Home » 10 Tempat Camping Asyik di Semarang

10 Tempat Camping Asyik di Semarang

by galeriwisata.id
mawar camp area

SALAH satu rekreasi di luar ruangan ialah dengan berkemah atau yang lebih sering disebut camping. Ya, kini banyak anak muda yang gemar sekali untuk nge-camp dan menjelajahi alam.

Aktivitas ini dilakukan sebagai upaya melepas penat, keluar dari rutinitas dan juga kebisingan di kota. Menikmati keindahan alam dari sunset hingga sunrise, berbincang dengan teman dikelilingi semilir angin, bahkan menikmati kopi sembari menatap hamparan langit. Rasanya, beban di tubuh ini menghilang seketika.

Tak hanya itu, dengan berkemah tentu saja kamu dapat melatih fisik dan mentalmu. Kamu akan menjadi lebih berani dan sigap jika kamu melakukan aktivitas ini.

Selain itu, dengan berkemah tentu dapat meningkatkan rasa kekeluargaan dan solidaritas antar sesama teman. Wah, menarik sekali ya sob! Tenang, di Semarang juga ada kok tempat untuk berkemah yang pastinya kamu tidak akan menyesal jika berkunjung kesini.

Berikut 10 tempat nge-camp di Semarang. Yuk, kita simak ulasannya.

1. Hutan Wisata Tinjomoyo

tinjomoyo semarang

detik.com

Awalnya hutan ini adalah kebun binatang di tahun 1980-an, namun karena sebuah banjir besar yang melanda Kaligarang membuat jembatan menuju taman wisata terputus. Akhirnya binatang-binatang yang ada disini dipindahkan ke Kebun Binatang Mangkang.

Walau begitu Hutan Tinjomoyo tetap menjadi tempat yang wajib kamu kunjungi jika ingin berwisata alam. Atau mungkin kamu ingin berkemah bisa banget nih jadikan hutan ini sebagai salah satu tujuannya.

Selain menawarkan keindahan alam dan kerimbunan pepohonannya, Hutan Tinjomoyo ini juga memiliki banyak sekali spot foto yang tentunya unik dan instagramable banget nih. Dijamin kamu tidak akan kehabisan stock foto, hihihi.

Untuk tiket masuknya hanya 5k saja loh, sangat terjangkau ya sob. Hutan ini berlokasi di Tinjomoyo, tepatnya di bawah Kampus Unika. Tenang saja untuk aksesnya bisa kamu tempuh dengan menggunakan kendaraan pribadi dan kendaraan umum kok.

2. Bumi Perkemahan Wana Wisata Penggaron

Hutan wisata penggaron semarang

goodpiknik.com

Berlokasi di Ungaran, bumi perkemahan ini merupakan salah satu bagian dari daerah Hutan Penggaron. Hutan Penggaron sendiri adalah hutan lindung yang dikelola oleh Perum Perhutani Unit 1 Jawa Tengah.

Oleh karena itu suasana di hutan ini masih sangat rimbun dan asri. Merasakan sensasi berdiri di tengah-tengah pepohonan yang menjulang tinggi tentu akan menjadi salah satu pengalaman yang menarik.

Bahkan  terdapat kurang lebih 90 spesies burung yang mendiami kawasan hutan ini. Tentu kicauan burung-burung ini sangat merdu jika pagi hari tiba.

Kawasan ini sangat disarankan untuk kamu yang ingin berkemah dan menikmati suasana hutan yang jauh akan keramaian. Hal ini dikarenakan camping ground yang disediakan sangatlah luas, jadi kamu bisa membawa rombonganmu bermalam disini juga.

Fasilitas yang ditawarkan juga sudah memadai seperti toilet, tempat bermain anak, mushola, tempat parkir, dll. Tempat penginapan dengan harga murah juga disediakan disini, jadi tak perlu khawatir jika kamu ingin berkemah tetapi tidak memiliki tenda.

]Untuk kocek yang harus kita keluarkan cukup 6k saja sob, jadi tunggu apalagi yuk buruan berkemah di Hutan Penggaron ini.

3. Mawar Camp Area

mawar camp area

explorewisata.com

Merupakan pintu gerbang dari pendakian Gunung Ungaran, ini sangatlah terkenal. Selain karena tempatnya yang sangat terawat dan semakin cantik, basecamp ini juga menyediakan fasilitas yang sangat lengkap.

