Home » 17 Wisata Hits Sekitar Bandungan Semarang Yang Wajib Kamu Kunjungi

17 Wisata Hits Sekitar Bandungan Semarang Yang Wajib Kamu Kunjungi

by GaleriWisata.id
Galeri Wisata

BANDUNGAN merupakan salah satu daerah berhawa sejuk yang lokasinya tidak jauh dari Semarang. Daerah ini juga memiliki banyak destinasi wisata yang unik dan menarik, jadi tak heran jika para wisatawan dari luar daerah pun sering menghabiskan waktu liburannya untuk berkunjung kesini.

Penasaran dengan destinasi wisata yang bisa kamu kunjungi di sekitar Bandungan? Yuk simak ulasan minGal berikut ini:

  1. Taman Bunga Celosia

Salah satu destinasi wisata yang terkenal dan menjadi andalan di Bandungan adalah Taman Bunga Celosia. Destinasi wisata ini sangat hits dan sering dijadikan tujuan untuk berlibur.

Tak heran, karena tempat ini menawarkan keindahan alam yang menarik, kamu akan melihat keindahan pemandangan dari taman yang berisi bunga berwarna-warni. Bunga disini sangat beragam jenisnya dari mulai celosia, hebras, diantus, lavender, gerbera, hingga krisan. Tentu pemandangan bunga-bunga ini sangat memanjakan mata.

Selain berfoto di taman bunga, kamu juga bisa berfoto dengan latar belakang replika landmark dari berbagai negara. Seperti Menara Eiffel dari Paris, Patung Merlion dari Singapura, Kincir Angin dari Belanda, dan masih banyak lagi.

Ada lagi nih sob, wahana atau spot foto yang bisa kamu jelajahi. Namanya Museum Ilusi yang berisi beragam macam lukisan 3D yang super kece. Atau kamu juga bisa mencoba wahana ruangan terbalik.

Tak hanya spot-spot foto yang instagenic, di tempat ini juga terdapat taman bermain anak, pusat oleh-oleh, food court, toilet, mushola, dan area parkir. Taman ini dibagi 3 bagian dan semuanya hanya merogoh kocek seharga 20k hingga 25k per orang.

Untuk lokasinya kamu bisa saja datang langsung ke Jalan arah Candi Gedong Songo.

  1. Candi Gedong Songo

Candi Gedong Songo dibandung pada abad VIII Masehi dan berada di ketinggian 1200 mdpl. Hal inilah yang membuat objek wisata ini mempunyai hawa yang sejuk dan dingin.

Walaupun begitu, tempat ini tetap menjadi tujuan wisata yang favorit dan tak pernah sepi pengunjung. Seperti namanya, Candi Gedong Songo mempunyai 9 candi di dalam satu kawasan.

Namun, seiring berjalannya waktu candi yang tersisa hanya tinggal 5 buah. Kamu bisa melihat 1 candi di bagian bawah dan mendaki sampai candi ke-5 di bukit bagian atas.

Karena cukup melelahkan, tentu saja kamu harus menyiapkan dan menjaga kesehatan fisik. Jalan yang akan kita lalui nantinya akan menanjak dan melewati hutan serta sumber air panas belerang.

Tak hanya menikmati keindahan dari candi hindu yang bersejarah ini, kamu juga bisa menikmati sensasi berendam di pemandian air panas yang telah disediakan. Atau kamu juga bisa melakukan aktivitas berkuda yang dipatok harga dari mulai 30k hingga 120k.

Sedangkan untuk tiket masuknya hanya merogoh kocek seharga 10k. Seru banget ya sob, langsung aja yuk datang ke Desa Candi dan menikmati liburan di Candi Gedong Songo.

Kamu juga bisa membawa rombonganmu nih untuk melakukan aktivitas menginap yang seru dan mengasyikkan.

  1. Umbul Sidomukti

Umbul Sidomukti merupakan destinasi kolam renang yang berada di atas ketinggian 1200 mdpl. Oleh karena itu udara disini sangat sejuk dan dingin.

Walaupun begitu tempat ini sangat diminati karena kita juga akan disuguhkan suatu pemandangan yang indah. Kamu akan merasakan sensasi berenang dengan air yang dingin dan sangat segar.

