Home » 13 Wisata Pantai yang Bagus dan Hits di Jepara

13 Wisata Pantai yang Bagus dan Hits di Jepara

by GaleriWisata.id
Galeri Wisata

SELAIN terkenal dengan julukan Kota Ukir, Jepara juga terkenal dengan destinasi wisata alamnya yang sangat indah. Khususnya pantai dimana di kawasan ini banyak objek wisata pantai yang memiliki daya tarik unik dan berbeda-beda.

Nah, kali ini minGal ingin memberikan informasi mengenai 13 wisata pantai di Jepara yang bagus dan hits. Yuk simak ulasannya sob.

  1. Pantai Bandengan

    Galeri Wisata

    Photo: www.investor.id

Pantai Bandengan merupakan salah satu destinasi wisata pantai yang sudah sangat terkenal di Jepara bahkan hingga luar daerah. Banyak wisatawan asing yang datang ke pantai ini untuk menghabiskan waktu liburannya dengan melihat keindahan dari pantai yang memiliki air sangat jernih ini.

Pasir putihnya juga sangat memanjakan mata. Memiliki gelombang ombak yang cukup besar, tentu cocok untuk melakukan aktivitas seperti jet sky, banana boat, dan perahu kano.

Di tempat ini juga tersedia fasilitas yang sangat lengkap seperti tenda, tempat makan, hotel dan penginapan. Jika kamu ingin berkunjung kesini kamu bisa menuju ke Desa Bandengan.

Wisata pantai ini buka setiap hari dari pukul 06.00 hingga 18.00 dan kamu diharuskan membayar kontribusi sebesar 5k saja.

  1. Pantai Ujung Piring

    Galeri Wisata

    Photo: www.hayko.TV

Pantai dengan pasir putih dan memiliki air yang sangat jernih berwarna kebiruan merupakan secuil deskripsi yang tepat untuk menggambarkan keadaan dari Pantai Ujung Piring. Berlokasi di Desa Jambu, Kecamatan Mlonggo, pantai ini buka setiap hari selama 24 jam dan tidak dipungut biaya untuk tiket masuknya alias gratis.

Keindahan lainnya yang dapat kamu saksikan dari pantai ini adalah rawa dan tambak serta pohon bakau yang menghias sepanjang pinggiran pantai. Sangat cocok untuk kamu yang suka berswafoto, apalagi disini juga terdapat spot Pohon Bakau Jomblo yakni satu pohon bakau yang terdapat di tengah laut tidak jauh dari pantai.

Selain menikmati keindahan alam dan berfoto-foto, kamu juga bisa melakukan aktivitas lain seperti memancing, berenang, dan berkemah. Pantai ini cukup aman untuk anak-anak, karena ombaknya cukup tenang.

  1. Pantai Ombak Mati

Galeri Wisata

Photo: www.id.wikipedia.org

Pantai Ombak Mati adalah salah satu pantai yang unik di Jepara. Jika pada pantai lainnya memiliki ombak yang besar, lain halnya di pantai ini.

Di objek wisata kali ini ombaknya tidak terlalu besar bahkan bisa dibilang tidak mempunyai gelombang ombak sama sekali. Makanya mungkin diberi nama Pantai Ombak Mati hehe.

Air di pantai ini juga sangat dangkal, jadi sangat aman untuk anak-anak. Kamu akan mendapat sajian pemandangan indah dari pantai yang masih alami, dengan dihiasi berbagai jenis pohon salah satunya pohon ketapang.

Berendam dan berenang atau hanya sekadar bermain air bisa menjadi aktivitas kamu selama berada di tempat ini. Kamu juga bisa berfoto di gazebo yang bertuliskan nama dari Pantai Ombak Mati.

Berlokasi di Bondo, Kecamatan Bangsri pantai ini buka selama 24 jam setiap harinya. Jadi kamu bebas untuk berkunjung kapan saja apalagi tidak ada kontribusi untuk membayar tiket. Beuhh, idaman banget ya sob.

