Home » 12 Wisata Malam di Semarangn Paling Rekomendasi

12 Wisata Malam di Semarangn Paling Rekomendasi

by GaleriWisata.id
Galeri Wisata

KEINDAHAN  Kota Semarang tak hanya bisa dinikmati saat siang hari saja, namun malam hari. Dengan lampu-lampu warna warni yang memberikan cahaya dia setiap sudut kota, membuat kota ini hidup kembali di tengah-tengah heningnya malam.

Destinasi wisata yang buka di malam hari pun menambah nyawa kehidupan kota ini saat waktu terlelap datang. Tentu saja, ini tak boleh disia-siakan oleh kita nih sob, mengistirahatkan otak setelah seharian melakukan aktivitas berat tentu sangat dibutuhkan.

Bersantai di malam hari dengan udara yang dingin tentu saja dapat membuat tubuh kembali segar. Jadi dimana aja sih destinasi wisata di Semarang yang buka pada malam hari? Yuk simak ulasannya!

1. Simpang Lima

simpang lima semarang

semarangwingkorolls.net

Merupakan alun-alun yang paling besar dan paling terkenal. Sebagai pusat dan ikon kota, Simpang Lima tak pernah sepi akan hadirnya pengunjung baik siang maupun malam hari.

Banyak kegiatan yang bisa kamu lakukan jika berkunjung kesini saat malam hari, seperti berswafoto di giant letter atau tulisan raksasa yang menunjukkan kata “Simpang Lima”. Pada malam hari,  tulisan raksasa ini akan menyala terang dengan warna indahnya.

Tak hanya itu kamu juga bisa berkeliling menggunakan sepeda hias warna-warni. Bisa sembari mengobrol bersama orang tercinta tentulah kegiatan ini paling menjadi rekomendasi.

Menikmati keindahan langit Semarang dengan duduk bersantai di tengah lapangan juga bisa kamu lakukan nih sob. Tak perlu khawatir jika perut kamu keroncongan karena disekitar kawasan ini disediakan lapak untuk pedagang kaki lima berjualan.

Paket lengkap kan? Apalagi saat malam minggu, disini sangat rame loh bisa banget nih buat kamu yang sedang mencari jodoh. Hehe, jadi buruan kesini sob!

2. Lawang Sewu

lawang sewu semarang

idntimes.com

Di ujung Jalan Pemuda terdapat sebuah destinasi wisata yang juga menjadi ikon dari Kota Semarang. Merupakan salah satu peninggalan Belanda dan menjadi tujuan wisata sejarah yang sering dikunjungi.

Hal tersebut cocok untuk menggambarkan destinasi wisata Lawang Sewu. Bangunan dengan arsitektur kuno dan memiliki banyak pintu ini sangat terlihat menarik apalagi jika dikunjungi pada malam hari.

Banyak wisatawan yang datang kesini untuk berswafoto dan menikmati keindahan dari bangunan bersejarah ini. Dengan lampu-lampu yang menyorot dari setiap sisi gedung, menjadikan Lawang Sewu bersinar terang di antara gelapnya malam.

Cocok sekali untuk kamu yang ingin berfoto-foto ala aesthetic nih sob dan tentu saja tidak membikin kantong kamu kering karena tiket masuknya hanya 10K saja.

3. Kota Lama

kota lama semarang

jejak-kenzie.blogspot.com

Sebuah kawasan yang penuh dengan bangunan era kolonial dan menjadi destinasi wisata andalan Kota Semarang, cocok untuk menjadi definisi dari destinasi wisata Kota Lama. Walaupun bangunan disini sudah berdiri ratusan tahun, kondisinya tetap terawat dengan baik dan masih berfungsi dengan normal.

Kawasan ini selalu ramai oleh pengunjung apalagi di malam hari, dengan lampu-lampu jaman kuno yang masih terang benderang membuat nuansa memorinya makin jelas terlihat. Saat malam hari, disini banyak sekali warga sekitar dengan berbagai kegiatan seperti anak muda yang menjadi musisi jalanan, penyewaan motor-motoran untuk bermain anak, pertunjukan jalanan, dan lain sebagainya.

Banyak juga para penjual makanan yang bisa kamu temukan saat disini. Bersantai dan menikmati keramaian di Kota Lama tentu bisa menjadi referensi wisata malam kamu nih, untuk lokasinya bisa dengan mudah kamu temukan di map dan juga dekat dengan Pasar Johar dan juga Stasiun Tawang.

4. Pecinan

pecinan semarang

seputarsemarang

Tidak jauh dari kawasan Kota Lama, terdapat destinasi wisata yang diberi julukan wisata 1001 Klenteng. Julukan ini diberikan karena di kawasan ini kita dapat menemukan banyak klenteng dengan nama dan cerita yang berbeda.

