Home » 10 Jajanan Khas Semarang yang Wajib Kamu Coba Karena Ngangenin

10 Jajanan Khas Semarang yang Wajib Kamu Coba Karena Ngangenin

by galeriwisata.id
Galeri Wisata

JAJANAN adalah makanan atau minuman yang disiapkan oleh pedagang kaki lima dan berada di pinggir jalan atau tempat umum, yang dapat langsung dimakan di tempat. Tepat sekali jika jajanan dipilih sebagai menu pengganjal perut dikala lapar.

Tak hanya itu, jajanan juga bisa menjadi buah tangan atau oleh-oleh khas dari suatu daerah. Contohnya di Semarang, ada beberapa menu jajanan khas yang wajib kamu cicip dan bisa kamu bawa pulang saat berkunjung kesini.

Hmmm..perut minGal jadi laper kalau bahas makanan, hehehe. Dah yuk capcus kita bahas apa aja sih jajanan khas dari Kota Semarang yang tentu akan menggugah selera makanmu.

1. Loenpia

Galeri Wisata

Merupakan  jajanan wajib yang harus kamu nikmatin saat berkunjung ke Semarang. Berisi rebung, telur, dan daging ayam atau udang, makanan ini menjadi jajanan khas andalan.

Saking terkenalnya, bahkan Semarang mendapat julukan sebagai Kota Loenpia loh. Dijamin deh rasa loenpianya pasti top markotop. Loenpia terdiri dari dua macam yakni goreng dan basah dengan ukuran yang lumayan besar.

Kamu bisa menemukan beberapa outlet besar yang khusus untuk menjualkan loenpia sebagai oleh-oleh khas Semarang. Salah satunya ialah Loenpia Gang Lombok yang berada di Jalan Purwodinatan. Cukup dengan 14k kamu sudah bisa nih untuk mencicipi jajanan khas yang sangat melegenda ini sob.

Atau bisa juga ke Loenpia Cik Meme di Jalan Gajah Mada. Di sini, kamu akan menemukan varian loenpia yang modern, praktis dan sudah jadi snack kering, pantas disikat kapan saja tanpa takut basi.

2. Roti Gandjel Rel

Galeri Wisata

Sumber: www.ksmtour.com

Namanya unik ya? Terlihat khas sekali dengan nama berbahasa jawa.

Nama gandjel rel sendiri terinspirasi dari bentuknya yang kotak seperti kayu pengganjal rel pada jaman dahulu. Berwarna coklat dengan ditaburi biji wijen pada bagian atasnya membuat roti ini sangat terlihat tradisional khas seperti jajanan lainnya yaitu onde-onde.

Tak hanya bentuknya yang unik, roti ini juga memiliki aroma khas campuran antara coklat, gula jawa dan berbagai kombinasi rempah seperti cengkeh, kayu manis, dan kembang lawang. Roti yang awal pembuatannya dari tepung singkong ini memiliki tekstur yang agak alot dan agak kasar.

Walaupun begitu, roti ini memiliki cita rasa yang klasik seperti di jaman pendudukan Belanda di Semarang. Menurut para ahli, gandjel rel yang memiliki nama lain roti gambang ini, sangat baik untuk pencernaan karena bahan-bahannya terbuat dari bahan alami.

Harganya mulai dari 24k. Kamu bisa menemukannya di Pasar Johar, Pasar Gang Baru dan juga Warung Semawis.

3. Leker Paimo

Galeri Wisata

Kue leker adalah salah satu jajanan manis yang terkenal di 3 kota yaitu, Semarang, Solo, dan Surabaya. Masing-masing daerah ini memiliki cara ataupun resep pembuatan leker yang berbeda.

Di Semarang kamu bisa mencicipi Leker Paimo yang sudah sangat dikenal oleh masyarakat. Selain karena rasanya yang unik dengan toping yang beragam, harganya pun sungguh cocok di kantong kita.

Disini kita sudah bisa menikmati leker khas mulai dari harga 2k saja. Toping yang disediakan pun sangat banyak, seperti mozzarella, coklat, keju, tuna, sosis, kornet, telur, dll. Banyak banget ya sob, jadi sangat memuaskan seleramu nih.

Kamu bisa menemukan Leker Paimo di Jalan Mangunsarkoro dengan ciri khas warung yang sangat ramai. Tak perlu heran, karena cita rasanya yang sangat mantap betul inilah yang membuat warung leker ini sangat terkenal dan terkenal dan tak pernah sepi akan pengunjung.

Apalagi saat liburan, kamu bisa mengantre hingga 2 jam penuh lhoo! Maka dari itu, jika kamu memesan diharapkan jangan pergi jauh-jauh dari gerobak pembuatan leker.