  1. Pantai Pulau Panjang

Galeri Wisata

Photo: www.piknikasik.com

Masyarakat yang beragama Islam pasti sudah tidak asing lagi dengan nama Pantai Pulau Panjang yang terletak di Ujung Batu. Hal ini karena, di sebelah barat pantai ini terdapat makan seorang ulama yang dihormati yakni Syeikh Abu Bakar.

Setiap tahunnya, banyak peziarah dari dalam maupun luar daerah yang berkunjung kesini untuk melakukan serangkaian acara. Pantai ini menawarkan keindahan yang masih alami dengan air yang jernih. Bahkan tanpa berenang pun, kita bisa melihat keindahan dalam air yang masih sangat terjaga.

Di sekeliling pantai juga terdapat pepohonan yang lebat dan tentu saja akan menambah keindahan yang tiada tara. Oleh karena itulah, kawasan pantai ini kerap disebut dengan Surga Kecil.

Berbagai paket wisata dan kegiatan dapat kamu coba saat berada di Pantai Pulau Panjang. Seperti berkeliling pulau menggunakan perahu, snorkeling, dan lain-lain.

Keunikan lainnya dari pantai ini yakni terdapat sebuah sumber air berkah yang dipercaya bermanfaat untuk kesehatan dan keselamatan. Untuk tiket masuknya sendiri hanya sebesar 5k saja.

  1. Pantai Gua Manik

Galeri Wisata

Photo: www.id.wikipedia.org

Di dekat destinasi wisata Benteng Portugis terdapat objek wisata pantai yang menawarkan keindahan tiada tara. Pantai ini bernama Pantai Gua Manik atau juga dikenal sebagai Pantai Pecatu.

Lokasinya berada di Banyumanis, Kecamatan Donorojo dan buka setiap saat dengan hanya merogoh kocek sebesar 5k. Di kawasan ini kamu bisa melakukan berbagai aktivitas yang menarik dan tentu saja menyenangkan.

Aktivitas ini seperti kulineran di sepanjang tempat makan yang tersedia, bermain motor cross, bersantai di saung dan gazebo. Jangan lupa untuk berfoto di pantai yang juga menawarkan keindahan dari pantai berwarna putih dengan air yang masih jernih dan murni.

Yang unik dari penamaan pantai ini adalah adanya sebuah mitos di belakangnya. Mitos ini menyebutkan di tempat ini terdapat sebuah gua ghaib yang tidak bisa dilihat dengan mata telanjang dan sampai sekarang masyarakat sekitar masih mempercayainya.

Oleh karena itu, nama Gua Manik diberikan untuk pantai ini.

  1. Pantai Suweru

Galeri Wisata

Photo: www.wesata.id

Pasir putih identik dengan pantai-pantai di Jepara, berbeda dengan pantai yang satu ini. Pantai Suweru namanya, terletak di Balong , Kecamatan Kembang, pantai kali ini menjadi salah satu pantai yang unik.

Tak hanya warna dari pasir yang berbeda, keunikan lain yang dapat kita saksikan yakni adanya perkebunan karet dan perbukitan di sepanjang jalan menuju pantai. Selain itu, pohon kelapa yang tinggi menjulang serta beberapa pohon waru juga menambah keindahan dari pantai yang memiliki kadar garam rendah (banyutowo) ini.

Pantai Suweru atau Pantai Banyutowo menyediakan fasilitas yang lengkap untuk kegiatanmu selama disini. Kamu bisa berenang, snorkeling dan melihat pemandangan PLTU serta kapal pengangkut pasir dari dermaga.

Untuk anak-anak, juga disediakan wahana permainan seperti ayunan, jungkat-jungkit, dan perosotan. Hanya dengan merogoh kocek sebesar 5k, kamu sudah bisa merasakan semua keunikan dari pantai ini.

  1. Pantai Blebak

Galeri Wisata

Photo: www.pantainesia.com

Pantai Blebak merupakan salah satu pantai yang indah di Jepara dan tidak memungut biaya. Kawasan ini terbuka untuk umum dan buka 24 jam setiap harinya sehingga tak pernah sepi pengunjung.