Baca juga :  Curug Gondoriyo: Dari Air Terjun Bercahaya Hingga Jembatan Mak Comblang dan Talang Londho

Klenteng-klenteng ini akan terlihat indah saat malam hari dengan penerangan lampionnya. Yang terkenal dari kawasan ini ialah Pasar Semawis nya, dengan menawarkan wisata kuliner yang  beragam menjadikan kawasan ini sebagai destinasi wisata yang sangat sering dikunjungi khususnya oleh para pecinta makanan.

Pasar ini hanya buka pada hari Jumat-Minggu dari jam 6 sore hingga jam 11 malam. Banyak tenda-tenda penjual makanan bergaya semarangan maupun Chinesse terdapat disini.

Makanan yang bisa kamu temukan disini antara lain seperti nasi pecel, nasi gudeg, nasi ampela, babat gongso, bakmi jowo, seafood dan makanan tradisional lainnya. Adapun untuk varian kue dan bubur, es puter, steamboat, sate babi Singapore dan masih banyak lagi.

Disini banyak juga dijual makanan khas Cina yang rata-rata dagingnya berasal dari babi, jadi untuk kamu yang muslim disarankan untuk tidak malu bertanya terlebih dahulu ya sebelum membeli ya. Meski di beberapa stan, sudah tertulis halal non halalnya juga sih.

Selamat menikmati sob!

5. Taman Tabanas Bukit Gombel

taman tabanas semarang

detik.com

Dikenal sebagai puncaknya Kota Semarang, Taman Tabanas ini sangat sering dikunjungi oleh orang-orang yang ingin bersantai dan menghilangkan penat setelah seharian bekerja. Kawasan ini juga dikenal dengan nama Gardu Pandang Gombel.

Menawarkan keindahan pemandangan Kota Semarang dari ketinggian, tempat ini menjadi favorit apalagi di malam hari. Gemerlap lampu-lampu dari bangunan-bangunan yang berada di bawahnya, dan tentu saja sangat memanjakan mata.

Udara yang sejuk menambah keunggulan dari tempat ini di mata para pengunjung. Disini kita juga bisa mencicipi berbagai hidangan seperti pisang bakar, kopi hangat, roti bakar, dan jagung bakar, serta aneka restoran besar juga berada di kawasan ini.

Jika kamu ingin berkunjung kesini, kamu bisa menuju ke arah Jalan Setiabudi No 12 dengan kocek hanya sebesar 7K saja.

6. Masjid Agung Jawa Tengah

masjid agung jawa tengah

kumparan.com

Malam-malam berwisata religi? Bisa banget nih kamu berkunjung ke Masjid Agung Jawa Tengah. Disini kamu akan melihat kemegahan dari masjid ini saat malam hari dengan dikelilingi oleh lampu-lampu yang menyorot kepada 6 payung raksasa.

Tak hanya itu, di masjid yang mirip Masjid Nabawi ini juga memiliki menara Asmaul Husna yang menjulang tinggi. Kamu bisa melihat keindahan Kota Semarang pada malam hari. Melihat berbagai bintang dan bulan di langit yang cerah.

Bersantai dan menghirup udara segar sebanyak-banyaknya cocok sekali untuk dilakukan disini. Kalau kamu ingin berkunjung, lokasi masjid ini ada di Jalan Gajah Raya, Gayamsari.

Jadi tunggu apalagi? Yuk berwisata sekaligus beribadah sob!

7. Banjir Kanal Barat

Banjir Kanal Barat Semarang

tribunnews.com

Kali ini destinasi wisata berasal dari wisata air, tepatnya di Banjir Kanal Barat. Usai direnovasi, tampilan tempat ini kian menarik dan sangat memanjakan mata.

Disini disediakan dudukan warna-warni yang bisa kamu manfaatkan sambil menikmati suasana sekitar. Bosan hanya duduk-duduk saja, kamu bisa berkeliling menyusuri pinggiran sungai yang panjangnya 4Km ini.

Nah, disini juga sering diadakan festival di beberapa kesempatan. Salah satunya adalah Festival BKB dimana dalam festival ini nantinya kamu akan melihat perahu-perahu cantik dengan warna terang benderang akan beraksi, menunjukkan beberapa atraksi keren yang tentunya akan menghibur kita sob.

Bahkan  disini juga ada pertunjukan air terjun menari (Bridge Fountain), yakni atraksi dari perpaduan warna dan gerakan pancuran air. Atraksi ini digelar setiap Jumat dan Sabtu pukul 19.30-20.00 dan 21.00-21.30.

8. Taman Indonesia Kaya

taman indonesia kaya semarang

jejak-kenzie.blogspot.com

Setelah direnovasi dan diganti gayanya, kini Taman Indonesia Kaya menjadi sangat indah dan masuk ke dalam destinasi wisata yang wajib kamu kunjungi. Pada malam hari, suasana disini sangatlah membikin diri ini tenang.

Kamu bisa berkeliling taman dan akan melihat warna-warni dari lampu yang dipasang pada setiap sisinya. Kamu juga bisa melihat air terjun menari disini sob.

