tebing diatas perbukitan.

Lalu oleh pemuda setempat diubah dan dikreasikan menjadi sebuah rumah hingga kini dikembangkan menjadi sebuah destinasi wisata yang unik. Dari tempat ini kamu dapat melihat pemandangan dari pepohonan hijau dan juga pegunungan.

Selain menikmati sensasi berkunjung ke rumah diatas pohon besar di tepi jurang, kamu juga bisa berkeliling menikmati segarnya suasana kebun teh. Tak hanya itu, dari tempat ini kamu juga bisa melihat aliran sungai serta mendengar beberapa suara primata yang masih hidup bebas di sekitar kawasan.

Baca juga :  Seksi dan Elegan di 'Chinatown' Kyu Kyu KTV

Tenang saja, fasilitasnya juga sangat lengkap kok ada penginapan dan resto yang bisa kamu manfaatkan untuk menunjang kebutuhan liburanmu disini.

14. Curug Arjuna Atau Curug Binorong

curug binorong

Foto: IG @daffadh

Wisata Alam Lembah Mplalar menjadi kawasan objek wisata yang sudah familiar di telinga masyarakat. Kawasan ini menyajikan sebuah curug sebagai daya tarik utamanya. Curug ini bernama Curug Arjuna atau yang juga dikenal dengan Curug Binorong.

Lokasinya sangat strategis yakni berada di kawasan agrowisata tepatnya di Binarong, Desa Kalisari. Curug Arjuna termasuk dalam salah satu curug yang unik dan menarik. Pasalnya, di curug ini terdapat 3 grojogan sekaligus, dengan 2 grojogan pada satu tempat dan satu lagi terpisah.

Tak jarang, curug ini juga diberi nama Curug Kembar. Untuk ketinggiannya, diperkirakan sekitar 12 hingga 15 m dengan debit air yang deras.

Jadi kamu harus berhati-hati jika bermain air di tempat ini. Selain air terjun, kamu juga bisa melihat keindahan lingkungan sekitar yang dikelilingi area kebun teh Pangliran dan dekat dengan objek wisata Taman Bunga Krisan.

  1. Telaga Sidringo

telaga sidringo

Foto: IG @havid_adhitama

Di Desa Mojo Tengah, Kecamatan Reban terdapat sebuah objek wisata yang menawarkan pemandangan indah dari Kota Batang dan alamnya. Objek wisata ini bernama Telaga Sidringo yang masih menjadi satu bagian dari dataran tinggi Dieng.

Disini kamu bisa menikmati kesegaran air dan memandang alam sekitar dari ketinggian. Karena berada di dataran tinggi, tentu udara sejuk juga akan menemani saat kamu berada di tempat ini.

Selain menikmati pemandangan, kamu juga bisa nih untuk memancing dan berkemah. Terdapat dua tempat perkemahan yakni Bukit Cemeti dan Bukit Stlompak.

Untuk tiket masuknya juga murah nih sob, hanya merogoh kocek 15k per orangnya. Jika kamu berkunjung kesini, kamu diharuskan untuk menjaga sikap dan sopan santun.

Karena kabarnya, tempat ini dijaga oleh makhlus halus bertanduk emas yang siap menumpas tangan-tangan jahil yang suka merusak tempat.

16. Wanawisata Polowono

hutan pinus polowono

Foto: IG @polowono

Wanawisata Polowono adalah kawasan wisata yang berisi beberapa air terjun sekaligus dalam satu tempat. Air terjun ini antara lain air terjun pager, air tejun pawon, dan air terjun kemejing.

Tak heran jika kawasan ini menjadi wanawisata air yang paling favorit di Batang. Lokasi dari Wanawisata Polowono berada di Lobang, Limpung. Untuk berkunjung kesini kamu cukup membayar tiket masuk dengan tarif 5k per orangnya.

Sangat terjangkau ya, gak bikin kantong meringis. Tenang aja, tempat ini juga sangat cocok untuk kamu para pecinta foto.

Banyak spot foto kekinian yang telah disediakan seperti jembatan kayu, rumah pohon, spot lampion, dan masih banyak lagi. Udara yang sejuk dari banyaknya pohon pinus kian menambah kesan alami dan asri dari tempat ini.

17. Ecopark Bandar

bandar ecopark

Foto: IG @jendela_kaca57

Daya tarik utama dari objek wisata Ecopark Bandar adalah kolam renang dengan berbagai macam wahana air yang menyenangkan. Lokasinya berada di kawasan dataran tinggi tepatnya di Desa Wonokerto, Kecamatan Bandar dan berjarak 18 km dari pusat kota.