Berlokasi di Sekuro, Kecamatan Mlonggo ini memiliki keunikan pada warna pasirnya yakni putih kekuningan. Eits, jangan salah sangka sob, pantai ini masih sangat bersih dan alami kok.

Walaupun memiliki wilayah yang tidak cukup luas dan air yang cukup dangkal, banyak kegiatan menarik yang bisa kamu lakukan nih.

Seperti bermain perahu bebek ayun, kulineran, dan bermain flying fox. Keindahan dari pantai Blebak ini mungkin tidak cukup kamu nikmati selama satu hari, maka dari itu kamu bisa menginap di hotel, cottage, maupun losmen yang bangun oleh masyarakat setempat dan berada di sekitar pantai.

  1. Pantai Pailus

Galeri Wisata

Photo: ngluyurmania.blogspot.com

Pantai Pailus merupakan salah satu pantai yang masih perawan. Walaupun begitu, pantai ini juga menawarkan keindahan yang tak kalah dengan pantai terkenal lainnya. Uniknya, hanya di pantai ini kamu bisa merasakan konsep Private Beach.

Private Beach ini melarang didirikannya bangunan di dalam kawasan pantai, walaupun kenyatanya pantai Pailus sendiri dekat dengan pemukiman warga. Kamu tidak akan menemukan warung makan, tempat penyewaan perahu atau fasilitas pendukung lainnya, mushola, dan juga toilet.

Benar-benar bersih tanpa bangunan kecuali gazebo bertuliskan nama pantai yang sering dipakai wisatawan untuk bersantai dan berswafoto di pinggir pantai. Pantai yang memiliki air jernih berwarna hijau kebiruan dengan pasir putih ini juga dihiasi dengan berbagai jenis pepohonan khas pinggir laut.

Di sekitar pohon ini juga terdapat sebuah kursi yang dibuat dari anyaman tali dan bisa kamu gunakan untuk tempat bersantai menikmati pemandangan dari pantai yang berlokasi di Karangggondang, Mlongo. Pantai ini buka setiap saat dan gratis, jadi kamu bisa bebas bermain disini.

  1. Pantai Kartini

Galeri Wisata

Photo: www.garispantai.com

Pantai Kartini adalah salah satu pantai yang namanya sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat bahkan hingga ke luar daerah. Banyak wisatawan yang sudah pernah bahkan sering berkunjung ke pantai yang berlokasi di Bulu ini.

Pantai ini buka selama 24 jam dan kamu diharuskan membayar retribusi sebesar 5k saja. Melihat pemandangan pantai dengan ombak yang besar, serta merasakan kesegaran dari udara yang masih asri tentu menjadi hal yang tak terlupakan jika berkunjung ke pantai ini.

Kamu juga bisa melihat keindahan sunset dan sunrise dari pinggir panta. Selain itu di pantai ini juga terdapat sebuah wahana akuarium raksasa yang sangat digemari yakni Kura-Kura Ocean.

Kamu bisa melihat berbagai macam penyu dan kura-kura yang dirawat di tempat ini. Tak hanya itu saja, kamu juga bisa mencoba permainan perahu dan banana boat dengan tiket sebesar 17,5k.

  1. Pantai Teluk Awur

Galeri Wisata

Photo: Ig @wahidunited

Di Pantai Teluk Awur menawarkan keindahan hutan bakau yang masih sangat asri dan alami. Tak hanya itu, kamu juga bisa melakukan berbagai aktivitas seru yang memanfaatkan gelombak ombak dari pantai ini. Aktivitas berupa bemain jet sky, flying fish boat dan banana boat bisa kamu jajal. Di pantai ini nantinya kamu juga bisa melihat berbagai macam kapal yang berlalu lalang ataupun berhenti.

Karena kawasan pantai yang cukup luas, pantai Teluk Awur kerap kali dijadikan sebagai tempat diadakannya sebuah event tradisional. Walaupun begitu, baik di sekitar pantai maupun di pantainya kita tidak akan melihat sampah.

