Home » 10 Destinasi Wisata yang Dilintasi Rute BRT Trans Semarang

10 Destinasi Wisata yang Dilintasi Rute BRT Trans Semarang

by GaleriWisata.id
Galeri Wisata

KOTA Semarang telah berkembang menjadi daerah tujuan wisata. Terbukti, selama lima tahun terakhir, jumlah wisatawan yang berkunjung terus bertambah.

Bahkan di tahun 2019 ini, 5 juta lebih wisatawan baik manca maupun domestik, sudah ke Semarang. Dan di tahun 2020, tentunya target kunjungan wisatawan berada di angka 5,6 juta kunjungan.

Nah, dengan banyaknya wisatawan, tentu harus dipersiapkan infrastruktur, akomodasi yang memadai. Moda transportasi massal yang aman, nyaman dengan tarif bersahabat, sangat diperlukan karena tentunya kita bisa berhemat anggaran piknik.

Keberadaan Bus Rapid Transit (BRT) Trans Semarang menjawab kebutuhan semua hal tersebut. Sejak pertama diluncurkan 2010 lalu, kini sudah ada 8 koridor yang melayani hampir semua rute dari sudut kota.

Menariknya, dari semua rute, hampir seluruh destinasi wisata di Semarang terlayani. Setidaknya, rutenya sengaja dibuat berdekatan atau berhimpitan bahkan melintas dengan tujuan wisata tersebut dengan keberadaan shelter untuk naik turun di sekitar destinasi.

Sobat Galwis cukup membayar 3,5K saja untuk setiap trip. Murah kan?

So tunggu apalagi? Segera manfaatkan layanan ciamik dari BRT Trans Semarang untuk piknik dan plesiran di kota kita sendiri.

Dan berikut, 10 destinasi wisata di Kota Semarang yang dilintasi BRT Trans Semarang.

Simpanglima

Simpanglima adalah pusat kota. Hampir semua koridor BRT melintas di sini.

Shelter-nya paling bagus saat ini. Dilengkapi dengan pendingin ruangan dan juga machine ticket, armada koridor I (Penggaron-Mangkang), koridor III (Pelabuhan Tanjung Emas-RS Elizabeth), koridor IV (Cangkiran-Stasiun Tawang), koridor V (PRPP-Meteseh), koridor VIII (Simpanglima-Cangkiran via Gunungpati).

Kota Lama

Kawasan Kota Lama merupakan satu-satunya destinasi yang ‘dibelah’ rute Trans Semarang. Melintas di Jalan Letjen Soeprapto yang menjadi jantung kawasan ini, penumpang tetap harus naik dan turun di shelter yang disediakan.

Baca juga :  Fashion Show di Shelter dan Armada, Bukti Layanan RT Nyaman

Pengunjung bisa menggunakan BRT koridor II (Terboyo-Sisemut), koridor III (Tj Emas-Elizabeth) dan koridor IV (Cangkiran-Stasiun Tawang).

Tugu Muda/Lawang Sewu

Galeri Wisata

Selain Simpanglima, Tugu Muda juga merupakan kawasan yang paling banyak dilintasi armada BRT Trans Semarang. Hanya satu koridor yang tidak melintasi kawasan ini yakni koridor VI (Undip-Unnes).

Selain Tugu Muda, wisatawan juga dapat sekalian berkunjung ke Lawang Sewu, Museum Mandala Bhakti dan Pasar Bulu serta pusat oleh-oleh Pandanaran.

Kampung Pelangi

Galeri Wisata

Berada tidak jauh dari Tugu Muda, jalur ini dilintasi BRT koridor II (Sisemut-Terboyo). Bisa juga menggunakan jalur BRT yang melintas di Tugu Muda lalu berganti dengan koridor II di shelter Pemuda.

Atau juga turun di shelter Tugu Muda (Pandanaran), lalu berjalan ke arah selatan sekitar 300 meter melintasi Gereja Katedral. Wisatawan juga dapat memanfaatkan layanan BRT Koridor V (Meteseh-PRPP) yang melintas persis di depan Kampung Pelangi.

Semarang Zoo/Taman Lele

Jalur ini hanya dilintasi BRT koridor I (Mangkang-Penggaron). Terletak persis di seberang Terminal Mangkang, sobat yang mau ke Semarang Zoo, bisa turun langsung di shelter terdekat.

Lalu berjalan kaki menuju gerbang masuk yang tidak terlalu jauh dari shelter.

Pagoda Avalokittesvara

Galeri Wisata

Untuk menuju destinasi yang berada di kawasan Watugong ini, sobat hanya bisa menggunakan BRT koridor II (Sisemut-Terboyo). Lokasi shelter naik turun juga tidak terlalu jauh kok dari pintu masuk pagoda.

Goa Kreo/Waduk Jatibarang

Ini merupakan destinasi yang dilintasi rute terbaru BRT Trans Semarang. Di rute ini, armada koridor VIII (Simpanglima-Cangkiran), wisatawan akan diajak melintas di Jalan Gunungpati. Di pintu masuk Goa Kreo, pengunjung dapat berganti dengan shuttle.

Atau juga bisa memilih berhenti di Terminal Gunungpati lalu berganti dengan feeder yang tersedia. Di sepanjang Jalan Gunungpati dan menuju Cangkiran, ada beberapa pemancingan yang juga dapat dimanfaatkan untuk berekreasi.

Baca juga :  Lingkari Kalender Tahun 2020, Ayo Ramai-Ramai Wisata ke Semarang

Grand Maerakaca/PRPP

Wisatawan dari arah timur kota yang ingin berkunjung ke Grand Maerakaca, dapat menggunakan bus Trans Semarang koridor V (Meteseh-PRPP). Pengunjung yang menggunakan BRT dari berbagai koridor, dapat berganti armada di shelter Pemuda dengan koridor V tentu saja.

Adapun pengunjung dari kawasan Mijen atau Ngaliyan dapat juga menggunakan koridor IV (Cangkiran-Stasiun Tawang). Seluruh penumpang akan naik dan turun persis di depan gerbang PRPP.

MAJT

Destinasi Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) memang tidak dilintasi armada BRT Trans Semarang secara langsung. Jadi wisatawan harus berganti dengan feeder.

Pengunjung dapat menggunakan koridor I (Penggaron-Mangkang) lalu turun di shelter sekitar Lottemart. Atau juga menggunakan koridor VII (Genuk-USM-Balaikota) dan turun di shelter sekitar SPBU MAJT di Jalan Soekarno Hatta.

Sampokong

Galeri Wisata

Satu-satunya armada BRT Trans Semarang yang melintas di Klenteng Sampokong adalah koridor V (PRPP-Meteseh). Jadi, wisatawan yang hendak mengunjungi klenteng dengan patung perunggu Cheng Ho tertinggi di dunia ini, bisa transit dan berganti armada dengan koridor V di Shelter Simpanglima.

Menariknya, jika sobat berganti atau transit armada, tidak akan dikenai bea tambahan selama masih berada di dalam shelter.

Nah Sobat Galwis, itu tadi 10 destinasi wisata yang bisa kamu akses menggunakan armada BRT Trans Semarang. Dan hampir semua destinasi utama di Kota Semarang telah dilayani oleh moda transportasi massal yang aman dan nyaman kebanggaan warga Kota Loenpia ini.

Artikel Lainnya

1 comment

Leave a Comment