Air dari kolam renang disini berasal dari mata air asli pegunungan Ungaran. Selain berenang, kamu juga bisa berswafoto di kolam berdinding batu ini.

Selain kolam renang, destinasi wisata ini juga mempunyai fasilitas yang lengkap. Seperti resto dan cafe, camping ground, toilet, parkir, musholla, villa, dan masih banyak lagi.

Adapula wahana permainan seru lainnya yang dibagi menjadi dua jenis yakni outbond training yang berisi wahana flying fox, sepeda awang, triangle, marine bridge, dan ATV. Sedangkan jenis yang lain diberi nama little ranch yang berisi wahana petting zoo, taman bunga, berkuda, pasir kinetik, kebun strawberry, tangkap ikan, dan panahan.

Untuk tiket masuk ke Umbul Sidomukti hanya seharga 5k per orang. Namun jika kamu ingin mencoba wahana yang berada disini kamu cukup menambah biaya sekitar 10-75k.

Destinasi wisata ini sendiri terletak di Desa Sidomukti dan buka setiap hari.

  1. Susan Spa & Resort

Seperti namanya, Susan Spa & Resort merupakan sebuah penginapan yang dilengkapi berbagai fasilitas. Fasilitasnya antara lain spa, swimming pool, La Kana Chapel, meeting room, sky garden, fitness studio, mini zoo, playground, area outbond, dan restoran.

Suasana di tempat ini sangat nyaman dan cocok untuk kamu yang ingin menghabiskan waktu liburan bersama keluarga. Selain lingkungannya yang bersih dan sangat ditata rapi, udara disini juga sangat sejuk.

Wahana yang paling sering didatangi oleh para wisatawan adalah La Kana Chapel. Di wahana yang berbentuk unik dengan didominasi warna unik ini kamu bisa bebas berswafoto.

Tempatnya sangat instagenic, oleh karena itu tempat ini biasanya digunakan untuk pernikahan ataupun prewedding. Susan Spa & Resort sendiri berada di Jalan Gintungan Utara Piyoto dan buka setiap hari mulai pukul 8 pagi hingga 10 malam. Jika kamu ingin menikmati semua keseruan di tempat ini kamu cukup membayar 50k untuk tiket masuknya.

  1. Rumah Hobbit Ngasem Park

Di Desa Ngasem terdapat sebuah destinasi wisata yang unik dan menarik. Destinasi wisata ini bernama Rumah Hobbit Ngasem Park.

Lokasinya juga cukup dekat dengan objek wisata Kebun Bunga Setiya Aji, jadi benar-benar sangat strategis deh. Di kawasan ini banyak rumah hobbit yang mungil dan terbuat dari kayu-kayu pepohonan, persis seperti di cerita-cerita dongeng.

Rumah-rumah ini juga dihias semenarik mungkin dengan diberi cat warna pink dan hijau tosca. Hal ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan swafoto dari para wisatawan.

Baca juga :  EC Karaoke Semarang Bersih-Bersih Taman BKB

Ditambah lagi dengan adanya green house disekitar rumah yang ditanami berbagai macam bunga berwarna-warni. Bunga-bunganya juga sangat beragam dari mulai mawar, sentul kenyut, matahari, gladiol, bunga kertas, lili, hingga krisan. Untuk spot foto lainnya terdapat sebuah menara kayu dan pintu langit.

Dulunya objek wisata ini buka setiap hari, namun semenjak terkena bencana longsor tempat ini hanya buka pada hari Sabtu dan Minggu. Untuk jam operasionalnya dari mulai pukul 8 pagi hingga 5 sore. Tiket masuknya juga sangat terjangkau hanya merogoh kocek seharga 5k.

  1. New Bandungan Indah Waterpark & Family Resort

Dulunya tempat ini merupakan hotel PJKA yang kini telah dikembangkan oleh pemerintah menjadi sebuah destinasi wisata yang cocok untuk keluarga. Tempatnya yang nyaman dengan fasilitas yang lengkap tentu akan membuatmu betah berlama-lama disini.

Berbagai fasilitas dan wahana yang seru bisa kamu coba saat berada di tempat wisata dengan luas lebih dari 3 ha ini. Fasilitas dan wahana tersebut antara lain family resort, convention hall, kidcastle, pemancingan, cafe, live music, waterpark, gardening, playground, outbond, dan sanctuary butterfly.