Hal ini disebabkan oleh pengelola setempat yang rajin menjaga kebersihan dan mengingatkan pengunjung agar tidak membuang sampah sembarangan. Pantai ini buka setiap hari selama 24 jam dan gratis.

Keunikan lainnya adalah air dari kawasan hutan bakau ini dipercaya dapat menyembuhkan penyakit kulit. Jadi jangan heran jika kamu ke pantai ini akan melihat banyak orang yang mandi dan berendam. Jika tertarik kamu bisa berkunjung ke Jalan Teluk Awur, Tahunan.

  1. Pantai Empuk Rancak

Galeri Wisata

Photo: www.id.wikipedia.org

Di daerah Karanggondang juga terdapat pantai yang bernama Pantai Empuk Rancak. Keadaan alam di pantai ini masih sangat alami dan terjaga kebersihannya.

Bahkan walaupun sudah sering dikunjungi oleh para wisatawan, kondisi pantai tidak berubah sama sekali. Masih tetap menawarkan keindahan dari ombaknya yang tenang, air yang kebiru-biruan, dan dilengkapi dengan pasir berwarna putih.

Tak hanya itu, kumpulan batu karang juga menghiasi dan menambah keindahan dari tempat ini. Kamu bisa bersantai menikmati waktu bahkan melihat sunset dan sunrise jika berkunjung kesini.

Pantai Empuk Rancak merupakan salah satu pantai dengan wilayah yang cukup luas. Tentu bermain dan berkeliling di pinggir pantai adalah kegiatan yang bisa kamu lakukan selama disini.

Kamu juga bisa duduk bersantai di gazebo-gazebo yang telah disediakan oleh pengelola setempat. Untuk retribusinya juga murah kok hanya 5k saja nih sob.

  1. Pantai Pungkruk

Photo: www.id.wikipedia.org

Pantai Pungkruk berlokasi di Mojorejo, Kecamatan Mlonggo dan buka setiap hari selama 24 jam. Kamu juga tidak perlu mengeluarkan uang untuk membayar tiket, karena di destinasi wisata pantai ini tidak memungut biaya alias gratis.

Menawarkan keindahan dari pantai yang cukup luas dengan pasirnya yang putih serta terdapat banyak karang dan bebatuan terjal membuat tempat ini berbeda dari pantai lainnya. Kamu juga harus berhati-hati, bebatuan dan karang ini bisa saja melukaimu.

Jika kamu berkunjung ke Pantai Bandengan, mampirlah ke Pantai Pungkruk ini yang hanya berjarak 2 km saja. Tenang saja, selain bersantai menikmati pemandangan, kamu juga bisa icip-icip makanan di tempat makan dan bermain di taman bermain yang telah disediakan di kawasan ini.

  1. Pantai Ngelom

Galeri Wisata

Photo: IG @faisholrd

Selain Pantai Bandengan, di daerah yang sama juga terdapat sebuah pantai lainnya. Pantai ini bernama Pantai Ngelom.

Jika kamu mencari pantai yang masih perawan, Pantai Ngelom-lah jawabannya. Keadaan alamnya masih sangat alami, berpasir putih, dan airnya yang jernih membuat siapapun yang memandangnya akan terkesima.

Kamu juga bisa melihat keindahan dari pohon-pohon kecil dan semak-semak hijau yang menghiasi pinggiran pantai. Namun, kamu harus ekstra berhati-hati karena di Pantai Ngelom sendiri terdapat banyak batu karang di pinggir laut.

Kamu bisa menikmati keindahan bawah laut secara langsung dan bersantai di pantai ini setiap hari dari mulai pukul 07.00 hingga pukul 17.00. Jadi tunggu apalagi? Yuk nikmati keindahan pantai yang penuh dengan batu karang ini.

Nah, itulah ulasan dari mimin tentang 13 wisata pantai di Jepara yang bagus dan hits. Semoga bisa menambah referensi tempat liburanmu ya. Jika berkunjung, jangan lupa ajak mimin. Happy vacation sob!

Baca juga :  Yuk Menjajal Keindahan Pantai Kartini Dengan Segala Fasilitasnya yang Komplit

Artikel Lainnya

Leave a Comment