Baca juga :  Asyik! Kini Taman Lele Bisa Digunakan Untuk Resepsi Pernikahan

Tenang, disini juga disediakan banyak spot foto, yang tentunya akan menambah foto aestheticmu nih. Jika lelah, kita bisa bersantai dan beristirahat di aula terbuka disini.

Perut keroncongan? Di sekitar sini juga banyak pedagang kaki lima yang berjualan terutama berjualan tahu gimbal. Tak hanya itu, di beberapa kesempatan taman ini sering dijadikan untuk menyelenggarakan event yang menarik dan meriah.

Keren banget kan, yuk buruan kesini!

9. Jalan Pahlawan

jalan pahlawan semarang

jejakpiknik

Berjalan-jalan di Jalan Pahlawan juga menjadi alternatif yang tepat untuk kamu yang ingin berwisata malam. Berlokasi di jantung kota, jalan ini sangat ramai dikunjungi oleh masyarakat terlebih pada malam hari.

Lampu-lampu jalan yang lucu akan menemani kegiatan nongkrong mu di sekitar jalan ini, kamu juga bisa berwisata kuliner disini karena banyak sekali penjual makanan. Tempat ini kerap dijadikan titik berkumpul komunitas-komunitas seperti komunitas moge, komunitas sepeda, dan komunitas lainnya.

Untuk kamu yang membawa anak kecil, tenang disini juga terdapat penyewaan motor-motoran serta berbagai penjaja makanan kecil. Cocok sekali ya sob  untuk menghabiskan waktu bersama orang yang kita cintai.

10. Tugu Muda dan Jalan Pemuda

Tugu muda semarang

joss.co.id

Tugu Muda merupakan monumen bersejarah yang menjadi peghargaan kepada para pahlawan dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia di Semarang. Monumen ini juga menjadi ikon dari Kota ATLAS.

Untuk mengenang jasa para pahlawan, monumen ini sangat dirawat dan terus diperinda penampilannya. Apalagi saat malam hari, dengan lampu berwarna-warni yang menyinari tugu ini  membuat kesan megah yang sangat indah.

Warnanya seperti pelangi, ungu, merah muda, kuning, orange, hijau, dan biru. Disini kamu juga bisa melihat ramainya kendaraan yang berlaku lalang, bersantai dengan menatap bintang juga menjadi hal yang bisa kamu lakukan ketika berada di tempat ini.

Begitu pula di Jalan Pemuda yang merupakan jantung dari Kota Semarang. Saat malam, sangat semarak dengan berbagai lampu hias warna-warni

Ya tentu saja kawasan ini bercahaya, karena di sini juga terletak Balaikota Semarang serta beberapa mall dan pusat perbelanjaaan dan juga hotel.

11. Sam Po Kong

sam poo kong semarang

travelspromo.com

Salah satu bangunan bersejarah yang tak pernah sepi dari pengunjung baik di siang maupun malam hari ini selalu mempunyai datang tariknya sendiri. Berlokasi di Jalan Pamularsih Raya, tiket masuk hanya dibandrol 8K per orang.

Pada malam hari kamu akan melihat warna menarik dari Klenteng Sam Po Kong. Perpaduan kuning kemerah-merahan terpancar dari bangunan yang menjadi saksi persinggahan Laksamana Cheng Ho ini.

Dengan lampion-lampion di setiap sisinya, menambah kesan kental dari budaya Tionghoa yang sangat menyegarkan mata. Tentu saja tempat ini cocok untuk kamu yang suka bersua foto, karena tempatnya yang instagramable dijamin deh kamu akan mendapatkan foto yang aesthetic.

12. Taman Pandanaran

taman pandanaran semarang

metrosemarang.com

Salah satu taman yang juga sering dikunjungi saat malam hari yaitu Taman Pandanaran. Terletak di daerah Mugassari, taman ini memiliki ikon khas yakni Warak Ngendog.

Ikon ini akan bersinar saat malam hari, tentu saja siapa pun akan tertarik melihatnya. Tak hanya itu di sekeliling taman juga banyak lampu hias yang menyala dengan terang.

Kamu bisa bersantai dan menikmati waktu bersama dengan orang yang kamu sayangi disini. Sambil  melihat lalu lalang kendaraan, dapat merehatkan sejenak pikiran mu yang telah bekerja keras seharian ini.

Nah itu tadi Sobat Galwis, 12 tempat wisata malam yang bisa kamu jadikan tempat nongkrong di sela acara piknikmu di Semarang. Selain asyik, dijamin juga keamanannya karena kawasan-kawasan tersebut sangat minim kriminalitas meski kamu hendak berwisata malam-malam.

Meski demikian, ada baiknya tetap tinggalkan perhiasan atau barang-barang yang dapat mengundang kejahatan. Selamat menikmati Semarang di malam hari. (dindaidhy)

 

Artikel Lainnya

Leave a Comment