Selain untuk berwisata bersama keluarga, tempat ini juga cocok untuk kamu yang ingin mengadakan acara-acara besar. Seperti meeting, gathering, prewedding, bahkan pernikahan.

Untuk berkunjung kesini kamu bisa menuju ke Jalan Veteran No3 dengan hanya mengeluarkan uang 10k hingga 35k. Perhatikan jam operasionalnya juga ya yakni mulai pukul 9 pagi hingga 4 sore.

  1. Setiya Aji Flower Farm

Keindahan taman bunga tak hanya bisa kita saksikan di Taman Bunga Celosia saja. Ada juga nih destinasi wisata lain yang menawarkan keindahan bunga berwarna-warni. Wisata tersebut bernama Setiya Aji Flower Farm.

Bedanya, di objek wisata ini didominasi oleh tanaman bunga krisan dengan berbagai warna yang indah dan tertata rapi. Cocok banget deh dijadikan latarbelakang foto yang instagenic.

Tak heran tempat ini selalu dimanfaatkan untuk prewedding dan bulan madu. Bunga-bunga yang tumbuh disini pun juga sangat segar karena dirawat langsung oleh petani setempat. Tak hanya berfoto, kamu juga bisa membeli bunga ini dengan harga 5k perbatang. Romantis banget deh apalagi jika kamu datang bersama dengan pasangan.

Jika ingin berkunjung kamu cukup menuju ke jalan Kendalisodo dan hanya 10 menit dari pasar Bandungan. Tempat ini buka setiap hari dari mulai pukul 7 pagi hingga 6 sore. Tiketnyapun juga sangat terjangkau hanya seharga 7,5k.

  1. Metro Stables

Metro Stables ini dulu dijadikan kandang kuda untuk penitipan kuda-kuda balap impor. Namun pada tahun 2017, tempat ini diresmikan sebagai destinasi wisata yang terbuka untuk umum.

Tempat ini berada di ketinggian 900 mdpl sehingga mempunyai pemandangan alam yang indah dan suhu udara yang sejuk. Kamu bisa melakukan aktivitas berkuda dan bersantai sambil berswafoto di tengah-tengah kawasan yang masih alami dan asri ini.

Tentu sangat menarik nih, apalagi untuk anak-anak. Untuk tiket masuknya hanya 5k, namun jika kamu ingin merasakan sensasi berkuda kamu bisa membayar seharga 50k.

Tenang saja sob, kamu akan ditemani oleh pelatih professional dan diberikan peralatan pengaman yang memadai kok. Selain sebagai destinasi wisata berkuda, Metro Stables juga sering dijadikan sebagai tempat penitipan kuda.

Jadi untuk kamu yang mempunyai kuda, dijamin deh kudamu akan terawat jika dititipkan di tempat ini. Untuk pembayarannya sendiri selama bulanan ya sob, dan tentu saja cukup terjangkau.

  1. Camp Mawar

Objek wisata satu ini cocok untuk kamu yang suka mendaki dan berpetualang nih. Camp Mawar namanya, merupakan pintu masuk untuk melakukan pendakian ke Gunung Ungaran.

Kamu bisa menginap atau camping di kawasan ini. Tempat ini telah disulap menjadi destinasi wisata yang indah, jadi tak hanya digunakan untuk menginap saja.

Kamu akan disuguhkan pemandangan indah dari Kota Ungaran, Gunung Merbabu, Gunung Telomoyo, dan Rawa Pening jika berkunjung kesini. Fasilitas yang disediakan juga sangat memadai seperti adanya tempat cuci piring, toilet, bahkan spot foto unik yang terbuat dari botol plastik bekas.

Disini juga disediakan tempat penyewaan perlatan kemah atau mendaki seperti tenda, cooking set, dan head lamp. Untuk biayanya sendiri bervariasi, seperti tiket masuknya hanya 5k.

Namun untuk camping kamu harus menambah biaya sekitar 7k hingga 11k per orangnya. Lokasinya juga sangat strategis yang terletak di atas Umbul Sidomukti.

  1. Ayanaz Gedong Songo

Di dalam kawasan Candi Gedong Songo juga terdapat salah satu objek wisata yang bertema kekinian. Objek wisata ini bernama Ayanaz Gedong Songo yang mempunyai banyak sekali spot foto instagramable.