Baca juga :  Pesta Keboen Semarang Hadirkan Pengalaman Bersantap di Tengah Nuansa Kuno dan Klasik

Karena nantinya jika namamu dipanggil dan kamu tidak menyahut, antreanmu akan di lewati dan tentu saja kamu akan menunggu lebih lama lagi. Jadi, harus selalu stand by di dekat gerobak ya sob!

4. Pisang Plenet

Galeri Wisata

Sumber: www.travelingyuk.com

Apa itu plenet? Plenet adalah bahasa Jawa yang berarti dipipihkan. Maka dari itu, pisang plenet adalah pisang yang dipipihkan.

Pisang yang dipakai untuk jajanan kali ini yaitu pisang kepok yang sudah dibakar. Di Semarang, jajanan ini sangat menjadi jajanan khas yang banyak peminatnya.

Tak lengkap rasanya jika kamu berkunjung kesini namun belum mencoba jajanan dari pisang ini. Selain menawarkan sensasi rasa pisang yang dibakar, kamu juga bisa menambahkan topping-topping manis lainnya.

Seperti susu, cokelat, kacang, meses, keju, gula halus, dll. Tentu saja jajanan ini cocok untuk kamu si penyuka manis.

Di Semarang, ada 3 outlet terkenal yang menyajikan pisang plenet sebagai menu utama yaitu di Pisang Plenet Jalan Pemuda, Pisang Plenet Pasar Semawis, dan Pisang Plenet Gajah Mada.

Cara penyajian dari masing-masing outlet pun berbeda. Ada yang hanya disajikan berjajar antar pisang, ada pula yang dibikin seperti burger dengan pisang-pisang yang ditumpuk dan di balur oleh susu.

Tenang saja, harganya cukup terjangkau kok kamu sudah bisa menikmati jajanan ini dari mulai harga 8k dengan isi 4 pisang.

5. Tahu Pong

Galeri Wisata

Sumber: www.dimanaja.com

Jajanan khas yang gurih dan renyah ini wajib kamu coba saat berkunjung ke Semarang. Nama tahu pong berasal dari istilah jawa “kopong” yang berarti kosong atau tanpa isi.

Sedangkan dalam Bahasa Mandarin, pong sendiri memiliki arti menggembung. Tahu ini berbentuk potongan kecil-kecil yang lalu mengembang saat diangkat dari penggorengan.

Hidangan tahu pong ini biasanya disajikan dengan menu tambahan yang berbeda-beda. Bisa disajikan bersama telur rebus yang sudah digoreng atau juga gimbal dengan ditemani sambal petis encer.

Disantap bersama nasi hangatpun tahu ini juga sudah sangat nikmat. Outlet yang menjual tahu ini berada di jalan Gajah Mada 63B dengan beberapa varian yaitu tahu pong komplet, tahu pong kopyok telur, tahu pong gimbal telur, tahu emplek gimbal telur, tahu emplek, dan tahu emplek telur.

Tenang saja harganya mulai dari 10k saja kok perporsinya. Wah murah ya sob, bisa banget nih diicip-icip.

6. Moaci Gemini

Galeri Wisata

Sumber: m.blanja.com

Siapa sih yang tidak kenal jajanan moaci? Jajanan yang khas dengan budaya Tionghoa ini sangat terkenal.

Di Semarang moaci gemini menjadi salah satu jajanan khas, bedanya dengan moaci biasa yaitu terletak pada balutannya. Jika moaci biasa berbalut tepung, moaci khas disini berbalut dengan biji wijen.

Berisikan kacang dan gula halus, jajanan berbentuk bulat ini cocok sekali menemani waktu santaimu sembari disandingkan dengan teh hangat. Apalagi jika dinikmati bersama keluarga tercinta, beh benar-benar nikmat sob.

Outlet moaci gemini ini berlokasi di Jalan Kenangan Barat No 101, dan harganya cukup terjangkau loh, hanya mulai dari 19k kamu sudah bisa menikmati moaci original berisikan 10 biji. Untuk varian rasanya tak hanya kacang saja, namun ada juga rasa lain seperti kacang merah, durian, cokelat, green tea, dan strawberry yang dapat kamu beli dengan harga mulai dari 23k.

Dengan rasanya yang gurih dan manis ini tentu saja kamu tak boleh melewatkannya sob. Wajib banget menjadi jajanan favorit kamu saat berkunjung di Kota Atlas ini.

7. Wedang Tahu

Sumber: www.solopos.com

Menikmati keindahan Kota Semarang pada malam hari dengan ditemani udara dingin yang berhembus memang saat paling nikmat mencicipi jajanan khas satu ini. Wedang tahu namanya, minuman yang terbuat dari kembang tahu dan memiliki bentuk seperti bubur sumsum yang menggumpal sangat cocok menemani malammu di Kota Warag Ngendok ini.