Baca juga :  Sensasi Ice Skating di Tentrem Mall yang Bikin Ketagihan

Bahkan banyak terobosan-terobosan  baru yang harus dicontoh juga bagi basecampbasecamp pendakian gunung di Jawa Tengah. Dengan wajah barunya, Mawar Camp kini telah siap jadi untuk menyambut kita yang ingin mendaki ataupun hanya menikmati keindahan alam dan beristirahat dari hiruk pikuk kota.

Banyak yang telah berubah dari kondisi Mawar Camp, sekarang kita tak perlu takut jika harus berbecek-becekan. Karena disini jalannya telah mulus dengan aspal, jadi kamu tidak perlu takut akan tergelincir dan berkotor-kotor dengan jalan becek.

Selain itu disini sudah disediakan toilet dan mushola dengan bangunan permanen. Ada lagi yang berubah dari wajah basecamp ini, yaitu banyak nya warung makan yang telah berdiri di sekitar basecamp.

Jika kamu bosanpun, kamu bisa berkunjung ke taman  mini yang disediakan disini. Tenang, jika kamu tak mempunyai tenda, kamu bisa menyewa dari pengelola setempat.

Lengkap banget ya sob, gak mahal kok cukup dengan 7k saja kamu sudah bisa merasakan sensasi berkemah disini sob.

4. Hutan Pinus Nglimut

hutan pinus nglimut

jadwaltravel.com

Ingin berkemah sekaligus berwisata alam? Bisa banget nih kamu berkunjung ke daerah Limbangan, Kendal. Disini ada kawasan bernama Hutan Pinus Nglimut yang dijadikan destinasi wisata alami.

Tak hanya menawarkan keindahan pemandangan berupa pohon-pohon pinus yang menjulang tinggi, kita juga akan merasakan kesejukan suasana alami dan dingin yang akan membuat badan kita kembali segar. Pemandian air hangat dan belerang pun juga tersedia di kawasan ini.

Bahkan kita juga bisa melihat keindahan air terjun juga loh. Lengkap banget deh pokoknya.

Untuk tiket masuk setiap bagian berbeda-beda, namun jika kamu hanya ingin berkemah di hutan pinusnya saja kamu cukup merogoh tarif 5k per orang.

Tetapi kamu harus berhati-hati ya sob jika ingin berkunjung kesini, karena jalan yang nantinya akan kamu lewati sangat berkelok-kelok dan menanjak. Pastikan kendaraanmu fit kondisinya.

Walau begitu, di jamin deh kamu tidak akan menyesal jika berkunjung kesini. Jadi yuk, berkemah bareng minGal disini!

5. Umbul Sidomukti

umbul sidomukti camp area

kopialastmg.blogspot.com

Berkemah di tempat wisata dengan kolam renangnya yang sangat menarik, dimana lagi kalau bukan di Umbul Sidomukti. Bertempat di Bandungan, 45 menit dari Semarang, tempat ini sudah sangat terkenal.

Memiliki fasilitas yang sangat lengkap seperti taman bermain, outbound training, pondok wisata, dll menjadikan tempat ini tujuan untuk para traveller berwisata.

Untuk yang ingin berkemah tetapi tak mau repot-repot membawa dan mendirikan tenda kamu bisa reservasi ke pengelola Umbul Sidomukti. Disini akan disediakan tenda bahkan sudah dalam keadaan siap huni dengan harga yang lumayan terjangkau sekitar 30k-35k.

Kalaupun kamu tak kuat dingin, kamu bisa menginap di penginapan yang tersedia. Harga untuk memasuki wilayah camping ini hanya mematok 18k saja dengan begitu kamu sudah bisa menikmati keindahan alam yang berada di lereng Gunung Ungaran ini.

Hmm.. Berkemah sembari menikmati kolam renang tentu hal yang seru ya sob.

6. Kawasan Candi Gedong Songo

gedong songo camp area

wordpress.com

Candi Gedong Songo merupakan candi peninggalan Hindu kuno, terlihat jelas dari bentuk candi-candi yang berada di kawasan ini. Terdapat lima kompleks candi, kawasan yang terletak di Kabupaten Semarang ini sangatlah cocok untuk kamu yang ingin berkemah sembari berwisata sejarah.

Berkemah dengan dikelilingi oleh candi-candi yang indah, tentu pengalaman yang sangat menarik ya sob. Tak hanya itu, kamu juga bisa trekking di sepanjang 2Km.

Baca juga :  Di Ranah Minang, Tak Lelah Mata Memandang

Bahkan kamu juga bisa menemukan sumber belerang disini. Udaranya yang sejuk tentu sangat menentramkan hati ya.