Setidaknya ada 35 spot foto yang unik dan bisa kamu coba satu persatu. Spot foto tersebut berbagai macam bentuknya seperti balon udara, bubble tent, sangkar burung, hammock, tempat duduk tengah kolam, taman rumput, cozy room, dan masih banyak yang lainnya.

Tak hanya berswafoto, kamu juga bisa melihat pemandangan dari Gunung Ungaran, Gunung Sindoro, dan Gunung Sumbing. Untuk tiketnya tentu yang pertama kamu harus membayar tiket masuk ke Gedong Songo seharga 10k.

Lalu ke objek wisata Ayanaz membayar lagi seharga 25k dan kamu sudah bisa berfoto sepuasnya di seluruh spot foto yang berada disini. Namun, ada juga spot foto yang berbayar seperti balon udara baik itu yang berukuran besar maupun kecil.

Karena tempat wisata ini outdoor, disarankan untuk datang pada siang hari yang cerah. Tenang saja tempat ini memiliki jam operasional yang panjang yaitu pukul 8 pagi hingga 5 sore.

  1. Vanaprastha Gedong Songo Park Perhutani

Vanaprastha merupakan objek wisata yang masih berada dalam satu kawasan Candi Gedong Songo. Objek wisata ini wajib kamu kunjungi karena menyuguhkan keindahan dari hutan pinus yang tidak akan mengecewakan.

Baca juga :  Pementasan Sendratari Legenda Goa Kreo Tak Kalah Apik dengan Pentas Tari Kecak di Uluwatu

Kamu bisa melihat keindahan alam dan menghirup udara yang segar di kawasan ini. Disini juga terdapat banyak spot foto alam yang instagenic dan bisa kamu coba loh.

Spot foto tersebut seperti intalasi di pohon, tempat duduk di pinggir jurang, dan hammock atau kursi gantung. Dijamin fotomu akan keren banget apalagi jika kamu datang bersama teman liburanmu akan bertambah menyenangkan.

Untuk kamu yang ingin menginap, disediakan pula villa-villa dari kayu dengan harga yang juga terjangkau sekitar 500k hingga 600k. Tiket masuk ke kawasan ini juga terjangkau yakni hanya seharga 5k perorangnya.

  1. I’ Ampelgading Homeland

Destinasi wisata I’ Ampelgading Homeland mempunyai suhu yang sangat sejuk. Hal ini dikarenakan kawasan ini dibangun di ketinggian 1300 mdpl dan berada di lereng Gunung Ungaran.

Dari atas sini kamu akan disajikan pemandangan yang indah dari Kota Semarang. Selain menikmati pemandangannya, kamu juga bisa nih berswafoto di spot foto kece yang telah disediakan.

I’ Ampelgading Homeland juga menyediakan gazebo untuk tempat duduk dan bersantai. Ada juga camping ground yang bisa kamu manfaatkan jika ingin mendirikan tenda untuk camping.

Dijamin kamu akan betah saat berada disini karena tempatnya yang nyaman dan masih alami. Untuk tiket masuknya juga sangat terjangkau yakni hanya 5k, namun jika ingin camping kamu bisa membayar sekitar 10k.

Lokasinya sendiri berada di Kedung Wangen, Banyukuning dengan jam operasional dari pukul 9 pagi hingga 5 sore.

  1. Legok Madu

Objek wisata kali ini menawarkan keindahan dari taman bunga yang berwarna-warni serta dipadukan dengan spot foto yan kekinian dan instagramable. Tempat wisata Legok Madu namanya, yang berlokasi di Ngipik, Kaliwinong Candi.

Objek wisata ini buka mulai pukul 08.00 hingga 18.00 WIB. Spot foto di objek wisata Legok Madu ini sangat bervariasi bentuknya mulai dari bentuk angsa, ember raksasa, kamar tidur, kapal, stand makanan dari tanaman, dan masih banyak lagi.

Kamu bebas untuk mengelilingi tempat ini sambil berswafoto dan bersantai. Harga untuk tiket masuknya pun juga sangat terjangkau yakni hanya 10k per orangnya.

Dengan aneka spot foto dan tempatnya yang sejuk serta asri pasti sangat menarik sekali ya untuk dikunjungi. Oh ya, kabarnya nih di kawasan ini akan dibuat camping ground dan penginapan loh, wah jadi tambah asyik ya sob.