Tiket masuknya juga sangat terjangkau nih yakni hanya 5k per orangnya. Disini kamu bisa bebas bermain di kolam renang dengan berbagai konsep, seperti kolam renang yang harus melewati hutan terlebih dahulu, ataupun kolam renang yang tepat di tengah objek wisata.

Banyak sekali wahana permainan yang tersedia dan tentu saja sangat ramah untuk anak-anak misalnya saja perosotan berwarna-warni, ember tumpah, pancuran, dan masih banyak lagi. Tak hanya itu, di tempat ini anak-anak juga dimanjakan dengan perosotan, jungkat-jungkit, ayunan, dan masih banyak lagi.

Dijamin deh berkunjung Ecopark Bandar akan mendapat pengalaman yang seru dan mengasyikkan.

18. Pantai Ujung Negoro

pantai ujung negoro

Foto: IG @johansaputro

Pantai terkenal di Batang lainnya adalah Pantai Ujung Negoro. Nama ujung negoro sendiri diberikan karena pantai ini letaknya memang jauh dari pusat kota dan berada di Desa Ujungnegoro, Kecamatan Kandeman.

Disini kamu bisa bebas menikmati pemandangan dari pantai yang masih sangat alami dengan air yang jernih dan segar.

Kamu juga bisa bermain di area batu karang, bahkan tak jarang masyarakat sekitar melakukan aktivitas memancing di area ini. Di pantai yang berpasir coklat ini juga terdapat beberapa goa yang bisa kamu kunjungi dan jadikan latar belakang foto yang instagenic.

Uniknya, di Pantai Ujung Negoro kamu juga bisa datang langsung ke sentra pembuatan terasi yang berada tepat di samping pantai. Disana terdapat terasi dan berbagai jenis ikan yang bisa kamu bawa pulang sebagai oleh-oleh.

Tenang saja, berlibur di tempat ini juga tidak mengeluarkan banyak uang kok cukup 5k saja per orangnya.

19. Desa Wisata Pandansari

desa wisata pandansari

Foto: IG @anaisti24

Batang ternyata juga memiliki sebuah desa wisata, salah satunya adalah Desa Wisata Pandansari di Kecamatan Warungasem. Untuk tiket masuknya gratis alias tidak dipungut biaya, namun tempat ini juga menawarkan sejumlah paket wisata yang wajib untuk kamu coba.

Paket wisata menawarkan beberapa kegiatan yang menarik dan seru. Cocok untuk kamu lakukan bersama rombongan, tak heran yang berkunjung kesini pasti dalam jumlah orang yang banyak.

Melakukan outbond dan camping bersama-sama juga bisa menjadi pilihan utama yang bisa kamu coba nih. Kamu dan rombongan bisa mencoba paket river tubbing dengan menyusuri sungai sepanjang 4 km ataupun menikmati serunya bermain arung jeram dengan perahu karet.

Tenang saja, kamu nanti akan dibekali dengan pengaman dan pemandu yang sudah teruji kok. Selain itu ada juga paket wisata edukasi seperti menangkap ikan, dan menanam padi.

20. Curug Sijeglong Tersono

curug sijeglong

Foto: IG @ranja.nkri

Dengan formasi 4 tingkat air terjun dan 4 kedungnya, menjadikan Curug Sijeglong sangat unik dan wajib untuk kamu kunjungi. Selain itu, warna dari air yang biru kehijauan ini tentu juga akan memanjakan mata ditambah dengan udara yang sejuk khas dataran tinggi.

Dijamin deh kamu akan betah berlama-lama di tempat ini. Curug Sijeglong mempunyai ketinggian total mencapai 100 m dengan debit air yang cukup deras dan masih sangat alami.

Lokasi dari curug ini sendiri berada di Desa Margono, Kecamatan Tersono. Kamu juga tidak perlu mengeluarkan kocek yang banyak, cukup 3k saja kamu sudah bisa berlibur di kawasan ini.

Nama Sijeglong sendiri konon katanya diambil dari setiap cekungan yang seperti kolam. Cekungan ini dalam bahasa jawa bernama njeglong oleh karena itu nama Sijeglong melekat hingga saat ini.

Tak hanya itu, curug ini juga sarat akan mitos jadi jangan berlaku tidak sopan saat di tempat ini ya sob. Wah banyak sekali dan sangat beragam ya wisata-wisata dari daerah Batang.

Nah Sobat Galwis, itu tadi 20 rekomendasi tempat wisata di Batang yang paling hit, terbaru dan paling popular. Kamu mau berkunjung kemana dulu nih?

Tapi inget, tetap jaga kesehatan dan kebersihan destinasi yang kamu juga ya. Jangan lupa juga unggah foto piknik terbaikmu.

Boleh juga di-mention ke IG @galeriwisataid kok hehe. Happy Vacation sob! (dindaidhy)

Artikel Lainnya

Leave a Comment