Pada malam hari suhu disini bisa sampai 10 derajat celcius loh. Jadi, kamu harus membawa jaket ya agar tidak kedinginan.

7. Promasan

promasan ungaran

masvay.com

Dijuluki “Negeri Atas Awan”, Promasan sangatlah terkenal apalagi di kalangan para pecinta alam. Berada di ketinggian 2.050 mdpl membuat hawa di kawasan ini sangatlah dingin.

Menjadi tempat camping dengan pemandangan hamparan kebun teh yang sangat memanjakan mata tentu saja tempat ini memiliki daya tarik untuk para pengunjung. Pemandangan yang ditawarkan tak hanya berupa hamparan kebun teh Medini, namun kita juga akan dapat melihat Goa Jepang yang masih berdiri kokoh di kawasan ini.

Dengan kabut berjalan, tentu pemandangan alam disini akan menjadi sangatlah indah dan sangat memanjakan mata. Tempat ini berlokasi di Limbangan, Kendal.

8. Ampelgading Homeland

ampelgading homeland

dosenwisata.com

Berada di ketinggian 1300 mdpl membuat tempat ini  memiliki hawa yang sejuk cenderung dingin. Dengan suasana pegunungan tentu menambah kesegaran saat berada disini.

Ampelgading Homeland namanya, sangat  cocok untuk kamu para pecinta alam yang suka sekali berkemah maupun berwisata alam di luar ruangan. Dari ketinggian tempat ini, kita akan melihat keindahan dari macam-macam destinasi wisata di bawahnya.

Seperti Rawapening, kegagahan dari 3 gunung juga dapat kita saksikan disini yaitu Gunung Merbabu, Gunung Andong, dan Gunung Telomoyo. Hanya dengan 15k, kita bisa mendirikan tenda di kawasan Ampelgading Homeland.

Menikmati keindahan sunrise dan sunset tentu merupakan pengalaman yang sangat berharga. Bahkan kita bisa melihat kabut-kabut yang menyelimuti ketiga gunung tersebut.

Kawasan ini berlokasi di Bandungan, jadi tunggu apalagi? Yuk nge-camp bareng disini.

9. Sitinggil Muncul

sitinggil muncul

booking.com

Berkemah dengan suasana yang berbeda? Yuk berkunjung ke Sitinggil Muncul.

Kamu akan merasakan berkemah dengan pemandangan sawah dan gunung yang hijau. Di sekeliling kita akan melihat pohon-pohon kelapa yang menjulang tinggi seperti di pantai.

Jika malam hari tiba, tentu tempat ini menjadi sangat indah dengan bintang bertabur di luasnya langit. Daerah ini bernama perkemahan eko kecil.

Selain itu, ada pula tidur hutan. Disini kita akan merasakan sensasi bak orang-orang jaman dahulu yang tidak ada internet, lingkungan sehat, dan udara yang bebas polusi.

Sitinggil sendiri adalah sebuah rumah kayu Jawa yang sangat unik dan historis dengan kamar tidur tunggal dan ganda. Di dalam kamar disediakan tempat tidur besi yang antik.

Jika kamu ingin menyewa rumah unik ini kamu bisa menyewa dalam jangka waktu harian, mingguan, bahkan bulanan. Lokasinya berada di Banyubiru, Semarang.

10. Bumi Perkemahan Harda Walika

bumi perkemahan harda walika semarang

twitter.com

Termasuk dalam kawasan Waduk Jatibarang, bumi perkemahan ini menjadi tujuan wisatawan yang ingin berkemah. Bumi perkemahan ini memiliki lapangan yang sangat luas sehingga cocok untuk kamu rombongan yang ingin berkemah ataupun untuk mengadakan acara-acara besar.

Bumi perkemahan ini cukuplah berbeda dari bumi perkemahan lainnya. Jika kebanyakan bumi perkemahan jauh dari pemukiman warga, Bumi Perkemahan Harda Walika ini justru menyatu dengan pemukiman warga. Jadi cocok banget mengadakan kegiatan bertemakan sosial di bumi perkemahan ini.

Walaupun begitu, lingkungan disini masih asri dan terjaga kebersihannya kok sob. Jadi tetap bernuansa alami.

Nah Sobat Galwis, itu tadi 10 tempat camping yang ada di Semarang dan sekitarnya. Jangan lupa, sebelum berkemah, pastikan persiapanmu sudah benar-benar matang ya.

Selamat berkemah!!

Artikel Lainnya

Leave a Comment