  1. Cimory On The Valley

Cimory On The Valley berlokasi di Kecamatan Bergas, walaupun begitu posisinya masih dekat dengan kawasan Bandungan. Objek wisata ini buka setiap hari mulai dari pukul 8 pagi hingga pukul 5 sore.

Kawasan ini cocok untuk kamu yang ingin berlibur bersama keluarga. Mengusung tema rekreasi dan edukasi tentu sangat mengasyikkan dan menambah pengetahuan.

Maka dari itu, objek wisata ini tak pernah sepi pengunjung. Cimory On The Valley mempunyai banyak wahana yang bisa kamu kunjungi seperti cimory farm atau mini zoo, peternakan sapi, toko sovenir, playground, dan taman miniatur dunia.

Kamu juga bisa mengunjungi resto di dalamnya untuk mencicipi menu-menu dari olahan susu.

  1. King Garden

King Garden adalah destinasi wisata di Bandungan yang baru berdiri sekitar akhir tahun 2018 lalu. Lokasinya berada di dekat Taman Celosia dan tidak jauh dari kawasan Gedong Songo.

Untuk tiket masuknya sendiri hanya merogoh kocek 10k pada hari biasa dan 15k pada weekend. Disini kamu akan menjumpai villa-villa dan resto yang bergaya tradisional.

Tak hanya itu, disediakan pula banyak spot foto yang sangat menarik dan instagenic. Spot foto ini seperti balon udara, taman dengan bunga yang berwarna-warni, dan sepasang perahu di kolam kecil.

Kamu juga dapat melihat burung-burung yang berada di sangkar dengan ukuran cukup besar. Pokoknya seru deh, apalagi disini juga terdapat sebuah restoran yang bisa kamu icip-icip makanan lezatnya nih.

  1. Pemancingan Suharno

Tak hanya wisata alamnya saja yang bisa kamu kunjungi, kamu juga bisa berkunjung ke beberapa tempat kuliner yang terkenal di Bandungan. Salah satunya adalah Pemancingan Suharno.

Pemancingan ini memiliki beberapa cabang, namun kamu bisa datang ke Suharno I yang berada di Jimbaran. Selain bisa kamu manfaatkan untuk kegiatan memancing, disini kamu juga mencicipi makanan jenis ikan dari gurame, lele, dan nila.

Makanan disini disajikan dengan dua cara yakni digoreng dan dibakar. Tak hanya menyantap makanan yang lezat, di Pemancingan Suharno juga menyediakan beberapa fasilitas pendukung seperti ayunan, kolam renang anak, roda putar, dan terapi ikan.

Menjadikan pengalaman icip kulinermu menjadi lebih sempurna kan.

  1. Tahu Serasi

Jika kamu berkunjung ke suatu daerah tentu belum lengkap rasanya jika tidak mencicipi makanan khasnya juga. Daerah Bandungan memiliki makanan khas yang bernama Tahu Serasi dan Susu Kedelai.

Kamu bisa mencicipi kenikmatan olahan tahu serasi yang gurih dan lezat. Apalagi ditemani dengan susu kedelai yang segar, beuuh dijamin nagih.

Tak hanya dicicipi langsung di tempat saja, kamu juga bisa membawanya pulang sebagai buah tangan alias oleh-oleh. Di Bandungan terdapat sebuah pabrik tahu yang sangat terkenal nih.

Namanya Tahu Serasi Bu Khotijah yang berada di Desa Duren. Tenang saja, pembuatan tahu di pabrik ini tanpa bahan pengawet dan bisa bertahan selama3-7 hari, jadi aman deh.

Untuk harganya juga sengat terjangkau nih hanya 10k saja dan kamu sudah bisa mendapatkan 10 buah tahu.

Nah, itu dia ulasan dari destinasi-destinasi wisata yang berada di kawasan Bandungan dan Sekitarnya. Menarik banget kan? Jadi gak usah nunggu lama-lama lagi deh untuk berkunjung ke daerah ini. Ajak keluarga dan oranng-orang tersayangmu juga agar liburan semakin seru. Happy Vacation sob! (dindaidhy)

Artikel Lainnya

Leave a Comment