Baca juga :  Tiada Dua di Semarang, Kenikmatan Ayam Goreng dan Sambal Terasi Pak Kul

Saat disajikan, wedang ini akan disiram menggunakan kuah jahe dan rempah yang kental berwarna kecoklatan. Untuk pembuatan kembang tahu terdiri dari campuran susu kedelai, air garam, dan serbuk agar-agar.

Kuah jahenya sendiri terbuat dari rebusan air, jahe, gula jawa, dan gula pasir. Hmm membayangkannya saja sungguh membuat ngiler ya sob.

Penjual wedang tahu yang terkenal di Semarang yaitu wedang tahu Pak Adi. Tak perlu susah-susah mencari warung wedang ini karena sekarang cabangnya sudah berada di Jalan Mataram, Gajah Mada, Undip, dan Setiabudi.

Cukup dengan merogoh harga 4k saja kamu sudah bisa menikmati minuman khas ini. Jadi tunggu apalagi? Yuk traktir minGal hehehe.

8. Es Puter Cong Lik

Galeri Wisata

Kamu penikmat minuman dingin? Es Puter Cong Lik bisa menjadi tujuanmu saat singgah di Semarang. Bisa kamu temukan es ini di Jalan Ahmad Dahlan tepat di seberang Rumah Sakit Telogorejo.

Dengan harga yang dibandrol mulai dari 20k, kamu sudah bisa merasakan sensasi es yang resepnya dari Belanda ini. Uniknya lagi warung es ini tidak buka pada siang hari loh, melainkan pada malam hari sampai tengah malam. Waah, cocok banget untuk kamu si penjelajah malam ya.

Terdiri dari 4 varian rasa utama yaitu durian, kelapa muda, alpukat dan coklat. Tapi jika ingin digabungkan dua rasa menjadi satu, itu juga diperbolehkan. Menu remix andalan disini ada durian alpukat, alpukat coklat, dan durian coklat.

Dengan topping tambahan seperti siwalan, agar-agar , roti, dan juga kolang-kaling raksasa, dijamin deh kamu akan ketagihan dengan cita rasanya yang manis semburat asin. Bahkan beda dari es puter dan es krim pada umumnya, disini es nya bertekstur agak kasar.

Tapi, mimin jamin kamu gak akan cukup jika hanya melahap satu porsi saja. Habisnya enak banget sih, hehehe.

9. Tahu Bakso

Galeri Wisata

Sumber: www.merdeka.com

Tahu bakso sebenarnya berasal dari Ungaran. Sebuah kawasan di selatan Kota Semarang, yang berjarak kurang lebih 25Km.

Namun karena dekat, tahu bakso ikut menjadi salah satu jajanan yang paling dicari di Semarang. Seperti namanya, makanan ini terdiri dari tahu yang dibelah tengahnya dan diisi dengan adonan bakso nikmat.

Setelah digoreng matang, ia sudah siap santap. Diceplus bersama Lombok rawit, tentu sangat nikmat.

Harga per bungkus berisi 10 tahu bakso sangat bervariasi. Mulai dari 25K hingga 50K dan seterusnya, bergantung pada kualitas dan citarasa baksonya.

Salah satu warung yang terkenal adalah Tahu Bakso Bu Pudji.

10. Kue Sarang Madu

Galeri Wisata

Sumber: www.food.detik.com

Kue sarang madu terbuat dari tepung beras, santan, dan gula. Cocok banget untuk kamu penyuka jajanan yang manis dan gurih.

Apalagi disaat kamu berkunjung ke Semarang, jajanan ini merupakan jajanan wajib yang harus kamu bawa pulang sebagai buah tangan. Tenang saja, untuk ketahanannya bisa sampai 2 bulan kok, jadi bisa juga jika kamu simpan untuk stok cemilan di rumah. Hitung-hitung sebagai pengobat rindu terhadap Kota Semarang hihi.

Hampir semua pusat oleh-oleh di Semarang menyediakan kue sarang madu ini. Untuk rasanya tak perlu diragukan lagi, perpaduan antara rasa manis, gurih, dan renyah.

Hmmm sangat nikmat sob, apalagi saat dilumuri gula jawa pada bagian atasnya, beh top markotop. Membayangkannya saja perut minGal krucuk-krucuk hehe.

Harganya juga murah nih, hanya dengan 30k saja ku sudah dapat kue ini satu dus yang lumayan besar. Jadi tunggu apalagi? Yuk buruan diborong.

Nah Sobat Galwis, itu tadi 10 jajanan atau makanan khas Semarang yang bisa kamu santap atau dibawa pulang sebagai oleh-oleh. Dijamin deh, orang-orang yang kamu bawain oleh-oleh ini akan ketagihan dan meminta porsi tambahan hehe.

Ya memang sih, jajanan khas di Semarang ini ngangeni owk… (Dinda)

Artikel Lainnya

Leave a Comment