Home » 12 Menu Warung Makan Sate Kambing Mbak Tun Yang Harus Kamu Coba

12 Menu Warung Makan Sate Kambing Mbak Tun Yang Harus Kamu Coba

by GaleriWisata.id
Galeri Wisata
JIKA Sobat Galwis adalah penggemar menu masakan kambing, sobat harus mencoba yang satu ini. Warung Makan Sate Kambing Mbak Tun yang ada di belakang Pasar Babadan, Ungaran.
Letaknya memang di luar Kota Semarang. Namun jarak tempuhnya tidak lebih lebih dari 30 menit.
Dan demi menu berbagai olahan daging kambing yang lezat ini, tentunya waktu dan jarak tidak menjadi persoalan. Yang patut diingat adalah hari bukanya.
Pasalnya, Warung Mbak Tun ini tidak setiap hari buka. Ia hanya beroperasional pada pasaran Jawa yakni Wage dan Legi saja karena mengikuti hari pasaran perdagangan ternak di Pasar Babadan.

Galeri Wisata

Warung legendaris ini sudah masuk generasi ketiga. Namun baik citarasa atau taste yang disajikan, tetap sama.
Alhasil, warungnya selalu ramai seiring dengan waktu buka yang hanya dua kali dalam sepekan (ada lima hari pasaran dalam penanggalan Jawa). Dan kini, warungnya sudah lebih luas, juga canggih karena menerima pembayaran non cash dan juga transfer dari beberapa bank.
Selain itu, Warung Mbak Tun kini juga menerima pesanan nasi box tentunya tetap dengan menu utama kambing. Untuk informasi dan pemesanan, sobat bisa menghubungi 081325747489 atau 081326151133.
Dan berikut 12 menu kambing yang dapat sobat cicipi di Warung Makan Mbak Tun.

Sate

Layaknya sate di belahan nusantara lainnya, sate di Mbak Tun juga sama. Potongan daging atau hati dibalur bumbu spesial, akan memanjakan lidahmu.

Sobat juga bisa memilih ginjal, lemak (kapuran) atau juga campuran keempatnya dalam satu porsi pesanan beserta potongan lalapan, bawang merah dan sambel kecap. Satu porsi sate dihargai hanya 40K.

Baca juga :  Posko Takjil Patra Hotels Dibanjiri Pemudik

Iga

Iga kambing dapat diolah menjadi beberapa menu masakan. Di antaranya iga gongso, iga bakar, gule iga dan tongseng iga.

Sobat bisa pilih sesuai dengan taste yang diinginkan. Satu porsinya 40K.

Sumsum

Hampir sama dengan olahan iga, sumsum bisa dimasak sesuai keinginan kita. Yakni gule sungsum, gongso sungsum dan tongseng sumsum.

Sama dengan sate dan iga, harganya adalah 40K. Satu yang harus diingat, sobat harus memesan menu sungsum ini minimal satu hari sebelumnya.

Pasalnya, dalam 1 ekor kambing, hanya bisa menghasilkan1 porsi sungsum saja.

Krengsengan

Menu ini sama dengan sate, hanya saja digoreng. Sementara sate, dagingnya adalah dibakar.

Harganya sama yakni 40K.

Gule

Galeri Wisata

Masakan gule ini memiliki kuah yang paling banyak. Paduan bumbu spesial khas Mbak Tun, dipadu dengan santan segar, cocok disantap di siang hari.

Dengan harga hanya 35K, sobat bisa memilih gule daging, balungan, jerohan, kepala kaki atau lidah pipi.

Tengkleng

Tengkleng citarasanya hampir mirip dengan gule. Hanya saja rasanya lebih tidak gurih namun tetapsegar berwarna agak kekuningan, beda dengan gule yang gurih dengan warna putih santan yang khas.

Selain itu, bahan bakunya adalah balungan semata. Harganya? Cuma 35K.

Tongseng

Hampir serupa dengan gule, tongseng memiliki bahan dasar kuah yang sama. Namun dimasak kembali dengan tambahan bumbu lain yang menjadikan citarasanya semakin lengkap.

Menu ini bisa dinikmati dengan harga 35K. Sobat bisa memilih tongseng daging, balungan, kepala kaki atau lidah pipi.

Gongso

Masakan gongso ini hampir mirip dengan tongseng namun kuahnya jauh lebih sedikit.  Atau nyemek istilah Jawanya.

Pilihan daging, balungan, jerohan, kepala kaki atau lidah pipi setengah matang dimasak kembali dengan bumbu rahasia. Harga 35K sangat tepat untuk memanjakan petualangan kulinermu.

Baca juga :  Citarasa Jonker Street Malaka di Festival Kuliner Depok

Ungkep

Hampir sama dengan gongso yang nyemek, mode masakan ini adalah dengan cara diungkep (dimasukkan dalam wajan tanah bukan aluminium lalu ditutup juga dengan penutup wajan tanah). Citarasa asli masakannya tetap terjaga dan tentunya lebih sehat.

Tingkat kepedesannya dapat diatur dan cukup dinikmati dengan mahar 35K.

Sop Kambing

Khusus untuk sop kambing, hanya menggunakan kaki, balungan dan iga. Kaldu dari olahan kambing tersebut sangat terasa, segar dan mantab.

Mahar 30K, pas untuk memenuhi hasrat kulinermu.

Nasi Goreng Kambing

Layaknya nasi goreng lainnya di Mbak Tun menggunakan daging kambing sebagai pelengkap. Aroma khas kambing akan makin terasa ketika disantap dalam kondisi panas usai diangkat dari wajan.

Hemm nyummmyySiapin 30K ya untuk menikmatinya.

Otak Kambing

Otak kambing juga terbatas jumlahnya, tidak banyak tersedia porsi setiap harinya. Menu olahannya adalah gule dan juga otak goreng.

Cukup 30K untuk menu masakan ini.

Galeri Wisata

Nah sobat, itu tadi 12 menu andalan di Mbak Tun, sebuah rumah makan spesial menu kambing. Tapi bagi kamu yang tidak suka kambing, tenang…ada menu olahan ayam kok.
Jadi tetap bisa datang dan bersantap di rumah makan sederhana ini dengan nikmat bersama sahabat atau mantan atau bahkan gebetan. Mantan gebetan juga boleh hehe…

Artikel Lainnya

Leave a Comment